Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Dan Cara Berhenti Merokok

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan –
Mungkin sudah bukan hal yang biasa lagi jika kita mendengar bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena sebenarnya sudah banyak peringatan dan pesan yang sering kita dengar dari berbagai media mengenai bahaya rokok tersebut bahkan sebenarnya sudah ada peringatan mengenai bahaya rokok tersebut di kemasan rokok itu sendiri. Tapi anehnya tetap saja masih banyak orang yang merokok, entah hanya sekedar pengen di anggap sebagai anak gaul atau mungkin sudah menjadi kebutuhan bagi dirinya. Yang jelas apapun alasannya , kita harus sejak dini mengindari rokok tersebut, sebab efek dari asap rokok tersebut dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga yang  berat yang bisa membawa kita kepada kematian. Bukan hal yang terlalu berlebihan,. Jika saya mengatakan hal tersebut, namun memang seperti itulah efek negatif dari merokok. Mungkin kita tidak akan merasakan efeknya secara langsung akan tetapi efeknya akan terasa dalam jangka waktu yang lama.


Dan menurut penelitian, ternyata yang akan menerima efek negatif dari rokok tersebut bukan hanya perokok aktif saja, akan tetapi perokok pasif pun akan menerima akibat negatif dari rokok tersebut. Dan justru efek yang diterima oleh perokok pasif akan jauh lebih berbahaya lagi ketimbang perokok aktifnya. Mungkin ada sebagian dari anda yang masih bingung dengan istilah perokok pasif. Jadi perokok pasif merupakan sebuah istilah bagi seseorang yang sebenarnya bukan seorang perokok akan tetapi orang yang berada atau dekat dengan orang2 yang merokok sehingga ia secara tidak langsung sering menghirup asap rokok yang dikeluarkan oleh para perokok aktif. Dan kenapa lebih bahaya di bandingkan perokok aktif, karena asap yang di hirup oleh perokok pasif akan langsung masuk ke paru – paru melalui hidung.  Wah wah wah... rokok memang telah menjadi bencana bagi semua orang.
Sebenarnya mengapa rokok bisa begitu berbahaya bagi kesehatan ? ini di sebabkan dari kandungan yang terdapat di dalam rokok tersebut. Berikut zat yang terkandung di dalam rokok :

1. Nikotin
Zat ini mengandung candu bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk trus menghisap rokok
~ Pengaruh bagi tubuh manusia :
menyebabkan kecanduan / ketergantungan
merusak jaringan otak
menyebabkan darah cepat membeku
mengeraskan dinding arteri

2. Tar
Bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker
~ Pengaruh bagi tubuh manusia :
membunuh sel dalam saluran darah
Meningkatkan produksi lendir diparu-paru
Menyebabkan kanker paru-paru

3. Karbon Monoksida
Gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh.
~ Pengaruh bagi tubuh manusia :
mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen
menghalangi transportasi dalam darah

4. Zat Karsinogen
~ Pengaruh bagi tubuh manusia :
Memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh

5. Zat Iritan
Mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru
Menyebabkan batuk

Zat-zat asing berbahaya tersebut adalah zat yang terkandung dalam dalam ASAP ROKOK, dan ada 4000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang ROKOK, 40 diantaranya tergolong zat yang berbahaya misalnya : hidrogen sianida (HCN) , arsen, amonia, polonium, dan karbon monoksida (CO).

Beberapa Bahaya Yang di Timbulkan oleh Rokok

1. Kanker Paru
Diketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.

2. Kanker Kandung Kemih
Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen perokok. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.

3. Kanker Payudara
Perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.

4. Kanker Serviks
Sekitar 30 persen kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh merokok. Hal ini karena perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual.

5. Kanker Kerongkongan
Studi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80 persen kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.

6. Kanker Pencernaan
Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).

7. Kanker Ginjal
Ketika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh. Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker.

8. Kanker Mulut
Tembakau adalah penyebab utama kanker mulut. Diketahui perokok 6 kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tembakau tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar.

9. Kanker Tenggorokan
Asap rokok yang terhirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan, karenanya kanker ini akan berkaitan dengan rokok.

10. Serangan Jantung
Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung.

11. Penyakit Jantung Koroner (PJK)
Sebagian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus.

12. Aterosklerosis
Nikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis.

13. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas, dan sekitar 80 persen kasus PPOK disebabkan oleh rokok. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya emfisema (sesak napas akibat kerusakan pada kantung udara atau alveoli) dan bronkitis kronis (batuk dengan banyak lendir yang terjadi terus menerus selama 3 bulan).

14. Impotensi
Bagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an tahun, maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Jika seseorang sudah mengalami impotensi, maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.

15. Gangguan medis lainnya
Beberapa gangguan medis juga bisa disebabkan oleh rokok seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran napas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan secara bertahap), katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, menimbulkan noda di gigi dam gusi, mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan.

Cara Berhenti Merokok 

  • Niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok.
  • Belajar membenci rokok
  • Bergaulah dengan orang yang tidak merokok
  • Sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC
  • Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.
  • Jika ingin merokok, tundalah 10 menit lagi.
  • Beritau teman dan orang terdekat kalau kita ingin berhenti merokok.
  • Kurangi merokok sedikit demi sedikit.
  • Hilangkan kebiasaan Bengong atau menunggu.
  • Sering-seringlah pergi ke rumah sakit, agar tau pentingnya kesehatan.
  • Cari pengganti rokok, misalnya permen dan lain - lain
  • Coba dan coba lagi jika masih gagal.

Gimana para sahabat sekalian ? masihkan anda berniat untuk merokok ?. Kalau saya sih alhamdulillah tidak merokok dan tak akan merokok. Sebab selain bakal terkena berbagai penyakit, rokok juga bisa menyebabkan kanker(kantong kering) alias menghabiskan banyak uang. Tau sendiri, harga satu bungkus rokok lumayan mahal. Pokoknya saya benci rokok titik.





83 komentar:

Windows 7 said...

Info yang menarik
Mungkin anda juga adalah orang yang sehat.

obat maag kronis said...

Memang rokok sumber penghancur badan...
tapi tenang masih ada obat herbal...hehe

Anonymous said...

obat herbalnya apaan?

Anonymous said...

tolong kalo ada obat herbal yang bisa ngembaliin fisik seperti kita sebelum ngerokok mohon bantuannya untuk belajar hidup sehat ( arashibagus@yahoo.com )

Anonymous said...

berhenti rokok.....sepertinya gampang, prakteknya SUSAH .....

baju senam said...

sulitnya memang kalau ngelihat temen ngorok gan. karna teman2 saya perokok semua, masih terus berusaha, untuk nguranginya saya beli filter2 rokok :)

Riki (agen herbal) said...

wah melihant betapa banyak kandungan dan bahayanya, seharusnya peroko pasif seperti saya berhak komplen kalo perlu demo !!! karena ikut dirugikan !!!

beauty said...

bahayanya gak hanya untuk perokok aktif ya, tapi yang pasif juga kena imbas lebih parah... :(

NR. Wahyu Adji said...

Kenapa pemerintah melarang adanya narkoba, tapi memperbolehkan rokok yang sama2 merugikan?

Unknown said...

Fantastic :)

Unknown said...

Hmmm,,,udah tau banyak ruginya tp kok masi pada demen ngrokok yak??

http://awetnom.blogspot.com/2012/09/merokok-karena-gen.html?m=1

Obat Pelangsing said...

Postingan yang Sangat bagus tentang bahaya merokok bagi kesehatan dan menarik untuk dibaca .... Saya suka mengunjungi blog ini.

Marcel said...

siip cucok untuk tugas sekolah saya....

obat kanker tulang said...

bissmillah ane mau nyoba berhenti merokok .

info obat alami said...

merokok adalah kebiasaan buruk yang harus dihentikan

Anonymous said...

Masih blom dilarang kerna indonesia penghasil tembakau, berharap ada peningkatan kualitas tembakau supaya tembakau indonesia bisa di expor semua ga usah beredar di indonesia jadix, junk food juga harus di beri label tuh kayax kerna junk food juga banyak memberi efek negatif kan!!!

Unknown said...

Bagus ni postingnya....
Pasti bermanfaat banget buat yang nyimak..

pulau pramuka said...

salam kenal gan..?
saya perokok aktif dan ingin berhenti, setelah saya iseng ngeliat blog agan tentang bayaha ngerokok teryata ngerih banget. saya terima kasih banget atas postingan agan. karna mengingatkan saya tentang bahaya ngerokok.

Alya Infoseminar21 said...

Mang iy
aneh'a tuh org kan tw yah bahaya'a roko tp msh d konsumsi,,,
tikus c wajar kl makan roti yg d kasih tulisan racun lah krna dy gsa baca
manusia ada otak tapi ko msh bgtu
kasar'a lbh parah dong yah dari tikus
:D

alasan rokok tidak baik untuk kesehatan said...

dari fakta statistik di amerika 1 ; 5 kematian krn dampak merokok

obroy said...

info yang wajib dibaca para peroko aktif nieh !!!
terima kasih gan atas informasinya!!!

Shear - Health said...

di dalam rokok ada ribuan zat kimia berbahaya, rokok juga lebih banyak efek negatifnya, tapi masih banyak orang yang menikmatinya, hahahahahaha, lucu juga liat kenyataannya. nice info gan.

Jefry said...

karena adanya bahaya yang seperti ini sayapun juga menghindari untuk mengkonsumsi rokok

Pena Daun said...

Kebanyakan para pengguna rokok juga tahu akibatnya,
tapi yah mau gimana lagi, udah kena zat adiktifnya, jadi kecanduan.
Sayang juga uangnya, daripada buat ngerokok, mending buat beli nasi bungkus di warteg.

Anonymous said...

intinya niat yang paling utama, kalu belum ada niat berhenti ngerokok dijamin gagal terus..

Advertising companies in Pakistan said...

Nice blogs you are sharing nice articles on the site and amazing information on the site .
Media buying houses in Pakistan

R_a said...

Bahkan nikotin dapat melekat pada gen , jdi keturunan perokok bisa mengalami cacat otak atau bodoh itu yg saya ketahui

Rumah Dijual said...

nikotinnya yah yang paling membahayakan. great post.

Anonymous said...

merokok itu sangat membahaya struktur pada jaringan manusia akan berakibat fatal bagi perokok maupun orang yang dekat sama perokok makanya semua orang di dunia ini jangan pernah kenal rokok karena rokok itu ada setannya malahan rajany setan loeeee....

Kelambu Nyamuk said...

masalahnya susah sekali berhentinya gan, kalau soal negatifnya sih tau banget tapi pura-pura tidak tau aja....

Kelambu Nyamuk Anti Nyamuk

Unknown said...

terima kasih atas infonya,
info nya sangat luar biasa.
jangan lupa yach, kunjungi alamat kami http://wwww.unsri.ac.id

Unknown said...

terima kasih atas infonya,
info nya sangat luar biasa.
jangan lupa yach, kunjungi alamat kami http://wwww.unsri.ac.id

Unknown said...

terimakasih atas infonya, jangan lupa mampir ke alamat kami http://www.unsri.ac.id

Anonymous said...

Ane tambahin dikit ya gan cara buat ngurangin rokok, ngurangin loh ya bukan berhenti. Sukur-sukur nanti bisa berhenti.
Buat yang perokok aktif jangan sampe punya korek, udah itu aja, kedepan mungkin lebih berkurang kapasitas merokoknya, mau minjem korek terus ama orang lain juga ane jamin pasti males.
Pengalaman pribadi nih, walopun sampe sekarang masih blm bisa berhenti buat merokok :'(

riko said...

kita kalau ingin menjauh dari rokok jangan keluar rumah/mati

Vani said...

Kak, aku izin copy data website ni tuk tugasku ya :D

aburasyid said...

trims untuk info nya, sangat bermanfaat.
Alhamdulillah saya telah berhenti merokok
dan ternyata gampang sekali untuk berhenti merokok
tinggal kemauan saja

bahaya rokok said...

Diperlukan niat dan usaha yang kuat untuk berhenti merokok.

Obat Mata Herbal said...

info atau artikel dalam blog ini sagat menarik untuk dibaca dan di simak...... thanks ya kak!!!!!

Obat Mata Minus said...

banyak orang sadar bahwa rokok berbahaya tapi banyak yang tetap saja merokok... thanks infonya kak!!!

indranesia said...

Saya mau coba tipsnya bang brow, soalnya saya kesulitan untuk berhenti merokok

Obat Jerawat Herbal said...

thnkas infonya!

Majalah Siantar said...

Menurut Majalah Siantar ini sangat merusak kesehatan, hentikan lah merokok selagi bisa...

View SEO | Blogger Newbie Forever said...

percuma ane mah kalo merokok gak bisa berenti meskipun digini gini hehehe :D

no name said...

bagus infonya gan..
tapi tetep aja prakteknya susah minta ampun..
http://www.jualanbusana.com/

EghyR01 said...

Terima Kasih Atas infonya .. artikel yang sangat bagus ..

centraniaga said...

Mantab.. infonya diskriptif sekali..

Anonymous said...

orang yang merokok itu bodoh
padahal di kotak rokok itu sudah di bilang,rokok dapat menyebab kan penyakit yank merusak badan.

tapi itu lah bodoh nya,tetap aja di belik.
cobak lah kalian tidak membeli lagi rokok tersebut,pasti pabrik nya bangkrut & rokok tidat beredar lagi.

Unknown said...

trmksh infox

Jupri Malino said...

Merokok ini mang pekerjaan yang merugikan, menghabiskan kopi, gula, waktu and uang. Pokok eh parah lah ... mesti dihentikan tuh kebiasaan merokoknya.

Oh yah Gan, bisa minta templatenya kah? Gue naksir banget loh. Sesama blogger harusnya saling bantu khan... hehehe

obroy said...

wajib dibaca nieh sama orang-orang yang suka merokok . . terima kasih banyak sidah berbagi!!!

Anonymous said...

dan info ini sangat penting bagi para remsja yg suka merokok!!! terimakasih atas info nyaa ..

Unknown said...

bgus gan kunjung balik y www.lintasprotect.blogspot.com

Fredy said...

wach bahaya juga ya rokok itu.....

Fredy said...

makasih gan info nya klo gni kan kita bisa tau banyak tentang bahaya rokok....

Unknown said...

alhamdulillah saya udah berenti merokok .........

Unknown said...

agar selalu mensposori yang terbaik bagi pembacanya

Anonymous said...

Mamah aq perokok berat :'( , gimana cara membantu dia untuk menghentikan kebiasaan buruknya?aq memang jarang di rumah tapi gimana dengan adik2 aq yg masih kecil gara2 mmhku mereka juga jadi prokok pasif ! Gimana tdk! kepulan asap yg di hisapnya itu tiap hari selalu mmenuhi ruangan ,kalo d kita duduk di ruang tengah ya penuhlah ruang tengah oleh asap rokok yg d isep mmhku,aq gak mau dia matii cepeet..! :'( ,badanya udh kurus kering,batuk2n,sering sakit juga.. Ya Allah, :'(

paket wisata pulau tidung said...

merokok memang dapat menyebabkan beragam penyakit tapi sulit bagi pencandu untuk menghentiakanya sebaiknya pabrik rokonya di tutup aja mestinya

Rizqi Muflikah said...

waahhh bahaya besar ya ?

as'ad said...

masukan yang berarti, moga2 saya ga sampe kecanduan

amiin

jatenpos said...

nice articel :)

Taufik h said...

nice info gan tentang bahaya merokok'y.........
kunjungan balik dong...
jajau-blog.blogspot.com

Unknown said...

Uupss... mantap infonya hari ini saya sdh belajar mengurangi rokok, semoga bisa lepas dri ketergantungan rokok....

Shini said...

info yang padat dengan rokok

Anonymous said...

Sy sudah kena sakit kelenjar getah bening, tp tetap gak bisa berhenti merokok. Tolong saya :(

modal kecil said...

makasih gan infonya semoga ini bisa membantu

Obat Sakit Jantung Akibat Merokok said...

Semoga saja dengan mengetahui bahaya dari rokok ini semakin banyak orang yang ingin menghentikan kebiasaan merokok nya

Unknown said...

Semoga yang merokok dapat berhenti dan tidak ada perokok pasive

Anonymous said...

saya sering membantu teman-teman saya agar berhenti merokok tetapi selalu gagal, saya tidak tau lagi gimana dan pakai cara apa agar saya berhasil membuat mereka berhenti dan membenci rokok.

naga-mark said...

trimakasih infonya...
sangat menarik dan bermanfaat..
salam sukses...

Dr Akbar Abdullah said...


Satu artikel yang menarik mengenai bahaya merokok. Ini adalah kerana rokok mengandungi lebih kurang 4000 bahan kimia dan 400 jenis racun yang boleh merosakkan badan kita.

mirsya putri said...

Artikelnya sangat bagus. Merokok merugikan orang lain dan diri sendiri..dan tidak ada gunanya

Unknown said...

Kita semua tahu rokok sangat bahaya. Knp tdk bs berhenti merokok ???????
Bukan karena tdk ada niat, stress, kebiasaan dll tapi HAL UTAMA KARENA PEROKOK MERASA DIRINYA MASIH SEHAT2 TP KLAU DAH KENA PENYAKIT BARU BERHENTI TOTAL TANPA USAHA MAKA INGAT SEBELUM KENA PENYAKIT CEPAT2 BERHENTI JGN SAMPAI KENA PENYAKIT NYESAL PUN DAH PERCUMA

Cara menghilangkan dan mengobati penyakit said...

makasih artikelnya banyak membantu bagi orang lain...

Salohot Nasution said...

artikelnya bagus, izin share ya..

Stok Ilmu said...

kalok saya sih mengatakan tidak untuk rokok maupun merokok, kalau kamu bagaimana masih mau atau tidak.,.?
sangat bermanfaat sekali min,

Bahaya merokok bagi kesehatan dan akibat dampak merokok. said...

Semoga dgn artikel diatas bisa menambah pengetahuan kita tentang bahaya merokok dan mulai bergerak melakukan hal yg berdampak manfaat buat diri dan lingkungan. Barakallah

Rachmat Juniar said...

Yuk semangat mengkampanyekan tentang bahaya merokok bagi kesehatan.

Cara berhenti merokok said...

Rokok jelas tidak baik untuk kesehatan teman.
Berhenti merokok sebelum itu membunuhmu.
Salam sehat alami

yudi said...

Bagus Artikelnya,

Imelda Panda said...

World Class University - https://teknokrat.ac.id/

Andi Balladho said...

Alhamdulillah sudah jadi alumni ahli hisab dan tidak akan reuni hihi