Motivasiku, Dari Anak Panti Untuk Indonesiaku



Motivasiku Dari Anak Panti Untuk Indonesiaku - 

Ini adalah sebuah kisah nyata yang terjadi beberapa bulan yang lalu. Berawal dari keinginan besar saya untuk mengadakan suatu trainning motivasi untuk adik – adik yang kurang beruntung di panti asuhan. Karena selama ini orang – orang selalu berfikir untuk memberikan bantuan berupa materi saja. Padahal menurut saya ada sesuatu yang jauh lebih penting dan besar dampaknya yang bisa kita berikan kepada mereka dari pada hanya sekedar materi saja, hal tersebut ialah semangat. Karena saya ingin membuka pikiran mereka, bahwa sebenarnya sukses bukanlah hanya milik orang – orang yang  bernasib beruntung saja. Tapi sukses itu adalah milik semua orang. Dan semua orang memiliki hak yang sama untuk sukses termasuk mereka. Dan saya ingin membuka hati mereka, bahwa jangan pernah takut untuk bermimpi dan bercita – cita besar.

Ide untuk mengadakan acara trainning motivasi ini semakin ingin saya wujudkan. Dan ingin saya adakan bertepatan dengan hari anak nasional. Karena moment hari anak nasional sangat tepat untuk acara tersebut, sebab dalam acara tersebut sebagian besar melibatkan anak – anak yang notabennya adalah para generasi muda harapan bangsa. Saya mulai mengusahakan dan mengkonsep bagaimana acara nantinya. Kebetulan saya ketua Badan Eksekutif Mahasiswa di fakultas tempat saya kuliah pada saat itu, BEM biasa disingkat ialah sebuah oraganiasi di lingkungan kampus yang berbasis mahasiswa. Mungkin entah karena kebetulan atau memang jalan yang telah ditunjukan oleh Tuhan untuk saya. Sebab keinginan untuk mengadaakan trainning motivasi ini muncul jauh sebelum saya menjadi ketua BEM. dan akhirnya saya putuskan BEM menjadi media untuk mengadakan trainning motivasi ini.

Langkah awal saya dimulai dengan menyampaikan ide saya ke teman – teman di BEM dan berusaha membujuk mereka untuk terlibat langsung di acara tersebut, kemudian saya juga berusaha meminta dukungan dari dosen – dosen di fakultas saya. Banyak kontroversi, ada yang mendukung ada juga yang meragukan ide saya tersebut. Namun tekad saya sudah bulat dan tidak bisa digoyahkan. Akhirnya saya dan teman – teman mulai melakukan gerakan, dari merancang dan merencanakan acara hingga mencari dan menggalakan bantuan ke Mahasiswa, Dosen, Perusahaan dan Kebeberapa orang yang setau saya peduli akan hal tersebut. Namun benar prediksi saya, ternyata memang tidak mudah, kami sering mendapat penolakan dari beberapa perusahaan dan banyak orang yang acuh tidak mau peduli terhadap acara tersebut. Tapi kami tidak patah semangat, setidaknya masih ada beberapa orang yang peduli bahkan sangat antusias dan mendukung acara kami tersebut. 

Banyak hal yang tak terduga dan meleset dari rencana awal, karena keterbatasan dana akhirnya racanana awal kami yang awalnya akan melibatkan 5 panti asuhan dan mengadakan acara buka puasa bersama akhirnya kami harus ikhlas hanya bisa melibatkan 3 panti asuhan dan tanpa ada acara buka puasa bersama. Namun lagi – lagi kami tidak putus asa. Setidaknya kami semakin dekat kepada kemenangan. Agar acara kami tersebut sesuai yang diharapkan, akhinya kami mengundang seorang motivator yang cukup terkenal di Provinsi saya, yaitu Lampung. Ketika saya mengungkapkan ide saya untuk mengadakan trainning motivasi ini, beliau sanga mendukung sebab jarang sekali ada trainning yang di peruntukan untuk anak – anak panti. Kebanyakan hanya di peruntukkan untuk perusahaan maupun para pelajar. Bahkan beliau mengatakan bahwa itu ide yang bagus memang mereka membutuhkan itu. Dan manfaatnya pasti jauh lebih besar dari sekedar materi dan seharusnya acara tersebut rutin dilakukan agar semangat mereka tetap terjaga. Mengetahui bahwa motivator tersebut sangat mendukung, membuat semangat saya semakin memuncak. Dan alhamdulilah acara yang telah kami siapkan hampir 2 bulan itu akhirnya berjalan sukses dan lancar walaupun kami melakukannya hanya dengan beberapa panitia saja. Dan senang rasanya melihat senyum di wajah mereka anak – anak yang kurang beruntung, tapi tetap semangat. Sebenarnya selain memeberikan motivasi, kami juga memberikan bantuan berupa perlengkapan alat tulis yang kami kumpulkan dari beberapa donatur dan sumbangan. Perlengkapan alat tulis itu kami berikan dengan tujuan untuk mendukung pendidikan mereka agar mereka lebih giat lagi dalam belajar dan mewujudkan cita – cita mereka. Mungkin memang benar bahwa ketika kita hendak melakukan suatu dengan niat yang baik maka kita akan mendapat kemudahan dalam mewujudkannya.

Itualah hal yang saya dan teman – teman lakukan, sebuah motivasi dimulai dari anak – anak panti asuhan untuk Indonesiaku tercinta. Mungkin ini adalah wujud nyata kami akan kepedulian kami terhadap bangsa dan negara kami tercinta Indonesia. Terutama para generasi muda harapan bangsa. Dan kami akan terus menularkan semangat ini ke semua orang yang kami temui, dengan harapan semangat yang kami tularkan akan ditularkan kembali ke orang lain begitu seterusnya. Hingga pada ahkirnya semua orang menjadi bersemangat untuk membangun negeri tercinta Indonesia. Semoga...

"Aksi Untuk Indonesiaku" Kompetisi Nge-Blog Lintas.Me Url = http://www.lintas.me  








4 komentar:

cara beli jelly gamat luxor said...

Ikutan kontes yah?moga berhasil deh,sukses!

Icahbanjarmasin said...

Moga saja kita semua kelak bisa memberikan yang terbaik bagi anak-anak yang kurang mampu ataupun yang yatim piatu,entah itu semangat ataupun juga materi..salut sama abang..hee

castor said...

tulisan menarik motivasiku dari anak panti

Adi Wijaya said...

Thanks buat agan - agan yang telah berkomentar..
mudah - mudahan semangat ini bisa menyebar ke semua orang. amin..