Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Bagi Kesehatan

6
Diposkan oleh Adi Wijaya , in


Kandungan Gizi dan Manfaat Telor Bagi Kesehatan

Telur / Telor memang telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi manusia, baik sebagai kebutuhan pemenuhan gizi harian atau sebagai pemenuhan / pemanfaatan hal – hal yang lainnya.. karena seperti yang kita ketahui, si bulat lonjong yang di hasilkan oleh hewan unggas atau burung ini memang banyak sekali pemanfaatnya bagi manusia,. Baik untuk makanan konsumsi harian, bahan untuk membuat kue, bahan untuk membuat aneka masakan, ada yang memanfaatkannya untuk menambah stamina dan vital!tas, atau bahkan ada yang memanfaatnya sebagai masker untuk menambah kecantikan dan kesehatan kulit. Wah.. jadi kita harus banyak berterima kasih nih sama si unggas / burung yang sudah menghasilkan telur / telor ini.  hehe

Telur sendiri sebenarnya ada banyak jenis yang umum dimanfaatkan oleh manusia,, diantaranya telur bebek , telur ayam, telur puyuh, telur itik/entok, dan lain-lain. Walaupun sebenarnya manusia ga hanya memanfaatkan telur yang berasal dari hewan unggas saja loh.. ada telur ikan dan telur penyu juga (tapi untuk telur yg satu ini ga boleh diambil di alam bebasnya ya.. untuk menjaga kelestarian si hewan penyu). Akan tetapi pada pembahasan kali ini kita akan fokus pada telur unggas tepatnya telur ayam. Karena dari sekian banyak telur, telur ayamlah yang paling banyak di manfaatkan oleh manusia.

Telur Ayam sangat legendaris bagi masyarakat, karena dianggap memilliki kandungan protein yang sangat tinggi ditambah harganya yang cukup murah sehingga bisa di jangkau oleh semua kalangan masyarakat. Apalagi bagi anak kost. Telur telah menjadi primadona bagi anak2 kost karena murah dan bergizi.. hehe.. nah untuk lebih jelasnya mengenai kandungan gizi telur akan kita bahas di bawah ini :

Kandungan, Manfaat dan Khasiat Kunyit / Kunir Bagi Kesehatan

10
Diposkan oleh Adi Wijaya , in


Mungkin bagi Ibu – ibu yang hobi memasak tidak akan lupa dengan bumbu dapur yang satu ini, karena memang kunyit termasuk salah satu bumbu masak yang wajib ada di dapur. Umumnya kunyit / kunir dijadikan bumbu pelengkap untuk mengolah berbagai masakan seperti untuk memasak ikan, daging, sayuran bersantan dan lain-lain. Kunyit dijadikan bumbu masak karena memang mampu menciptakan cita rasa dan aroma yang khas. Bahkan mampu mengurangi bau amis pada ikan.

Sebenarnya kunyit / kunir  tidak hanya dimanfaatkan untuk bumbu masak saja loh kawan.. banyak sekali jamu – jamu tradisional indonesia menggunakan kunyit sebagai salah satu bahan racikannya.. bahkan kunyit juga bisa dijadikan pewarna alami.. wah berarti si kunyit ini multi fungsi juga ya.. hehe.. Jadi penasaran, sebenarnya kunyit ini menyimpan rahasia apa sehingga sering di konsumsi manusia baik sebagai bumbu masak maupun jamu tradisional.. nah dari pada penasaran, mari kita kupas tuntas si rempah – rempah ini..

Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bahasa Banjar kunyit atau kunir ini dinamakan Janar. Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura). ( Sumber : Wikipedia )

Klasifikasi Kunyit / Kunir

  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan).
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh).
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji).
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga).
  • Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil).
  • Sub Kelas: Commelinidae.
  • Ordo: Zingiberales.
  • Famili: Zingiberaceae (suku jahe-jahean).
  • Genus: Curcuma.
  • Spesies: Curcuma longa L.


Kandungan Kunyit / Kunir

Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya Kandungan Zat : Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10 % Demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H 1 - 5 % Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H sisanya Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil ) Lemak 1 -3 %, Karbohidrat 3 %, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium) sisanya

Manfaat dan Khasiat Buah Pinang Untuk Kesehatan

Diposkan oleh Adi Wijaya , in


Sudah lama  rasanya admin tidak pernah posting, treakhir kalinya admin posting pada 9 November 2013 jadi hampir 1 bulan admin tidak pernah posting. Nah pada postingan perdana di bulan desember ini, admin akan membahas seputar kesehatan kembali. Tepatnya admin akan membahas mengenai manfaat dan khasiat buah pinang. Admin terfikir untuk memposting tetang buah pinang tersebut dikarenakan di depan rumah admin terdapat pohon pinang dan sekarang sedang lebat2nya berbuah. Dan terdapat satu tandan buah yang sudah matang berwarna kuning kemerahan.
Lagi – lagi kenapa admin memposting tentang manfaat buah-buahan, hal tersebut dikarenakan admin yakin bahwa segala sesuatu yang Tuhan ciptakan pasti memiliki manfaat di dalamnya termasuk si buah pinang ini. Nah dari pada semakin penasaraan, langsung saja kita kupas tuntas si buah pinang ini.

Pinang adalah sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang. Berbagai nama daerah di antaranya adalah pineung (Aceh), pining (Batak Toba), penang (Madura.), jambe (Sunda, Jawa), bua, ua, wua, pua, fua, hua (aneka bahasa di Nusa Tenggara dan Maluku) dan berbagai sebutan lainnya. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Betel palm atau Betel nut tree, dan nama ilmiahnya adalah Areca catechu. ( sumber : Wikipedia ).