9 Manfaat dan Khasiat Belustru Bagi Kesehatan



Memang tak banyak orang yang tahu tentang buah blustru ini.. buah yang bisa dibilang sayuran ini memang hampir tidak pernah di jual di pasaran bahkan hampir  tidak pernah ada yang menanamnya dipekarangan rumah. Karena seingat admin, tamanan ini tumbuh liar di hutan. Tamanan ini merupakan jenis tanaman merambat seperti halnya tanaman labu. Biasanya blustru di masak tumis atau santan.

Belustru (Luffa aegyptiaca, suku labu-labuan atau Cucurbitaceae), adalah sayuran buah minor (bukan utama). Penanamannya biasanya di pekarangan atau bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Belustru biasanya dipanen ketika buahnya masak dan dimanfaatkan sebagai sepon pembersih waktu mandi. Buahnya yang masih muda juga bisa dimakan seperti gambas (Luffa acutangula)

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Belustru

Dulu ketika admin masih kecil, admin kerap kali di suruh ibu  mengambil buah blustru di hutan untuk di masak karena katanya buah ini memiliki khasiat untuk menurunkan panas atau mengatasi demam jika di konsumsi. Memang ketika buah kita mengkonsumsi, buah ini akan memberi efek dingin di dalam perut. Tapi benar atau tidaknya buah blustru ini bisa turunkan panas / demam bisa kita simak infonya di bawah ini, dan tentunya dengan informasi lain terkait apa saja manfaat dari tanaman blustru ini :


Manfaat Buah, Daun dan Akar Tanaman Blustru

1. Mengatasi Haid Tidak Teratur

Caranya : Cuci buah blustru sebesar 4 jari sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 1/2 cangkir air masak dan sujung sendok teh garam halus sambil diremas. setelah tercampur rata, ramuan tadi diperas dan disaring. Air yang terkumpul diminum sekaligus. Lakukan 3 kali sehari.

2. Mengobati Migrain

Blustru bisa untuk mengobati migrain tanpa menimbulkan rasa kantuk dan jantung berdebar. Cara pengolahanya adalah ambil 150 gram akar blustru. Rebus dengan 3 gelas air, tambahkan 2 telur itik hingga tersisa 1 gelas. Setelah airnya dingin, minum dan makan telurnya.

3. Mengobati Bisul

Caranya : siapkan akar blustru, rebus menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Cuci bisul tersebut dengan air yang masih hangat. Ulangi setiap hari hingga bisul pecah dan kering.

4. Mengatasi Sakit Pinggang

Caranya dengan menyiapkan segenggam biji blustru. Goreng dengan wajan tanpa minyak (sangrai/ gongseng). angat setelah bijinya menjadi hangus. Kemudian giling menjadi bubuk . Masukan kedalam botol yg kosong. Ambil 10 gram bubuk tersebut dan tambahkan sedikit air. Aduk dan biarka mengendap, minum airnya lalu balurkan ampasnya pada pinggang yang sakit.

5. Mengobati Wasir

Caranya :  iris-iris segenggam daun blustru, kemudian rebus dengan 8 liter air selama sekitar 10 menit. Langkah selanjutnya adalah dengan berendam dengan air tersebut saat airnya masih hangat. Cara ini harus dilakukan secara rutin.

6. Melancarkan dan Memperbanyak ASI

Bagi anda yang mengalami keluhan asi tidak subur dan sedikit, blustru ini akan sangat bermanfaat. Cara pengolahanya adalah konsumsi buah blustru dengan cara disayur bening serta menambahkan daun katuk. Lakukan secara teratur hingga ASI menjadi lancar dan subur.

7. Penurun Panas / Demam

Caranya : Ambil buah blustru ukuran sedang kira-kira panjangnya 25-30 cm, kupas kulitnya dan potong kecil serta cuci hingga bersih. Kemudian olah buah yang sudah di potong-potong tersebut menjadi sayur bening dengan bumbu sesuai selera anda. Konsumsi sayur bening buah blustru tersebut 3 kali sehari sampai demam/panasnya benar-benar turun.

8. Mengobati Batuk

Caranya dengan merebus 15 gram bunga blustru berasama 3 gelas air hingga mendidih. Tambahkan madu murni dan minum airnya saat hangat.

9. Mengatasi Sesak Nafas

Beberapa penyebab sesak nafas termasuk batuk rejan, tersedak, saluran nafas tersumbat, keracunan karbon monoksida, bronkiektasis, dll. Untuk melonggarkan nafas, petik selembar pucuk daun blustru. Panaskan di atas api kecil hingga layu, kemudian makan daun ini sebagai lalapan. Lakukan cara ini di pagi dan sore hari.






loading...


0 komentar: