Manfaat Bahan - Bahan Alami untuk Mengusir Semut

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Sabtu, 20 Desember 2014 , in

Manfaat Bahan-Bahan Alami untuk Mengusir Semut
Serbuan pasukan semut di rumah sering mengacaukan banyak urusan rumah tangga. Jadwal makan bisa terganggu karena masakan dikerubuti semut sehingga tidak bisa dikonsumsi atau harus dipilah-pilah untuk menyingkirkan semut-semut nakal. Bahkan, tanpa sumber yang jelas pun semut-semut sering tampak berjalan membentuk barisan panjang tanpa henti di dinding dan merusak pemandangan. Celah-celah di dinding dan lantai sering menjadi asal atau tujuan gerombolan semut yang memiliki sarang di dalamnya. Anda tentu bisa memakai pestisida untuk membasmi semut di lokasi-lokasi seperti ini, namun untuk mengusir semut di sekitar makanan, pemakaian pestisida harus dihindari. Beberapa bahan alami berikut ini yang bisa menjadi alternatif pencegah semut.

Jeruk lemon atau jeruk nipis
Zat asam di dalam perasan jeruk lemon atau jeruk nipis murni bisa mengacaukan indra semut. Cukup percikkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis tanpa campuran air di sekeliling makanan yang ingin dilindungi atau di sekitar celah pada dinding dan lantai yang menjadi sumber kawanan semut.

Kayu manis
Serbuk atau minyak esensial kayu manis mampu mengusir semut. Anda juga bisa mencampurnya dengan cengkeh. Taburkan serbuk atau semprotkan minyak kayu manis untuk membuat garis penghalang, misalnya di pintu, jendela, celah antara dinding dan atap dapur.

Cuka
Cuka putih menjadi bahan alternatif untuk bersih-bersih rumah. Gunakan larutan air dan cuka untuk mengepel lantai dan mengelap meja dapur. Selain membunuh kuman, cuka juga mampu mengusir semut sehingga tidak ada lagi iring-iringan semut di lantai. Simak metode membersihkan bagian-bagian rumah dan perabotan rumah tangga menggunakan cuka di situs-situs yang dapat dipercaya. Guna mendapatkan solusi yang lebih jitu, temukan sarang semut di celah tembok atau lantai, lalu kucurkan cuka murni langsung ke dalam celah tersebut untuk mengobrak-abrik sarangnya dan mengacaukan indra mereka. Cukup pakai cuka yang murah meriah.

Waspadai Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi

Diposkan oleh Adi Wijaya on Rabu, 17 Desember 2014 , in

Waspadai Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi -
Jika sedang begadang di temani secangkir kopi hangat dan beberapa camilan pasti sangat menyenangkan dan sangat pas sekali sebagai teman untuk menghabiskan malam bersama - sama teman nongkrong. Karena dengan minum kopi bisa membuat kita terjaga semalaman alias tidak mengantuk dan tahan melek sepanjang malam. Walaupun tidak hanya sebagai teman begadang saja, kopi juga kerap kali di sajikan di pagi hari untuk kaum adam sebelum bekerja, umumnya sih yang sudah bapak – bapak. Namun tidak menutup kemungkinan anak kecil pun suka mengkonsumsi kopi setiap hari. Karena saat ini banyak sekali produk kopi sachet yang siap saji dengan hanya menambahkan air panas saja. Minum kopi selain dapat menghangatkan tubuh ketika begadang, ternyata bisa menimbulkan candu seperti halnya merokok. Bahkan ada salah satu teman saya, yang tidak bisa tidak minum kopi sehari saja. Katanya kalau belum minum kopi, kepalanya terasa berat dan pusing. Kok bisa begitu ya ? enak karna sugesti saja atau memang kopi memiliki efek samping ya ? di dalam agama sendiri kita kan dilarang untuk berlebihan dalam segala sesuatu, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Dan mungkin termasuk juga dalam mengkonsumsi kopi. Nah kira – kira apa sajakah efek samping dari kopi ? berikut pembahasannya..

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Selasa, 16 Desember 2014 , in ,

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut -
Sering kali kita mendengar istilah “Mulutmu Harimaumu” namun kali ini istilah yang tepat menjadi Mulutmu bau Nagamu” hahahaha.. ya begitulah sob.. karena memang mulut kita kerap kali mengeluarkan bau tak sedap yang sering diplesetkan menjadi bau naga.. walaupun agak kurang paham juga sih kenapa kok naga ? padahal kan naga mengeluarkan api dari mulutnya bukan bau ya ? ahh entahlah... malah jadi bahas naga..

Tapi saya yakin, bagi anda yang sedang membaca artikel ini kemungkinan anda sedang mengalami masalah dengan bau mulut. Karena memang tidak bisa di pungkiri hampir semua orang pernah mengalami hal ini. Dan ketika sedang mengalami bau mulut pasti akan sangat mengganggu apalagi ketika kita sedang mengobrol dengan orang lain atau bahkan sedang mengobrol dengan seseorang yang spesial. Pasti hal tersebut sangat membuat tidak nyaman. Sebenarnya dengan hanya mengosok gigi itu tidak cukup loh kawan. Karena biasanya juga bau mulut itu disebabkan oleh banyak faktor dan kerap kali dikaitkan dengan masalah pencernaan. Nah untuk lebih jelasnya ayo kita simak beberapa informasi di bawah ini :

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Senin, 15 Desember 2014 , in



Manfaat dan Khasiat Jeruk Untuk Kesehatan -
Sudah dari sejak dulu orang telah mempercayai bahwa buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, bahkan banyak sekali orang yang menyarankan untuk mengkonsumsi secara rutin buah jeruk untuk menjaga stamina tubuh karena memang jeruk banyak mengandung vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Jadi jeruk ternyata tidak hanya menyegarkan dan enak saja tetepi dibalik rasa manis yang kadang keasaman itu ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Kenapa jeruk kaya akan manfaat untuk kesehatan ? tentu kuncinya ada di dalam kandungan yang terdapat di dalam buah jeruk. Dan apa sajakah kandungan gizi / nutrisi yang terdapat di dalam jeruk ? untuk mengetahui jawabannya mari kita simak informasi di bawah ini.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lidah Buaya / Aloe Vera

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Selasa, 02 Desember 2014 , in , ,

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan -
Mendengar namanya saja pasti sepintas akan membuat bulu kuduk kita berdiri, karena yang terbayang ialah lidah dari hewan predator yang sangat ganas dengan gigi yang tajam.. walaupun sebenarnya lidah buaya itu tidak seperti lidah kebanyakan hewan yang bisa di julurkan. Lidah pada buaya menempel di sepanjang mulutnya. Jadi terkesan seperti tidak memilki lidah. Tapi tunggu dulu kawan, lidah buaya yang kita bahas kali ini bukan lidahnya si buaya.. tapi salah satu jenis tanaman yang bernama lidah buaya. Mungkin kenapa diberi nama seperti itu dikarena bentuk daunnya yang tebal dan seperti bergerigi layaknya mulut buaya... hehehe. Umumnya kita sering mendengar lidah buaya banyak di manfaatkan sebagai obat alami penyehat rambut dan Penghilang Ketombe. Dan memang banyak terbukti kebenarannya.. makanya banyak produk sampo yang mencantumkan nama tanaman ini di produk samponya. Tapi sebenarnya pemanfaatan lidah buaya / Aloe Vera ini tidak sebatas pada penyehat rambut dan Penghilang Ketombe saja loh kawan. Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar atau mencicipi minuman berbahan baku lidah buaya ? kalau untuk admin sendiri sih belum pernah mencobanya, tapi admin pernah mendengarnya. Lalu sebenarnya apa sajakah manfaat yang terkandung di dalam lidah buaya ? untuk lebih jelasnya mari kita simak informasi berikut ini.

Manfaat dan Khasiat Benalu Untuk Kesehatan

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Minggu, 30 November 2014 , in ,

Bagi anda yang dulu masa kecilnya di kampung pasti sangat familiar dengan buah benalu ini.. maklum admin juga lahir dan besar di kampung, jadi sangat akrab dengan buah ini. Sebab sewaktu masih kecil, admin hobi banget mencari buah benalu yang rasanya manis tapi agak lengket kaya lem.. hehe. Biasanya sih admin mencari buah ini ketika admin sedang mencari buah yang lain, seperti mangga, jambu, sirsak, nangka dan lain – lain. Maklum lah, benalu kan termasuk tanaman parasit yang numpang hidup di pohon lain. Jadi istilahnya tuh klo cari benalu “sambil menyelam minum air” jadi dapat buah utamanya seperti mangga, jambu, alpukat, dan lainnya plus dapet bonus buah benalu. Tapi terkadang tanaman benalu sangat mengganggu tanaman utamanya. Karena admin punya pohon mangga yang terdapat pohon benalunya, jadi kalau dibiarkan akan mengganggu pertumbuhan pohon mangga sebab si tanaman benalu kan mengambil nutrisi dari pohon inangnya. Jadi kalau sobat punya pohon buah yang terdapat benalunya harus rutin membersihkannya. Benalu terkadang memang sangat merugikan karena sifat parasitnya. Tapi belakangan ini ada beberapa informasi  mengejutkan yang admin dapat seputar tanamanbenalu, ternyata tanaman benalu sangat baik untuk kesehatan bahkan ampuh untuk mengobati berbagai penyakit.. wah benarkan itu... agak ragu sih.. tapi ada beberapa teman yang menanyakan kepada saya “ eh,, di kampungmu banyak pohonbenalu ga ?” benalu ?..  (tanya saya), buat apa emang ? (tambah saya). Buat obat.. (teman saya menjawab). Wah emang bisa ya untuk obat ? (tanya saya), iya (teman saya Menjawab). Nah akhirnya penasaran juga admin dengan si benalu ini. Akhir admin tanya dengan mbah google. Dan berikut beberapa informasi yang admin dapatkan dari mbah google.

Kandungan Gizi, Manfaat dan Khasiat Yogurt Untuk Kesehatan

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Rabu, 26 November 2014 , in ,

Makanan satu ini memang bukan makanan asli indonesia, dan mungkin tidak banyak juga masyarakat indonesia yang mengetahui dan mengkonsumsinya. Mungkin sebagian besar yang mengkonsumsinya ialah masyarakat yang tinggal di perkotaan. Sebab yoghurt hanya tersedia di tempat – tempat tertentu saja. Padahal  sebenarnya yogurt ini sangat baik jika dikonsumsi untuk kesehatan kita. Tapi tahukah anda, bahwa sebenarnya di salah satu wilayah indonesia yaitu daerah minang Sumatera Barat terdapat satu jenis makanan yang mirip dengan yogurt yaitu dadiah yang berbahan baku susu kerbau, berbeda dengan yogurt yang berasal dari susu sapi. Dadiah / Dadih merupakan makanan yang berasal dari susu kerbau yang di fermentasi  di dalam sebuah bambu. Wah.. indonesia memang kaya akan kuliner ya sobat.. admin jadi kepengen nih nyobain dadiah khas sumatera barat tersebut.

Kembali lagi ke pembahasan yogurt, kenapa ya kok yogurt baik untuk kesehatan ? mungkin karena memang berasal dari bahan baku yang sehat pula yaitu susu. Selain itu juga mungkin karena proses fermentasinya yang menghasilkan zat gizi yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh. Lalu kira-kira apa saja kandungan gizi atau nutrisi didalam yogurt ? sebelum admin uraikan mari kita perdalam lagi pengetahuan kita mengenai si yogurt ini.

Teknik dan Cara Budidaya Jamur Tiram

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Selasa, 25 November 2014 , in , ,

Jamur merupakan salah satu makanan favorit admin nih, hampir semua jenis jamur konsumsi admin suka. Apalagi kalau di kampung lagi musim hujan, bakal banyak jenis jamur bermunculan. Ada jamur mangkok, jamur grigit, jamur putih ( jamur gajih biasanya di sebut di kampung ), jamur monyet / jamur alot, jamur kuping, jamur pentol ( biasa disebut jamur merang ) dan masih banyak lagi jenis jamur lain yang banyak di temui di kampung admin. Walaupun saat ini sudah sangat jarang ditemui. Mungkin salah satu faktornya ialah beralihnya lahan sawit menjadi lahan pohon karet. Sebab seperti jamur mangkok dan jamur pentol lebih banyak ditemui di pelepah dan bantang pohon sawit yang membusuk. Haduh kok jadi ngebahas jamur di kampung admin nih.. hehe. Intinya sih jamur memang sangat lezat bahkan banyak yang mengolahnya sebagai pengganti daging, karena jamur rendah kolesterol dan rasanya yang tidak jauh seperti daging pada umumnya. Karena jamur ketika diolah akan mengeluarkan rasa gurih alami seperti halnya daging. Nah pada kesempatan kali ini admin akan share tentang cara membudidayakan jamur, khususnya jamur tiram. Karena jika mengambil dari alam langsung akan sangat sulit, sebab biasanya musim musiman dan belum tentu banyak dan bagus kualitasnya. Karena seperti yang kita ketahui jamur tidak bisa bertahan lama, jamur akan cepat membusuk jika di biarkan saja. Dan tentu dengan dibudidaya akan menghasilkan keuntungan jika di jual nantinya ketika panen.

Prospek usaha jamur memang sangat bangus, ini dikarenakan permintaan jamur dipasaran yang tinggi dan stabil, contohnya permintaan akan jamur tiram. Sebab selain dimasak untuk teman makan nasi. Jamur Tiram juga kerap diolah menjadi cemilan yang biasanya di jual oleh pedangan kaki lima. Yups, jamur crispi dengan bahan baku jamur tiram dan tepung yang banyak sekali peminatnya. Nah daripada berpanjang kali lebar, berikut admin share cara membudidayakan jamur tiram. Namun sebelumnya mari kita pelajari apa itu jamur tiram.. berikut pembahasannya :

Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia / Sulit Tidur Serta Bahayanya Bagi Kesehatan

Diposkan oleh Adi Wijaya on Senin, 24 November 2014 , in , ,

Penyakit sulit tidur atau bahasa kerennya insomnia memang kerap kali menjangkiti orang – orang dewasa khususnya pria, walaupun mereka yang remaja pun ada juga yang mengalami hal ini. Kenapa kaum pria ? karena biasanya rutinitas kaum pria lebih padat dan banyak ketimbang wanita. Dan beban pikiran kaum pria lebih besar juga dari wanita. Karena kan pria kepala keluarga sehingga beranggung jawab atas rumah tangga dan pekerjaan. Dan kebanyakan pria – pria suka bekerja melebihi jam kerja atau biasa disebut lembur hingga larut malam sehingga menjadi kebiasaan setiap harinya. Jadi ketika tak ada lebur pun akan sulit tidur lebih awal.. menurut admin sih seperti itu.. karena admin pun kerap kali sulit tidur karena kebiasaan kerja hingga larut malam. Atau biasanya pria emang suka begadang, seperti nonton bola tengah malam, atau sekedar kumpul dan ngobrol dengan teman – teman atau tetangga hingga larut malam. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya insomnia atau sulit tidur itu bukan suatu penyakit melainkan suatu gangguan tidur. Nah untuk lebih jelasnya admin paparkan informasi yang admin dapatkan dari berbagai sumber.

Cara Merawat Mesin Cuci Agar Tetap Optimal

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Rabu, 19 November 2014 , in ,

Mesin cuci Anda juga perlu kasih sayang agar tidak mogok kerja. Bayangkan kerja keras mesin cuci dalam membantu rumah tangga Anda membersihkan bertumpuk-tumpuk pakaian kotor dan berbau dalam waktu singkat serta menghilangkan banyak noda tanpa perlu disikat atau dikucek dengan tangan. Seperti perangkat rumah tangga lainnya, mesin cuci juga perlu perawatan teratur agar tetap berfungsi optimal dan tidak malah menjadi sumber masalah. Jamur pada pintu mesin cuci bukaan depan dan hasil cucian yang berbau adalah beberapa masalah yang bisa timbul jika Anda lalai membersihkan mesin cuci.

Sisa-sisa deterjen yang tertumpuk di dasar mesin cuci dan kotoran yang tersangkut di area-area tersembunyi berpotensi menyumbat saluran air dalam mesin cuci. Kesadahan air memperparah kondisi ini dengan menyebarkan kerak kapur pada hampir seluruh permukaan dalam mesin cuci.

Jalankan Siklus Pemeliharaan 

Mesin cuci yang bagus menyediakan siklus pemeliharaan (maintenance cycle) pada salah satu fiturnya. Jalankan fitur ini berdasarkan petunjuk pada deterjen yang Anda gunakan atau mengikuti petunjuk perawatan mesin cuci. Sebagian besar produsen menyarankan siklus pemeliharaan dijalankan sebulan sekali, namun ini tergantung pada beban penggunaan masing-masing mesin cuci.

Sesuai namanya, siklus pemeliharaan berfungsi untuk membersihkan mesin cuci, bukan untuk mencuci pakaian. Sangat penting diperhatikan bahwa untuk mengoperasikan siklus ini, mesin cuci harus dalam keadaan kosong sehingga deterjen akan fokus membersihkan bagian-bagian mesin cuci, termasuk menghancurkan timbunan kerak kapur. Gunakan deterjen yang mengandung pemutih karena komponen pemutih inilah yang merupakan bagian terpenting dalam menjalankan siklus pemeliharaan untuk menyerang bakteri-bakteri. Pilih suhu air minimal 60 derajat Celcius untuk fungsi ini.