Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Otak


Daftar makanan yang dapat meningkatkan daya ingat otak dan konsentrasi
Pada postingan sebelumnya admin sudah membahas tentang penyebab dan cara meningkatkan daya ingat seseorang yang bisa anda baca disini. Dimana didalam postingan tersebut, salah satu penyebab menurunnya daya ingat seseorang ialah faktor makanan atau nutrisi yang dibutuhkan oleh otak. Nah pada postingan kali ini admin akan membahas secara khusus mengenai makanan apa saja yang dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Yang tentunya alami dan aman di konsumsi. Mau tahu apa saja makanan yang dapat meningkatkan daya ingat ? berikut ini beberapa informasinya yang berhasil admin rangkum dari berbagai sumber :

1. Salmon

Salmon adalah sumber terbaik dari asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega-3 lebih banya diketahui berpikiran lebih tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan. Menurut para ahli, kendati tuna juga mengandung asam lemak omega-3, namun kandungannya tidak sebanyak ikan salmon.

2. Telur

Telur telah lama dikenal sebagai sumber penting protein yang mudah didapat dan harganya pun cukup terjangkau. Walaupun mengandung kolesterol, bagian kuning telur ternyata kaya akan kolin, yakni suatu zat yang bisa membantu perkembangan daya ingat atau memori.

3. Selai Kacang

Kacang tanah dan selai kacang diketahui kaya akan vitamin E, antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Bersama tiamin, vitamin E akan membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi.

4. Gandum Murni

Otak membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konstan. Gandum murni mempunyai peran untuk mendukung kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat

Oat atau oatmeal adalah sejenis sereal yang populer di kalangan anak-anak. Oatmeal merupakan sumber nutrisi penting bagi otak. Oat mampu menyediakan energi untuk otak yang sangat diperlukan anak-anak dalam mengawali kegiatan di pagi hari. Selain itu, serat pada oat juga memiliki peran untuk menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya sepanjang pagi. Adapun kandungan lainnya seperti seng, potasium, vitamin B, dan vitamin E yang ada pada oat dapat membuat fungsi tubuh dan otak berfungsi pada kondisi prima.

6. Buah Berry

Buah berry seperti stroberi, blackberry, raspberry, blueberry, dan lain sebagainya banyak mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan. Antioksidan yang tinggi pada buah berry, terutama vitamin C, memiliki peran untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak stroberi dan blueberry mengalami perbaikan fungsi daya ingat. Biji dari buah berry diketahui juga mengandung asam lemak omega-3.

7. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang spesial karena menawarkan segudang energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Kacang dikatakan baik untuk otak karena makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian, kacang pinto dan kacang merah mengandung asam lemak omega-3 lebih banyak dibandingkan dengan kacang jenis lainnya.

8. Sayuran Berwarna

Wortel, bayam, labu, ubi jalar, dan tomat merupakan sayuran-sayuran kaya nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak jadi lebih kuat dan sehat.

9. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi adalah mineral esensial yang dapat membantu anak-anak berkonsentrasi dan tetap berenergi ketika di sekolah. Daging sapi juga memiliki kandungan mineral lain seperti seng yang dapat membantu menjaga daya ingat.

10. Susu dan Yoghurt

Makanan-makanan dari produk susu cenderung mengandung vitamin B dan protein yang tinggi. Kedua jenis nutrisi penting ini dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Susu dan yogurt juga bisa membantu perut kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinnya sekaligus menjadi sumber energi untuk otak.

(Dahrani Putri/tabloidnova.com/)

Sumber Artikel : http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/02/10-makanan-penambah-daya-ingat-dan-kecerdasan

Tambahan :

Cokelat

Hal ini terkait dengan hormon endorfin, zat yang menstimulasi daya ingat otak. Makan cokelat dalam kadar sedikit dapat meningkatkan memori otak. Jangan berlebihan, untuk menghindari kegemukan.

Madu dan Air

Sudah tidak diragukan lagi tentang nutrisi yang dikandung oleh madu. Demikian pula air, sangat diperlukan untuk mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan otak melepaskan hormon kortisol. Pelepasan ini dapat menyebabkan bagian otak yang digunakan untuk menyimpan informasi mengalami penyusutan.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol, antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel otak. Teh hijau kaya akan manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan memori otak dan menghambat penuaan otak.

Selain itu, tanaman pegagan juga terbukti dapat meningkatkan daya ingat. Info tentang tanaman pegagan yang dapat meningkatkan daya ingat bisa anda baca dibawah ini :





0 komentar: