Manfaat dan Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan



Manfaat dan Khasiat Lengkuas / Laos Untuk Kesehatan -
Jika berbicara tentang rempah rempah dan bumbu dapur indonesia merupakan gudangnya. Berikut ini adalah salah satu bumbu yang biasa digunakan oleh ibu ibu rumah tangga yang suka memasak. Lengkuas (Alpinia galanga)...hmmmm ibu ibu mana yang tidak mengenal tumbuhan yang biasa digunakan dalam memasak ini??(biasanya sih ibu ibu muda yang jarang ke dapur yang tidak mengetahuinya ..hehehe) tanaman yang memiliki aroma pedas ini biasa di manfaatkan sebagai bumbu masakan dan jamu jamu tradisonal. Lengkuas merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi dan dataran rendah. Batangnya terdiri dari susunan pelepah daun. Lengkuas atau Laos  memiliki dua jenis yaitu lengkuas yang berimpang putih dan berimpang merah. Lengkuas juga mengandung banyak manfaat bagi tubuh seperiti berikut.

Kandungan Lengkuas

Rimpang lengkuas mengandung lebih kurang 1 % minyak atsiri berwarna kuning  ehijauan yang terutama terdiri dari metil-sinamat 48 %, sineol 20 % - 30 %,  eugenol, kamfer 1 %, seskuiterpen. Selain itu rimpang juga mengandung resin yang disebut galangol, kristal berwarna kuning yang disebut kaemferida dan galangin, kadinen, heksabidrokadalen hidrat,
kuersetin, amilum, beberapa senyawa flavonoid, dan lain-lain. lengkuas mengandung suatu senyawa diarilheptanoid yang di- namakan 1-(4-hidroksifenil)-7-fenilheptan-3,5-diol, setoksichavikol asetat dan asetoksieugenol asetat yang bersifat anti radang dan antitumor. kariofilen oksida, kario- filenol, kuersetin-3-metil eter, isoramnetin, kaemferida, galangin, galangin-3-metil eter, ramnositrin, dan 7- hidroksi-3,5-dimetoksiflavon.


Manfaat dan Khasiat Lengkuas Bagi Tubuh


  • Sebagai anti-tumor. Hal ini terkait dengan penelitian yang menemukan fakta bahwa rimpang lengkuas mampu menghambat enzim xanthin oksidase sebab mengandung senyawa transkoniferil disasetat, asetoksi chavikol asetat, asetoksi eugenol setat dan lain-lain.
  • Sebagai anti-radang karena mengandung karioferida, galangin, galangin-3-metil eter dan lain-lain.
  • Diketahui mengandung zat anti-inflamasi sehingga sangat bermanfaat mengobati penyakit arthritis dan juga rheumatoid arthritis.
  • Mampu memulihkan rasa kurang nyaman di perut sebagai akibat peradangan ataupun bisul.
  • Meredakan penderita mabuk laut. caranya mudah, cukup kunyah sepotong lengkuas.
  • Menangkal radikal bebas sebab lengkuas mengandung senyawa anti-oksidan.
  • Melancarkan peredaran aliran darah. Caranya cukup mudah, campurkan lengkuas dalam bumbu masakan Anda.
  • Meredakan diare, cukup kunyah beberapa potong lengkuas.
  • Menjaga stamina juga kesehatan. caranya, racik lengkuas bersama bahan lain seperti mengkudu, kedaung, bawang putih, merica, asam dan gula jawa, serta garam agar lebih bikmat. Haluskan lengkuas dan juga mengkudu, sisihkan. Setelah itu haluskan juga bawang putih bersama merica, dan kedaung yang telah disangrai. Setelah itu campur semuanya dan saring airnya. Minum sebanyak 3 kali dalam sehari. lakukan secara rutin agar khasiatnya terasa.
  • Menambah nafsu makan.
  • Manfaat lengkuas lainnya adalah menyembuhkan penyakit limfa.

 




5 komentar:

Anonymous said...

mantap nih, kayaknya emang harus balik ke ramuan tradisional, lebih terbukti...blog saya di http://portaldinamis.blogspot.com

Berbagai Info said...

Kunjungan rutin Bos

obat pelangsing cepat dan ampuh said...

banyak juga manfaat lengkuas tak hanya buat bumbu

Andri auliya said...

Hmmm banyak juga trnyata manfaatnya.. :-)

ace maxs shop said...

terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat, memang yang alami itu lebih baik...