Daftar Menu Takjil Sehat Untuk Buka Puasa

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Jumat, 04 Juli 2014 , in , ,


Daftar Menu Takjil Sehat Favorit Saat Bulan Puasa -
Tidak terasa bulan suci Ramadhan telah datang kembali, tentu hal tersebut sudah ditunggu-tunggu dan di sambut oleh sebagian besar umat islam. Karena pada bulan ramadhan terdapat banyak keberkahan didalamnya. Selain ada ibadah yang hanya ada di bulan ramadhan seperti shalat tarawih dan lain-lain. Bulan ramadhan juga mendatangkan keberkahan tersendiri kepada para pedagang.. khususnya pedagang yang menjual menu untuk berbuka puasa. Dan tak jarang akan muncul pedagang musiman dan dadakan yang hanya berjualan disaat bulan ramadhan. Dan herannya walaupun jumlah pedagang makanan dan minuman melonjak hampir di setiap tempat, tapi anehnya pembelinya pun melonjak tajam pula.. bahkan setiap pedangan jualannya akan laris manis terjual, dan hampir pasti ada pembeli yang membeli dagangannya... wah.. memang bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah ya.. hehehe.

Umumnya para pembeli akan mencari makanan / minuman untuk menu berbuka puasa yang biasa disebut juga menu takjil berbuka puasa. Lalu kira – kira menu apa sajakah yang menjadi favorit ya ? tapi alangkah bijaknya jika kita juga tetap memperhatikan menu berbuka puasa kita, apakah sehat ataukah hanya sekedar untuk mengenyangkan perut.. karena sebenarnya puasa itu sendiri pun bisa membuat tubuh kita sehat, jadi menu berbukanya pun harusnya sehat pula.. sehingga tidak mengurangi keberkahan bulan ramadhan. Lalu apa sajakah menu takjil favorit masyarakat Indonesia yang tentunya tetap sehat untuk dikonsumsi.. nah langsung saja kita simak..

Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma bagi Kesehatan

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Selasa, 01 Juli 2014 , in

Kandungan Gizi, Manfaat dan Khasiat Buah Kurma -
Puasa memang di yakinin oleh sebagian besar umat islam selain sebagai ibadah namun juga memiliki nilai kesehatan didalamnya dan ini banyak dibuktikan oleh banyak penelitian secara ilmiah. Dan tentunya ibadah puasa yang di lakukan itu sesuai dengan tuntunan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW,, dan salah satu sunah yang dicontohkan oleh Rasulullah ialah berbuka puasa dengan buah kurma. Kenapa kurma ? ada apa dengan buah kurma ? nah untuk mengetahui hal tersebut mari kita coba untuk mengenal lebih jauh buah kurma.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Kamis, 26 Juni 2014 , in ,


Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan -
Buah ini kerap kali kita jumpai digunakan sebagai bahan baku minuman dan sirup. Buah yang sebenarnya lebih terasa asam ketimbang manis ini memang sangat cocok jika dibuat minuman maupun sirup.. walaupun ada sebagian orang yang tidak suka dengan rasa dan aroma buah markisa.. hal ini wajar, karena buah markisa memiliki rasa dan aroma yang tajam seperti halnya buah durian dan buah – buahan yang beraroma tajam lain. Tapi banyak pula yang sangat mengukai rasa dan aromanya yang kuat dari buah markisa ini.. bahkan tidak sedikit produk minuman ringan yang bercita rasa buah markisa.. ya tidak perlu kita sebut merknya.. hehehe.. yang jelas sangat banyak,, dari kemasan bubuk dalam sachet, kaleng, botol dan masih banyak lagi..

Buah markisa konon seperti halnya buah jeruk, memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi,, mungkin karena banyak kemiripan ya dengan buah jeruk... seperti warnanya,, sarinya yg cukup banyak.. dan rasanya yang manis sedikit asam... menurut saya sih.. hehehe.. agar kita lebih mengenal si buah markisa ini,, mari kita simak beberapa informasi mengenai buah markisa ini..

TANSA – Serpihan Puisi ( Lirik dan MP3 )

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Rabu, 25 Juni 2014 , in


Baiklah masih mengenai TANSA band, untuk lagu yang kali ini masih tetep bergenre melow, diiringi dengan music yang tidak terlalu rame biar pas sama lagunya, buat kalian yang sayang banget sama pacar, tapi dia ga ngerti pengorbanan apa aja yang udah kalian lakuin buat dia, coba deh denger lagu ini pasti ga nyesel .. Serpihan puisi , kanapa sang Vokalis kasih judul serpihan puisi ?? Ya mungkin kata itu pas banget buat gambarin lagu ini, Karena lagu ini diciptakan oleh Sang Vokalis dari setiap bait - bait puisi yang udah sang Vokalis buat untuk sang mantan yang dulu pernah singgah di hatinya.. hehehe ..  Tujuan diciptakannya lagu ini sih karena sang Vokalis pengen dia tau kalo udah banyak pengorbanan yang udah sang Vokalis lakuin buat dia (“sang mantan”) dan Sang Vokalis takut kehilangan dia walaupun toh kenyataan nya dia tetep pergi. . hehe..

TANSA - Kecewa ( Sebuah Lagu Dari Band Asal Lampung )

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Selasa, 24 Juni 2014 , in


Hey ini dia band indie asal bandar lampung, mungkin belum banyak yg tau tentang band TANSA ini makanya admin mau mempromosikan band yang satu ini sekaligus admin mau mempromosikan salah satu lagu yang menurut admin keren abis dah.. pasti ga kan nyesel dengerin lagunya hehehe.. karena ne lagu cocok buat semua pendengar dari berbagai jenis aliran musik tentunya, sebenernya para personil band TANSA ini ga hanya menyukai aliran musik pop aja, jenis aliaran musik lain pun mereka  suka, khusunya untuk sang vokalis sekaligus pencipta lagu band TANSA. Beberapa jenis aliran musik yang mereka sukai diantaranya musik jenis skatpunk, rock alternatife, dan musik-musik cadas sebagainya, tapi gak tau kenapa setiap nyiptain lagu malah melankolis jadi nya hehehe.. ya mungkin inilah naluri yang gak bisa diubah jalannya ( kata sang Vokalis ).. Sebenarnya band ini udah lama terbentuk dari tahun 2007 tapi berhubung ada kendala sehingga break dulu sementara waktu dan sekarang terbentuk lagi dengan nama dan lagu andalan terbaru.. untuk itulah band ini sedang membutuhkan management dan produser  yang bisa memajukan band ini kedepannya. Semoga melalui postingan ini para sahabat permathic bisa mendengarkan lagu2 karya band TANSA ini dan mudah-mudahan anda tertarik dengan lagunya. Hehehe...

Kandungan, Manfaat, dan Khasiat Ginseng Bagi Kesehatan

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Senin, 23 Juni 2014 , in , ,


Manfaat dan Khasiat dibalik Tanaman Gingseng -
Mendengar kata-kata gingseng, pasti yang kebayang ialah film-film Cina dan Korea. Karena memang kita banyak mengetahui tanaman ini ya melalui film-film dan iklan obat – obatan produksi cina dan korea.. bahkan korea sendiri memiliki julukan negeri gingseng. Wah.. seistimewa apakah tanaman gingseng sehingga menjadi julukan untuk sebuah negara.. jadi penasaran..

Ginseng memang telah di manfaatkan oleh masyarakat di kawasan asia pasifik dari sejak zaman dahulu kala.. khususnya negara di kawasan Cina, Korea,  Jepang dan beberapa wilayah asia tenggara. Tanaman ini memang sudah melegenda yang banyak dmanfaatkan sebagai tanaman untuk pengobatan dan kesehatan.

Ginseng (Panax) adalah sejenis terna berkhasiat obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis. Nama "ginseng" diambil dari bahasa Inggris, yang dibaca mengikuti lafal Bahasa Kantonis, jên shên, dalam bahasa Mandarin dibaca "ren shen", "人蔘" (duplikat manusia), karena bentuk akar yang menyerupai manusia. (Versi Wikipedia ).

Lalu apakah kandungan yang terdapat pada tanaman gingseng ? sehingga banyak digunakan untuk pengobatan.. nah berikut kandungan secara umum yang terdapat didalam tanaman gingseng :

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Minggu, 22 Juni 2014 , in , ,


Cara Ternak Lele di Kolam Terpal / Plastik
Pada postingan sebelumnya, admin telah membahas tentang bagaimana budidaya ikan hias di kolam terpal. Diantaranya ikan guppy, molly, dan lainnya.. nah untuk kesempatan kali ini admin akan mencoba berbagi informasi mengenai bagaimana membudidayakan atau berternak ikan lele di kolam terpal. Dan kenapa lagi-lagi kolam terpal ? karena admin menilai kolam terpal lebih unggul ketimbang kolam tanah maupun kolam semen.. karena lebih mudah dalam pembuatan, lebih mudah dalam perawatan, lebih murah ketimbang harus membuat kolam semen, dan tentunya tidak membutuhkan lahan khusus. Karena bisa dibuat di pekarangan rumah dan bisa di bongkar pasang jika memang dibutuhkan.

Dan ikan lele akan menjadi pembahasan kita kali ini. Dan mengapa lele ? seperti yang kita ketahui bahwa ikan lele memiliki ketahanan yang kuat terhadap penyakit dan kondisi air yang keruh.. sehingga akan lebih mudah diternakan. Selain itu dikarenakan permintaan akan ikan lele dipasaran sangatlah tinggi. Sehingga kita tidak akan menemui kesulitan dalam hal pemasaran.. sebenarnya admin juga sudah pernah membahas mengenai ternak ikan lele ini disini dan juga bisa lihat disini. Kenapa admin sampai berkali-kali memposting tentang ternak lele ? karena ternak lele menurut admin sangat menarik untuk dibahas. Karena ikan satu ini menjadi menu wajib yang harus ada di hampir semua rumah makan khusunya warteg dan penjual pecel lele tentunya.. bahkan penjual pecel lele menjamur dimana mana, alias hampir bisa ditemui dihampir semua tempat. Melihat tingginya kebutuhan akan ikan lele tentu akan menjadikan ternak ikan lele menjadi prospek yang bagus untuk bisnis/usaha.

Cara Budidaya Ikan Hias di Kolam Terpal

0
Diposkan oleh Adi Wijaya on Jumat, 20 Juni 2014 , in , ,


Cara Ternak Ikan Guppy, Molly dan Ikan Hias Lainya di Kolam Terpal / Plastik

Indonesia memang surganya flora dan fauna, karena memang keanekaragaman hayati Indonesia sangatlah tinggi. Mungkin ini juga dikarenakan iklim tropis indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa menyebabkan begitu tingginya keanekaragaman hayati Indonesia. Terutama fauna yang hidup di perairan indonesia. Karena seperti yang kita ketahui, luas perairan Indonesia lebih besar daripada luas daratannya.. hal ini menjadikan Indonesia kaya akan fauna airnya.. salah satunya ikan. Jenis ikan yang hidup diperairan Indonesia begitu beranekaragam baik yang hidup di air tawar maupun air laut bahkan beberapa diantaranya merupakan endemik yang hanya hidup di perairan Indonesia. Wah.. makin cinta aja ne ma negeri kita Indonesia..

Membahas masalah ikan Indonesia, pasti yang kebayang ialah ikan hiasnya setelah ikan konsumsi.. karena memang indonesia terkenal juga sebagai pengekspor ikan hias di kawasan asia dan luar asia. Bahkan di daerah jawa barat kita akan banyak menjumpai peternak / pembudidaya ikan hias dari berbagai jenis ikan hias. Kenapa bisnis budidaya ikan hias ini tidak pernah mati malah terus berkembang..?  mungkin salah satunya karena tingginya/banyaknya pencinta ikan hias di indonesia dan di luar negeri sehingga permintaan akan ikan hias tidak pernah berhenti. Dan kenapa harus di budidayakan ? karena jika semua ikan hias di ambil langsung dari alamnya maka dapat mengurangi polulasi dan bahkan bisa menyababkan kepunahan dari jenis ikan tersebut. Oleh sebab itu budidaya merupakan solusi untuk menjaga kelestarian ikan hias tersebut di alam.

Sebenarnya saya sendiri seorang penghobi ikan hias diantaranya ikan cupang, guppy, molly, koki dan beberapa yang lainnya.. berawal hobi memelihara,, eh.. akhirnya saya berfikir kenapa tidak saya budidayakan saja, kan sambil menyelam minum air.. pikir saya.. karena pemeliharan / perkembangbiakan ikan hias itu tidak begitu sulit bahkan untuk jenis – jenis tertentu tidak memerlukan perlakuan khusus. Hanya di biarkan saja dengan memberikan makanan rutin akan berkembangbiak dengan sendiri.. dan tentunya setelah berkembangbiak akan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah hehehe.

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas

4
Diposkan oleh Adi Wijaya on Senin, 14 April 2014 , in


Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas Terhadap Kesehatan -
Bagi kita yang berlidah Indonesia, makan makanan yang tidak ada rasa pedasnya tentu akan terasa tidak begitu nikmat bahkan bagi sebagian orang akan terasa hambar.. selain itu juga bagi kita orang Indonesia, makan makanan yang pedas bisa menambah selera makan.. (katanya sih seperti itu..) dan untuk orang2 tertentu bahkan wajib tuh ada sambal dihidangan makanan mereka.. Kok bisa begitu ya.. benarkah bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang pedas bisa meningkatkan selara makan kita.. atau itu hanya sugesti saja.. tapi untuk saya pribadi sih memang seperti itu.. kalo makan ga da rasa pedasnya akan terasa hambar.. klo istilah saya sih.. klo makan makanan yang pedas itu bisa membuat kita tambah jreng... alias bisa nambah semangat.. hehehe..

Tapi perlu digaris bawahi juga ya.. maksudnya disini bukan untuk semua jenis makanan harus pedas.. masa iya.. kue brownies yang identik dengan rasa manis harus ada rasa pedasnya.. hehehe. kan ga lucu juga abis makan kue brownies langsung kepedesan.. tapi ide bagus juga tuh kayaknya ada kue brownies rasanya pedas apalagi kalau ada level pedasnya... ( hahaha,, ngaco[dot]com...  tapi gpp kan ngehayal dikit.. xixixi ). Oke lanjut lagi mengenai pembahasan masalah makanan pedas, apakah ada pengujian secara ilmiah mengenai hal itu ? nah dari beberapa informasi yang admin dapat berikut admin paparkan mengenai manfaat mengkonsumsi makanan pedas :

Cara Mengatasi dan Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Diposkan oleh Adi Wijaya on Minggu, 13 April 2014 , in


Hayoo.. kalo disuruh milih,, pilih sakit hati apa sakit gigi ? kalau ditanya seperti itu pasti jawabannya nggak kedua - duanya... iya kan ? hehehe.. karna dua - duanya sama - sama ga enak sobat.. sama – sama nyakitin.. ckkkk... maklum udah ngerasain dua – duanya... curhat ne ceritanya,, hehehe.. tapi emang benerkan ? Nah kali ini kita akan mencoba membahas mengenai si sakit gigi ini sobat.. Dan kita tidak akan membahas masalah si kati hati... karena obatnya susah dan berbeda penyelesaiannya untuk setiap orang...

Gigi memang terlihat seperti bagian tubuh yang sepele alias tidak begitu vital ketimbang organ tubuh lain seperti jantung dan otak.. tapi gigi memiliki peran yang sangat penting dan bisa mempengaruhi kinerja organ – organ tubuh lain loh kawan.. coba aja bayangkan kalo kita ga da gigi.. terus kita makan makanan yang keras.. seperti keripik atau camilan lain.. pasti udah ga kebayang lagi tuh kondisi gusi kita tanpa gigi.. pasti akan berdarah – darah... (xixi.. lebay.. ) Dan kenapa saya bilang gigi memiliki peran yang sangat penting ? dan bisa mempengaruhi kinerja organ lain ? contohnya kalo makanan yang masuk kedalam perut itu teksturnya masih kasar dan tidak begitu halus dikarenakan proses pengunyahan makanan dimulut kurang optimal gara2 si gigi bermasalah.. maka organ pencernaan yang ada di dalam perut tentu akan lebih berkerja keras untuk mencerna si makanan itu.. dan jika ini terjadi dalam jangka waktu yang lama maka tentu tidak baik untuk lambung, usus dan organ pencernaan yang lainnya.. makanya banyak ahli kesehatan selalu mewanti - wanti untuk menjaga kesehatan gigi..

Selain itu,, jika kurang menjaga kesehatan gigi bisa menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan bakteri berkembang di dalam mulut.. dan bahayanya lagi jika bakteri itu masuk ke dalam jantung melalui pembuluh darah akibat gigi berlubang tentu bisa menyebabkan masalah pada jantung kita... haduh... nambah ngeri aja ne efek dari gigi yang tidak sehat...

Di tambah lagi jika gigi kita mengalami masalah atau sakit gigi... bisa menyebabkan nyeri yang luar biasa terhadap seseorang dan sangat mengganggu aktifitas seseorang. karena biasanya orang yang sakit gigi enggan beraktifitas, mendengarkan suara bising saja akan sangat menyiksa.. ( pengalaman banget kayaknya.. hehehe..). untuk itulah sobat, kita harus pandai2 merawat dan menjaga kesehatan gigi kita.. dan bagi anda yang sudah terlanjur mengalami masalah kesehatan gigi atau sakit gigi.. berikut admin coba paparkan mengenai bagaimana mengatasi dan mengobati sakit gigi.. dan khususnya untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi / gigi berlubang. oke, langsung saja kita menuju TKP.