Kandungan Gizi dan Manfaat Brokoli bagi Kesehatan


Brokoli merupakan sayuran yang sudah sangat terkenal diseluruh dunia. Brokoli sejak ribuan tahun lalu sudah dibudidayakan dan digunakan sebagai salah satu olahan makanan yang sangat bergizi. Tanaman ini memang sekilas mengingatkan kita terhadap bentuk bunga kol atau kubis yang memiliki bentuk serupa. Di negara Yunani brokoli menjadi sajian utama dan olahan makanan sehari - hari. Bahkan menjadi menu utama bagi para bangsawan karena harganya yang mahal. Brokoli menjadi sayuran favorit untuk memberikan suplai kebutuhan akan asupan gizi di dalam tubuh. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kesulitan untuk memberikan brokoli, dapat memvariasikan menu brokoli dengan menambah jenis bahan lain. Pada perkembanganya, brokoli memang baru-baru saja masuk di Indonesia dan kini semakin populer. Brokoli juga sangat cocok untuk orang yang menjalani program diet. Sebagai super food, sudah barang tentu brokoli ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dan berikut ini kandungan gizi dan manfaatnya :

Kandungan Gizi Brokoli

Brokoli (Brassica oleracea) mentah segar. Nilai gizi per 100 g
(Sumber: USDA – National Nutrient data base )

Energi 34 Kcal 1,5%
Karbohidrat 6.64 g 5%
Protein 2.82 g 5%
Total Lemak 0.37 g 1%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 2.60 g 7%

Vitamin
Folat 63 mg 16%
Niacin 0.639 mg 4%
Asam pantotenat 0,573 mg 12%
Pyridoxine 0.175 mg 13%
Riboflavin 0,117 mg 9%
Thiamin 0,071 mg 6%
Vitamin A 623 IU 21%
Vitamin C 89,2 mg 149%
Vitamin E 0,17 mg 1,5%
Vitamin K 101,6 mg 85%

Elektrolit
Sodium 33 mg 2%
Kalium 316 mg 7%
Bahan galian
Kalsium 47 mg 5%
Tembaga 0.049 mg 5,5%
Besi 0,73 mg 9%
Magnesium 21 mg 5%
Mangan 0.210 mg 9%
Selenium 2,5 mg 5%
Zinc 0.41 mg 4%
Phyto-nutrisi
Karoten-ß 361 mg –
Crypto-xanthin-ß 1 mg –
Lutein-zeaxanthin 1403 ug –

Manfaat Brokoli bagi Kesehatan Tubuh

  • Membantu Program Diet Menurunkan Berat Badan
    Sayuran yang kaya akan serat seperti brokoli sangat mendukung program diet penurunan berat badan anda. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membuat perut kenyang lebih lama. Sayuran berwarna hijau ini juga mengandung vitamin serta mineral, dan rendah kalori juga lemak.
  • Mencegah Penyakit Jantung
    Penyakit jantung merupakan momok menakutkan bagi manusia yang hidup di zaman moderen. Namun, penelitian dari Institute for Food Research di Norwich, Inggris berhasil menyilangkan brokoli yang mengandung glucoraphanin hingga 2 sampai 3 kali jumlah normal. Dan itu merupakan senyawa yang diyakini dapat membantu mencegah penyakit jantung.
  • Menjaga Ketajaman Penglihatan
    Kandungan lutein dan vitamin A yang ada dalam brokoli membuat sayuran ini memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar lutein yang tinggi dapat mencegah penurunan fungsi mata seperti katarak dan makula. Sementara vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan retina.
  • Menjaga Kesehatan Kulit
    Memiliki kulit cantik, sehat dan terbebas dari segala permasalahannya adalah impian semua orang. Bukan cuma wanita. Dalam brokoli terdapat senyawa glucoraphanin, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan. Selain itu, dapat membantu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan membuat kulit yang sehat dan bercahaya. Secara umum, mengkonsumsi brokoli baik untuk proses doteksifikasi kulit. Vitamin C, beta-karoten dan vitamin B kompleks hadir di sayuran ini. Vitamin E di dalamnya sangat bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati.
  • Menjaga Kesehatan Pencernaan
    Kandungan serat yang tinggi dalam brokoli mampu menjaga pencernaan agar berfungsi dengan baik, mencegah penyakit seperti sembelit atau konstipasi. Dan antioksidannya merupakan detoks alami yang membersihkan saluran pencernaan seperti lambung dan usus dari racun.
  • Mencegah Penyakit Kardiovaskular
    Brokoli mengandung vitamin B6 dan Asam folat yang terbukti dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Tentunya harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur.
  • Mengontrol Tekanan Darah
    Dengan kandungan kalium dan magnesiumnya yang tinggi, brokoli menjadi salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.
  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
    Kalsium merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Nah, brokoli ini merupakan sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Selain kalsium masih ada vitamin K yang dapat mencegah osteoporosis.
  • Mencegah Depresi
    Seseorang yang kekurangan asam folat di dalam tubuhnya cenderung mengalami suasana hati yang tidak stabil. Mudah mengalami depresi, kelelahan, daya ingat yang buruk, bahkan lebih serius seperti skizofrenia. Brokoli memiliki kandungan asam folat dan vitamin B cukup tinggi sehingga bisa memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi.
  • Mencegah Kanker
    Para ilmuan menyatakan bahwa brokoli memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker payudara, kandung kemih, usus besar, dan kanker ovarium. Hal ini berkat kandungan fitokimia yang bernama indole dan isothiocyanate. Inilah yang disebut-sebut sebagai manfaat brokoli yang paling besar.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Brokoli merupakan sayuran dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Dimana keduanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, bakteri dan virus. Brokoli juga mengandung fitonutrien dan fitokimia, termasuk sulforaphane, yang membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta memperkuat ketahanan fisik terhadap flu.
  • Menjaga Kesehatan Sistem Saraf Pusat
    Tingginya kandungan kalium dan magnesium dalam brokoli membuatnya menjadi sayuran yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf pusat. Selain menjaga fungsi otak agar tetap optimal, super food ini juga baik untuk membangun otot.
  • Meningkatkan Kecerdasan
    Selain vitamin C dan vitamin K, brokoli juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak. Ketiganya adalah motor yang membangun kesehatan mental serta menngkatkan memori otak.
  • Menjaga Kadar Gula Darah
    Jika Anda adalah orang dengan kadar gula darah tinggi, maka brokoli adalah sayuran yang wajib dikonsumsi. Karena brokoli mampu mengatur kadar gula darah tetap rendah.
  • Menurunkan Kolesterol
    Seperti sayuran lainnya, brokoli juga dibekali kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan lemak dalam tubuh. Itulah kenapa sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program diet.
  • Mencegah Penyakit Alzheimer
    Sudah disinggung pada beberapa point diatas, bahwa brokoli mampu mencegah penyakit kardiovaskular serta menjaga saraf dan meningkat fungsi otak. Oleh karena itu, brokoli merupakan makanan yang dapat mencegah penyakit alzheimer (pikun).
  • Mengobati Penyakit Asma
    Brokoli mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan mineral seperti zat besi, kalsium juga serat makanan. Super food ini juga diyakini memiliki sifat anti-karsinogenik. Mengkonsumsi brokoli kukus setiap hari dapat mengobati penyakit asma.
  • Antioksidan
    Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa brokoli merupakan sayuran dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Dengan tingginya kandungan vitamin C menjadikannya sebagai antioksidan kuat yang menagkal radikal bebas. Brokoli juga memiliki kandungan flavonoid, karotenoid lutein, beta-karoten dan zeaxanthin yang tinggi, dan semua itu merupakan zat antioksidan yang akan mentralisir efek buruk radikal bebas dalam tubuh.
  • Anti-Inflamasi
    Brokoli juga terkenal karena sifat anti-inflamasi dan anti-alergi. Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 dan senyawa kaempferol yang kuat.
  • Manfaat brokoli untuk Ibu Hamil dan Bayi
    Konsumsi brokoli sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur ibu hamil dapat terhindar dari penyakit anemia yang kerapkali mengintai ibu hamil. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dalam brokoli sangat baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan (janin).





2 komentar:

ISOmotret Photography said...

Bagaimana denganmanfaat batang seldri...terima kasih

rudi69 said...

bagus mana brokoli atau bunga kul??
kan hampir sama jenisnya???