9 Manfaat dan Khasiat Cabe Jawa Bagi Kesehatan



Apakah sobat mengetahui atau pernah melihat secara langsung jenis cabe seperti gambar disamping ? jujur sih admin sendiri belum pernah lihat tapi admin pernah mendengar tentang cabe tersebut. Selama ini kita hanya mengetui cabai yang sering di jadikan bumbu masak atau bahan untuk membuat sambal yaitu cabai rawit. Tapi tak banyak orang yang tahu dengan cabe jawa yang satu ini. Cabe jawa seperti halnya dengan cabai pada umumnya memiliki rasa pedas. Hal ini memang dikarenakan cabe jawa masih kerabat dengan lada. Sehingga memiliki rasa pedas. Cabe jawa juga seperti halnya cabai pada umumnya selain sebagai bumbu masak juga memilki banyak manfaat. Berikut ini beberapa info terkait cabe jawa :

7 Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan




Dulu admin sempat dibohongi oleh salah satu teman, waktu itu kami sedang main ke sebuah kebun yang tidak jauh dari tempat tinggal kami dan waktu itu kami tidak sengaja bertemu dengan pohon blimbing wuluh yang sedang berbuah lebat. Buah yang sangat lebat pada pohong tersebut, tentu bisa membuat siapapun tergoda. Dan kebetulan juga waktu itu admin belum tahu tentang buah blimbing wuluh ini, sehingga admin belum tahu bagaimana rasanya. Kemudian salah satu teman admin mengatakan untuk mengambil buah tersebut dan memakannya. Karena katanya buah tersebut  sangat enak. Yah.. karena dulu admin masih begitu polos, masih duduk di bangku sekolah dasar jadi admin percaya saja dengan perkataan teman tersebut. Dan tanpa ragu admin memetik beberapa buah dan kemudian menggigitnya. Belum sempat terkunyah dan tertelan, buah tersebut langsung saja admin buang, karena rasanya yang sangat asam dan membuat ngilu. Jadi kena deh admin dikerjain oleh teman yang iseng. Tapi berbicara tentang buah blimbing wuluh ini, biarpun berasa asam bukan berarti tidak ada orang yang memanfaatkannya. Justru rasa asam yang terkandung dalam blimbing wuluh ini kerap kali dimanfaatkan untuk penambah cita rasa pasa masakan. Tapi apakah pemanfaatan blimbing wuluh ini hanya sebatas untuk memasak ? nah berikut ini beberapa informasi terkait pemanfaatan belimbingwuluh.

7 Manfaat Luar Biasa Bayam Duri Bagi Kesehatan




Manfaat dan Khasiat Bayam Duri
Tanaman yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi kita, pasalnya bayam duri ini kerap kali tumbuh liar di pekarangan rumah. Malah terkadang dianggap sebagai gulma seperti halnya rumput. Bahkan bagi admin sendiri tanaman bayam berduri ini admin anggap sebagai pengganggu, karena tidak bisa dimanfaatkan. Malah terkadang admin pikir tanaman tersebut merupakan tanaman bayam beracun.. hihihi.. tapi setelah membaca beberapa artikel ternyata bayam buri ini sangat bermanfaat dan bukan merupakan tanaman beracun. Lalu kira-kira apa saja ya manfaat dari bayam duri ini ? berikut ini beberapa informasi terkait bayam duri :

9 Manfaat dan Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan




Khasiat Menakjubkan Jahe Merah Bagi Kesehatan
Jahe pada umumnya dimanfaatkan manusia sebagai bahan rempah untuk bumbu masak atau minuman khas yaitu bandrek. Rasa pedas pada jahe sangat ampuh untuk menghangatkan badan. Dan biasanya minuman jahe ini digunakan ketika seseorang sedang meriang atau masuk angin. Jahe memang sejak dari dulu sudah banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai macam hal, termasuk juga untuk bumbu masak, aroma dan cita rasa yang khas dari jahe mampu menciptakan keunikan rasa pada makanan. Sejauh ini kita hanya mengetahui jahe yang berwarna dalam putih agak kekuningan. Karena memang jahe jenis ini yang banyak dijual di pasaran. Tapi tahukah anda bahwa ada jenis jahe yang berbeda, yaitu jahe yang berwarna merah. Walaupun jika diperhatikan jahe merah mirip sekali dengan lengkuas (menurut admin sih) karena warnanya yang hampir mirip. Tapi konon jahe ini sudah sejak dari dulu di manfaatkan sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan. Ingin tahu lebih banyak tentang jahe merah ini ? yuk kita simak informasinya di bawah ini :

9 Manfaat dan Khasiat Bawang Hitam Bagi Kesehatan




Manfaat Luar Biasa Bawang Hitam Bagi Kesehatan
Sebelumnya admin telah memposting tentang manfaat bawang putih dan bawang merah. Yang bisa anda baca disini Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan dan Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan. Tapi tahukah anda ternyata ada satu bawang yang jarang sekali dibahas oleh banyak orang atau bahkan hampir tidak pernah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dan tahukan anda bawang apakah itu ? dan ternyata ada loh yang namanya bawang hitam. Bukan hanya sekedar namanya yang hitam, ternyata bawang ini benar-benar berwarna hitam. Walaupun sebenarnya bawang hitam bukanlah jenis bawang tertentu, melainkan bawang putih yang difermentasi. Akan tetapi seperti halnya bawang putih dan bawang merah, bawang hitam juga memilki banyak manfaat loh bagi kesehatan kita. Berikut ini sekilas tentang bawang hitam serta manfaatnya bagi kesehatan.

Tak Sejahat Dalam Cerita, Ternyata Bawang Merah Punya Banyak Manfaat




Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan
Pada postingan sebelumnya admin sudah membahas tentang manfaat bawang putih bagi kesehatan. Bagi yang belum baca, bisa baca di sini Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan. Nah pada postingan kali ini admin akan membahas pasangan dari si bawang putih yaitu bawang merah. Tidak seperti halnya pada cerita fiksi yang ada di sinetron-sinetron tentang bawang putih dan bawang merah dimana bawang putih berkarakter baik sedangkan bawang merah berkarakter jahat. Tapi itu kan hanya cerita, karena realitanya bawang merah justru memiliki manfaat yang banyak bagi manusia seperti halnya bawang putih yang telah admin bahas. Jadi seperti hanyalnya bawang putih, bawang merah juga banyak kita ketahui hanya sebatas bumbu masak saja. Padahal bawang merah juga memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Berikut ini manfaat bawang merah bagi kesehatan :

Jangan Anggap Remeh Bawang Putih ! Berikut ini Manfaat Luar Biasa Bawang Putih




Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan
Selama ini kita hanya mengetaui bawang putih sebagai bumbu dapur yang digunakan sebagai bahan masak. Bawang putih hampir selalu digunakan setiap masakan, baik masakan tumis, santan, sambal, rebus bahkan untuk bumbu bakar. Selain memiliki aroma dan cita rasa khusus, bawang putih juga kerap kali digunakan untuk penghilang bau amis pada ikan dan ayam. Tapi tahukah anda bahwa bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masak saja, melainkan bermanfaat juga bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat bawang putih yang sangat luar biasa :

Pare, Si Pahit Kaya Manfaat




Berawal dari ketidaksengajaan admin menonton video dj Katty di Instagram yang  demen banget makan lalapan mentah dari daun-daunan, pete, pare mentah bahkan sampai makan lidah buaya mentah-mentah. Videonya sendiri banyak viral di media sosial. Ni dj kalo udah makan lahap banyak sampe yang nonton jadi ikutan ngiler “keliatan enak” tapi giliran di coba sendiri ga bisa ketelen karena memang pahit banget makan pare mentah. Hahaha.. dari video inilah admin jadi penasaran akan khasiat dari si pare yang pahit ini. Sebab dj katty yang sering makan pare mentah terlihat segar dan sehat. Karena mungkin didukung dengan gaya hidup dan makan sehat dari dj ketty itu sendiri. Nah.. langsung saja yuk kita bahas mengenai si pahit pare ini..

Mensyukuri Hidup Menambah Nikmat



Di penghujung pendidikan S2 ini kepenatan tentu semakin menjadi. Karena memang kurang lebih tinggal 1 bulan lagi saya aktif kuliah di kampus. Sebab selepas itu saya akan lebih banyak mengahabiskan waktu diluar kampus untuk fokus kepada penelitian. Selama satu bulan kedepan akan banyak tugas dan PR yang harus segara diselasikan. Hal inilah yang membuat bulan ini menjadi bulan-bulan yang sangat menjenuhkan. Saat-saat seperti ini penting sekali memanajemen mood agar tetap bisa fighting dengan tugas yang luar biasa banyak dan di buru-buru deadline. Untuk itu siang sini saya sengaja untuk mengerjakan tugas di luar kampus untuk mencari suasana yang dapat mengembalikan mood saya. 

Benarkah Mandi Malam Hari Bisa Sebabkan Rematik ?



Benarkah mandi malam hari bisa sebabkan rematik ?  Hal ini kerap kali menjadi pertanyaan yang selalu terlintas dipikiran admin, sebab isu bahwa mandi malam hari yang bisa sebabkan rematik ini memang sudah banyak diketahui orang dan bukanlah hal yang baru untuk klita. Tapi di era keterbukaan informasi seperti saat ini yang semua bisa kita ketahui melalui internet, admin rasa bahwa kita perlu mengkaji dan menelusuri akan kebenaran informasi tersebut, sehingga kita tidak salah kaprah terhadap informasi yang kita peroleh. Karena ketika kita yang tidak tahu akan kebenaran sebuah informasi dan kemudian kita menyebarkan informasi itu sama halnya kita membantu menyebar luaskan kebohongan. Atau bahasa kerennya saat ini ialah Hoax. Nah agar kita tidak salah kaprah terkait mandi malam hari ini, yuk kita bahas informasinya yang telah admin rangkum dari berbagai sumber :

Bahaya Penggunaan AC Bagi Kesehatan



Dampak Negatif Penggunaan AC (Air Conditioner)  -
Modernisasi yang terjadi saat ini telah mengubah gaya hidup banyak orang. Saat ini manusia tidak bisa lepas dari namanya teknologi. Memang tidak bisa di pungkiri bahwa teknologi telah banyak memberikan manfaat kepada manusia utamanya dalam membantu dan memudahkan tugas-tugas manusia. Akan tetapi perlu diwaspadai juga bahwa kemajuan teknologi juga memberikan dampak negatif terhadap kehidupan. Sebagai contoh penggunaan teknologi yang memberikan manfaat dan bahaya yaitu AC (Air Conditioner). Bagi kita yang hidup di kota metropolitan yang hampir sebagian besar waktu dihabisakan di dalam ruangan, tentu kehadiran AC akan sangat menolong terutama ketika aktifitas didalam ruangan sangat padat dan ramai, ditambah lagi didaerah perkotaan yang tingkat industrinya sangat maju membuat tingkat polusi didaerah perkotaan pun menjadi tinggi, dimana polusi yang dihasilkan oleh industri-industri tersebut membuat efek rumah kaca yang membuat daerah di kota menjadi lebih panas di bandingkan dengan daerah pedesaan yang tingkat polusinya lebih rendah. Nah karena panasnya lingkungan di daerah perkotaan mengakibatkan mereka yang hidup dikota seperti kecanduan dengan penggunaan AC dan sulit dipisahkan dengan namanya AC. Bahkan yang lebih mengherankan lagi, anak-anak jaman sekarang itu tidak bisa tidur jika AC di kamarnya tidak dinyalakan.

Tips Menanam dan Merawat Tanaman Cabai Agar Berbuah Lebat



Cara Menanam Cabe Agar Berbuah Lebat -
Sebenarnya kalau menurut admin tanaman cabai merupakan jenis tanaman yang tidak membutuhkan perawatan khusus untuk bisa tumbuh dan berbuah, malah kerap kali bisa tumbuh dengan mudah di pekarangan rumah. Biasanya admin hanya cukup menyebarkan biji cabai di pekarangan rumah. Dan tanpa perawatan khusus tanaman cabai bisa tumbuh dan berbuah. Akan tetapi mungkin sedikit berbeda jika tanaman cabai di tanam dalam skala besar, sebab jika di tanam dengan jumlah besar tentu untuk pengendalian hamanya akan jauh lebih sulit sehingga terkadang banyak panen yang gagal yang diakibatkan hamadan penyakit. Sehingga untuk bertani tanaman cabai dalam lahan yang luas dibutuhkan trik dan perawatan yang lebih dibandingkan dengan menanamnya di pekarangan rumah. Nah lalu bagaimana cara agar tanaman cabai anda bisa tumbuh dan berbuah lebat ? berikut ini tips dan triknya yang telah admin rangkum dari berbagai sumber.

Tips Menanam dan Merawat Tanaman Tomat Agar Berbuah Lebat




Cara Menanam dan Merawat Tomat Supaya Berbuah Lebat -
Sebenarnya admin bukanlah orang yang expert di bidang pertanian, atau sebenarnya admin juga belum pernah bertani untuk skala lahan yang luas, tapi dari dulu admin sudah hobi bercocok tanam di pekarangan rumah, khususnya untuk tanaman cabai, tomat, Ubi Jalar, Singkong, dan tanaman rempah seperti jahe, lengkuas, kencur, dan kunyit. Entah kenapa dari masih kecil admin sudah hobi dengan dunia pertanian. Tapi yang jelas admin akan merasa senang ketika apa yang admin tanam dan rawat bisa tumbuh dan bisa menghasilkan sesuatu. Dan jika melihat tanaman yang hijau dan tumbuh sehat juga bisa memberikan kesenangan tersendiri. Nah berbicara tentang tips menanam dan merawat tanaman tomat agar tumbuh sehat dan bisa berbuah lebat, berikut ini trik yang admin dapat dan kombinasikan dari berbagai sumber.

Kandungan Gizi dan Manfaat Belut Bagi Kesehatan


Belut, hewan yang biasa hidup di daerah air yang berlumpur ini kadang membuat admin jadi merasa agak geli melihatnya, malah bagi sebagian orang ada yang sangat takut dengan bentukbelut yang mirip sekali dengan ular. Apalagi jika dipegang.. haduh bisa makin geli.. hehehe.. tapi sebenarnya untuk soal rasa, si belut ini masih megang loh sobat.. rasanya enak dan gurih namun agak alot. Dan banyak orang yang bilang kalau belut sangat baik sebagai makanan penambah darah.. apakah benar demikian ? dan tahukah sobat pembaca, bahwa belut kini juga sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang gurih malah kini belut juga diolah menjadi camilan yang bisa djadikan oleh-oleh. Walaupun menurut admin harga untuk belut ini lumayan agak mahal di bandingkan dengan ikan biasa dan belut juga lumayan sulit dicari, ketimbang ikan air tawar dan ikan laut. Tapi berbicara tentang belut, sebenarnya kandungan gizi apa yang terdapat di dalam daging belut sehingga baik untuk menambah darah. Nah untuk lebih jelasnya berikut informasi yang berhasil admin rangkum dari berbagai sumber.

Penyebab, Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Ketiak


Ketiak merupakan bagian tubuh yang sangat rawan menimbulkan bau.. bisa di bilang dari beberapa bagian tubuh yang sangat beresiko menimbulkan bau, ialah ketiak. Walaupun sebenarnya beberapa bagian tubuh lain juga berpotensi menimbulkan bau seperti mulut, kaki, dan badan. Namun ketiaklah yang menjadi nomor satu untuk urusan menimbulkan bau.. menurut admin sih, hehehe.. utamanya untuk anda yang memiliki bulu ketiak yang lebat, pasti lebih berpontensi menimbulkan bau ketimbang yang tidak berbulu. Mengapa ya kok bisa menimbulkan bau tak sedap ? apakah keringat yang menyebabkan hal tersebut ? memang bisa dibilang keringat selalu menjadi biang kerok penyebabnya.. walaupun sebenarnya bukan keringat yang menjadi faktor satu-satunya. Umumnya yang menjadi aktor utama penyebab bau ialah bakteri. Walaupun banyak juga yang mengaitkannya dengan masalah makanan yang kita konsumsi. Nah dari pada menjadi abu – abu atau ga jelas, mari kita simak informasi di bawah ini seputar fakta mengenai bauketiak.

Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung



Berbicara mengenai kesehatan, kira-kira masalah kesehatan apa yang paling menggangu sobat pembaca disini ? tentu jawaban akan sangat beragam. Mungkin ada yang miliki masalah kesehatan ringan, berat, sampai akut. Karena begitulah kita, walaupun terkadang tampak luar sangat sehat padahal sebenarnya memiliki masalah kesehatan juga. Hal ini juga yang admin alami. Bertambahnya usia dan aktifitas sangat berdampak pada masalah kesehatan admin. Apalagi ditambah dengan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat menambah masalah kesehatan. Jadi mulai dari kurang lebih 6 tahun yang lalu admin sering sekali bermasalah dengan namanya lambung. Walaupun admin belum pernah secara spesifik memeriksakan diri ke dokter, tapi dari gejala dan tanda-tandanya besar kemungkinan admin memiliki asam lambung yang tinggi. Sebab saat pagi hari admin akan sering mengalami mual, perut melilit dan perih, dan perut kerap kali kembung. Seakan – akan perut memproduksi gas yang berlebih. Awalnya admin tidak begitu terganggu dengan perut yang kerap kali kembung, tapi karena hal tersebut hampir sering terjadi akhirnya hal tersebut menjadi hal yang mengganggu juga. Akhirnya admin mencoba mencari informasi di internet terkait penyebab dan cara mengatasi perut yang sering kembung dan kemudian admin praktekkan. Setelah admin mempraktekkan hal tersebut, kini admin jarang mengalami masalah lambung lagi, khususnya perut yang sering kembung. Nah, bagi anda yang mengalami hal yang sama dengan dengan admin, berikut beberapa tips yang mungkin bisa anda coba di rumah :

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Ikan Asin Bagi Kesehatan



Pernahkah sobat pembaca bertanya-tanya ? mengapa ikan itu banyak diasinkan ? padahal bukankah ikan segar itu lebih enak untuk dikonsumsi. Pasti banyak dari sobat pembaca akan menjawab “agar ikan lebih awet” mungkin hal ini benar, sebab dengan mengasinkan ikan, ikan akan lebih tahan lama. Namun selain itu adakah alasan lain kenapa ikan diasinkan ? mungkin akan ada juga yang menjawab “untuk menambah cita rasa”. Yups hal ini mungkin ada benarnya juga, bagi sebagain orang sangat menyukai ikan asin, sebab dengan diasinkan akan menambah cita rasa yang berbeda dengan ikan segar. Sebenarnya admin juga suka dengan ikan asin khususnya ikan asin rebus yang rasanya tidak begitu asin, tapi jika dibandingkan ikan segar, admin akan lebih menyukai masakan dari bahan dasar ikan segar. Sebab selain pada rasa, admin juga agak ragu dan waswas ketika akan mengkonsumsi ikan asin. Hal ini dikarenakan banyak para pengolah ikan asin menambahkan pengawet berbahaya pada ikan asin tersebut.

Namun admin jadi penasaran, apakah jika ditinjau dari manfaatnya bagi kesehatan pengolahan ikan segar menjadi ikan asin bisa meningkatkan nilai manfaatnya terhadap kesehatan atau kah justru bisa mengurangi nilai gizi dari ikan segar itu sendiri ? Hal ini menjadi sangat penting diketahui, karena dengan kita mengetahuinya kita akan lebih bijak dalam mengkonsumsinya. Sehingga kita akan bisa memprioritaskan untuk mengkonsumsi ikan asin atau ikan segar. Berikut ini pembahasan terkait ikan asin :

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Ikan Lele Bagi Kesehatan



Berawal dari informasi yang admin baca dari berbagai blog terkait ikan lele, admin jadi tertarik untuk membahas si ikan lele. Sebab dari beberapa blog memposting tentang manfaat mengkonsumsi ikan lele namun sebagian lagi justru memposting tentang bahaya mengkonsumsi ikan lele. Kenapa ini penting untuk di bahas, sebab seperti yang kita ketahui bahwa ikan lele merupakan jenis ikan yang paling banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ini disebabkan karena ikan lele sendiri merupakan jenis ikan konsumsi yang termasuk ekomonis yang dapat dibeli oleh kalangan menengah kebawah. Selain itu ikan lele memang sangat mudah didapatkan baik dalam kondisi masih mentah maupun dalam bentuk masakan atau olahannya. Bisa kita lihat dari banyaknya pedagang pecel lele dan rumah makan seperti rumah makan padang yang juga menyediakan menu ikan lele.

Tingginya konsumsi ikan lele di Indonesia menjadi fenomena yang menarik, sehingga dari itu kita perlu mengkaji sejauh mana dampak positif dan negatif dari si ikan lele. Dengan kita mengetahui apa manfaat dan bahaya dari si ikan lele kita lebih bijak lagi dalam mengkonsumsinya. Sehingga jangan sampai kita mengkonsumsinya karna hanya harganya murah tapi karena adanya pertimbangan lain terkait si ikan lele. Nah berikut ini admin akan mengulas mengenai apa manfaat dan bahaya mengkonsumsi ikan lele yang perlu kita ketahui :

Manfaat Makanan Fermentasi Bagi Kesehatan



Membahas mengenai makanan fermentasi yang sebelumnya sudah admin bahas pada postingan sebelumnya yaitu Kimchi, bagi yang belum baca bisa klik disini 7 Manfaatdan Khasiat Kimchi Bagi Kesehatan. Nah dari pembahasan sebelumnya sepertinya sangat menarik jika kita bahas mengenai makanan fermentasi ini secara mendalam, kenapa menjadi sangat menarik, sebab seperti yang kita ketahui bahwa sebenarnya kimchi sendiri itu merupakan fermentasi dari sayuran sawi atau lobak yang sebenarnya kandungan gizinya tidak jauh dari sayuran lain. Akan tetapi setelah melalui proses fermentasi, si sawi dan lobak ini di nobatkan menjadi makanan tersehat didunia. Ini berarti bahwa proses fermentasi memiliki peran penting didalam dunia kesehatan. Karena tidak hanya sawi dan lobak saja yang di fermentasi, Kedelai (Tempe), Durian (Tempoyak), Ketan (Tape) dan Susu (Yogurt) pun bisa di fermentasi dan hasilnya ternyata memiliki manfaat yang sangat tinggi terhadap kesehatan. Jadi apa yang sebenarnya terjadi di dalam proses fermentasi tersebut sehingga bisa menghasilkan makanan yang sehat. Untuk itu mari kita simak info mengenai apa itu fermentasi dan manfaat apa saja dari makanan berfermentasi :

7 Manfaat dan Khasiat Kimchi Bagi Kesehatan


Mungkin sebagian besar sobat pembaca disini belum banyak yang tahu tentang makanan yang bernama kimchi ini. Sebab memeng kimchi bukanlah makanan khas Indonesia melainkan makanan yang berasal dari negeri gingseng yaitu korea. Kenapa admin tertarik untuk makanan yang satu ini karena ternyata banyak diberitakaan di berbagai media bahwa kimci ini merupakanan makanan fermentasi tersehat di dunia. Untuk gambaran bagi yang belum tahu apa itu kimchi, jadi kimchi merupakan sayuran fermentasi yang bisa berasal dari sawi atau lobak dengan ditambahkan beberapa bumbu seperti lada, bawang, dan lain-lain. Awalnya admin penasaran dengan rasa dari kimchi ini, akhirnya admin mencoba pergi ke restoran khas korea yang menyediakan kimchi, dan tara… setelah admin mencoba masak dari kimchi rasanya benar-benar tidak nyaman di lidah. Rasa asam atau kecut sangat dominan dimasakan ini mungkin hal tersebut efek dari fermentasi atau memang lidah admin memang lidah nusantara yang tidak terbiasa dengan masakan luar.

Sebenarnya di Indoensia sendiri banyak sekali kuliner yang berasal dari olahan makanan yang difermentasi seperti tempoyak yang di fermentasi dari daging buah durian ada juga ikan yang di fermentasi dengan dimasukan kedalam toples tertutup yang diberi garam. Dulu ketika admin pertama kali mencoba makan tempoyak sepertihalnya admin makan si kimchi ini, rasanya benar-benar tidak nyaman di lidah, namun lama kelamaan admin sekarang sangat doyan dengan namanya sambal tempoyak, bahkan kalau ada sambel tempoyak makan admin sangat lahap bahkan tidak sungkan untuk nambah lagi. Dan mungkin bisa berlaku dengan si kimchi ini, ketika kita sudah terbiasa memakanannya mungkin bakal ketagihan juga seperti makan tempoyak. Sebab di negeri asalnya, kimchi sangat digemari oleh masyarakat korea bahkan menjadi menu wajib yang harus ada dihidangan makan mereka.

Berbicara mengenai manfaat si kimchi ini tentu pasti banyak manfaatnya bagi kesehatan, sebab kalau tidak ada manfaat tentu tidak akan dinobatkan sebagai makanan tersehat didunia. Lalu apa sajakah manfaat dari si kimchi ini ? yuk simak infonya di bawah ini :