Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma bagi Kesehatan

2
Diposkan oleh Adi Wijaya , in


Kandungan Gizi, Manfaat dan Khasiat Buah Kurma -
Puasa memang di yakinin oleh sebagian besar umat islam selain sebagai ibadah namun juga memiliki nilai kesehatan didalamnya dan ini banyak dibuktikan oleh banyak penelitian secara ilmiah. Dan tentunya ibadah puasa yang di lakukan itu sesuai dengan tuntunan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW,, dan salah satu sunah yang dicontohkan oleh Rasulullah ialah berbuka puasa dengan buah kurma. Kenapa kurma ? ada apa dengan buah kurma ? nah untuk mengetahui hal tersebut mari kita coba untuk mengenal lebih jauh buah kurma.


Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma dikenal sebagai buah kurma. Bentuk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 cm, berdiameter 2-3 cm dan ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Kurma memiliki biji tunggal yang ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 mm. Buah kurma dikelompokan menjadi tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Jenis buah ini tergantung pada kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa. ( Sumber Wikipedia )

Kandungan Gizi Buah Kurma (100 gr)

Zat gizi
Jumlah
Zat gizi
Jumlah
Air
18.27
Vitamin :

Energi
251 kkal
9 IU
Protein
2.81 g
Vitamin B1 (tiamin)
0.046 mg
Karbohidrat
66.78 g
Vitamin B2 (riboflavin)
0.059 mg
Serat
7.1 g
Vitamin B3 (niasin)
1.134 mg
Gula
56.38 g
Vitamin B5 (asam pantotenat)
0.525 mg
Total lemak
0.35 g
Vitamin B6 (piridoxin)
0.147 mg
Lemak jenuh
0.0028 g
Vitamin B9 (folat)
17 mcg
MUFA
0.0032 g
Vitamin B12
0 mcg
PUFA
0.017 g
0.4 mg
kolesterol
0 mg
Vitamin E
0.04 mg
Mineral :

Vitamin K
2.4 mcg
Kalsium
35 mg
Fitonutrisi

Zat Besi
0.91 mg
Beta karoten
5 mcg
Magnesium
38 mg
Beta kriptoxantin
0 mcg
Fosfor
55 mg
Likopen
0 mcg
Kalium
484 mg
Lutein dan zeaxantin
67 mcg
Sodium
2 mg


Seng
0.26 mg



Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma


  • Kurma berkhasiat menjaga metabolisme badan agar tetap stabil, dengan adanya kandungan mineral, vitamin, gula, serta kalori yang seimbang, maka kurma sangat sesuai dijadikan makanan ringan untuk orang yang sedang diet/ puasa.
  • Kurma mudah dicerna. Saat buka puasa, maka makanan yang pertama dikonsumsi ada baiknya yang mudah dicerna, serta nutrisinya menyehatkan untuk menghasilkan energi. Energi yang masuk dalam tubuh tersebut akan menggantikan energi tubuh yang terpakai akibat seharian tidak makan. Kurma sangat mudah dicerna.
  • Kurma mengandung Garam alkali yang dapat digunakan untuk menyesuaikan tingkat keasaman darah agar kita tidak mudah terkena penyakit pada saat berpuasa.
  • Kurma dapat menghilangkan lapar. Mengonsumsi kurma sebanyak 1 atau 3 biji sudah cukup untuk menghilangkan lapar yang mendera sepanjang hari. Ini bermanfaat untuk mencegah Anda makan berlebihan, sebab perut sudah terasa kenyang.
  • Mempersiapkan pencernaan. Sebelum makan nasi atau makanan berat lainnya, kurma akan mempersiapkan pencernaan yang sepanjang hari kosong. Itu akan mengurangi rasa perih atau sakit perut Anda, juga masalah pencernaan lainnya.
  • Kurma sebagai sumber energi sehat. Kurma mengandung energi dari glukosa yang baik bagi tubuh. Namun untuk penderita diabetes, ada baiknya membatasi asupan kurma sebab bagaimanapun glukosa yang terlalu banyak tak sehat bagi mereka.
  • Kurma mengandung Serat. Kurma juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan. Manfaatnya adalah menghindarkan dari sembelit akibat kurang mengonsumsi sayur dan buah.
  • Kurma menyembuhkan penyakit radang usus dan penyakit dalam yang berkaitan dengan usus. Hal ini disebabkan karena didalam kurma terkandung nikotinat yang dapat mengontrol jumlah bakteri usus.


Nah ternyata banyak sekali manfaat berbuka puasa dengan buah kurma, karena memang buah kurma itu sendiri memiliki banyak manfaat didalamnya. Sekian untuk postingan kali ini. Semoga informasi yang telah admin sajikan diatas bermanfaat bagi anda. ( dirangkum dari berbagai sumber )








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

2 komentar:

Blog Kumpulan Terbaru

kurma memang sangat baik bagi kesehatan kita. nice info gan :)

Alvi

Subhanallah begitu banyaknya manfaat buah kurma (padahal ukurannya begitu kecil) :)