Tips dan Resep Membuat Gurame Bakar Spesial Super Enak


Cara Mudah Membuat Gurame Bakar
Sudah beberapa tahun ini admin hampir setiap hari mengkonsumsi daging ayam. Biasanya untuk menghindari rasa bosan terhadap daging ayam tersebut, admin mengakalinya dengan mengolah daging ayam menjadi beberapa jenis masakan yang berbeda, seperti digoreng dengan bumbu rempah, semur, masak santan dan diolah menjadi ayam bakar. Akan tetapi admin pernah mengalami suatu momentum dimana admin begitu malek (atau neg) banget dengan daging ayam. Bahkan melihat atau mencium aromanya saja bisa membuat tidak selera. Hal ini mungkin memeng karna faktor bosan atau memang karena faktor daging ayam yang kurang baik untuk kesehatan. Mengingat ayam pedaging mengandung zat-zat kimia. Nah agar selera makan admin tetap oke, kini admin sedang hobi-hobinya mengkonsumsi ikan air tawar dan seafood. Sebabnya ikan tawar dan seafood jauh lebih sehat dari daging ayam (ayam boiler). Untuk seafood sendiri admin lebih menyukai udang dan cumi, sedangkan untuk ikan air tawar admin lebih menyukai ikan wader, nila dan gurame. Biasanya untuk memanjakan lidah tersebut admin harus membeli di warung atau rumah makan khusus seafood atau yang menydiakan olahan ikan. Memang apa yang admin dapat sesuai harapan, lidah begitu dimanjakan dengan lezatnya olahan seafood atau ikan tersebut. Hingga admin tersadar bahwa hal tersebut sebanding dengan cost yang dikeluarkan. Sehingga membuat boros pengeluaran. Iseng-iseng ketika sedang makan diluar admin coba mengintip cara mengolah ikan bakar (gurame bakar) ternyata tidak begitu sulit untuk mengolahnya sendiri dan tentunya lebih bisa menghemat keuangan. Nah berikut ini resep membuat gurame bakar yang admin dapat dari berbagai sumber :

Bahan dan Bumbu Resep Gurame Bakar

  1. Ikan Gurame ukuran sedang besar atau sekitar 400 gram sampai 500 gram sebanyak 2 ekor. Gunakan ikan yang masih segar supaya hasilnya empuk. Ikan bisa diganti dengan ikan nila atau ikan air tawar yang lain.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan.
  3. Cabai merah besar kurang lebih sebanyak 3 pcs. Bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera.
  4. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs saja. Kupas kulitnya sebelum digunakan. Kalau bisa gunakan bawang merah lokal karena aromanya lebih kuat.
  5. Ketumbar butir kurang lebih sebanyak 2 sendok teh saja.
  6. Cabai merah rawit merah kurang lebih sebanyak 2-3 pcs. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera.
  7. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 cm. Kalau bisa bakar sebentar supaya lebih enak saat di masak nanti.
  8. Air jeruk nipis kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil atau sendok teh.
  9. 3 lembar daun jeruk
  10. 1 batang serai, memarkan
  11. Air asam jawa kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  12. Kecap manis kental kurang lebih sebanyak 5 sendok makan. Gunakan kecap yang berkualitas bagus supaya hasilnya lebih enak dan legit.
  13. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil. Satu sendok untuk merendam ikan dan satu sendok lagi untuk campuran tumisan bumbu ikan bakar.
  14. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu halusnya (kurang lebih butuh sekitar 3-4 sendok makan saja).
Cara Membuat Gurame Bakar

  1. Cuci bersih ikan gurame atau ikan yang lain yang sudah dipersiapkan diatas dan buang bagian dalamnya. Potong tipis atau kerat bagian kulit luarnya supaya bumbu ikan bakar meresap sampai lapisan daging paling dalam.
  2. Cuci bersih juga semua bahan lain sebelum digunakan.
  3. Ambil satu wadah lonjong (sepanjang ikan yang akan digunakan). Masukkan air jeruk nipis dan satu sendok garam dapurnya.
  4. Rendam ikan sebantar (kurang lebih selama 15-17 menit) dan bolak balik sebentar supaya bumbu benar benar meresap ke dalam daging ikan.
  5. Sambil menunggu ikan direndam di air jeruk, haluskan berbagai macam cabai yang sudah disiapkan, ketumbar, jahe, bawang merah, bawang putih dan beri garam dapur satu sendok kecil. Haluskan semua bumbu untuk tumisan.
  6. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya. Hidupkan kompor dengan api sedang kecil dan tumis bumbu yang dihaluskan bersama daun jeruk dan serai hingga harum. Aduk-aduk sampai tercium bau harum tumisannya.
  7. Masukkan air asam jawa yang sudah dipersiapkan. Aduk-aduk sebentar supaya bahan tercampur dengan bumbu lain.
  8. Matikan kompor dan masukkan kecap manis kental kurang lebih sebanyak 5 sendok makan. Aduk aduk supaya tercampur rata dengan bahan lain.
  9. Olesi ikan dengan campuran bumbu ikan bakar diatas sampai benar-benar rata dan semua bagian terlapisi oleh bumbunya.
  10. Siapkan tempat bakaran dan tunggu sampai arang benar panas menjadi bara api.
  11. Panggang ikan gurame bakarnya. Sekali-kali dibalik dan dilapis bumbu diatas. Ulangi sampai ikan benar-benar matang dan empuk. Dan gurame bakar siap disajikan.
Catatan : agar gurame bakar  tersebut bisa jauh lebih enak rasanya, proses penganggan ikan harus benar-benar diperhatikan. Usahakan untuk menghidari pembakaran ikan dengan bara yang besar. Karena dapat mengakibatkan daging ikan gurame tidak matang secara merata. Sehingga baiknya menggunakan bara api yang sedang.

Selamat Mencoba

Sumber referensi :
http://resepcaramemasak.info/resep-ikan-bakar-cianjur-enak-dan-cara-membuatnya/
https://www.kompasiana.com/calonanggotadpdrijatengkundari/552b97fa6ea834a62c8b4581/resep-gurame-bakar-spesial




loading...


0 komentar: