Cara Mudah Membuat Puisi

Trik dan Tips Menulis Puisi Yang Baik dan Benar

Hallo semua…
Bagaimana kabar kalian? Semoga sama seperti mimin ya yang sehat selalu tanpa kurang dari satu apapun, amin. Oh iya teman, apakah kalian pernah menulis puisi? Mungkin sebagian besar dari kalian sudah pernah membuatnya bukan? Biasanya sih karena tugas sekolah khususnya pelajaran Bahasa Indonesia atau mungkin iseng-iseng buat sendiri buat si Doi, Hehe. Bagi Sebagian orang menyatakan bahwa menulis puisi itu sulit lho, padahal sebenarnya mudah-mudah saja asalkan kita mengetahui tata cara membuat puisi yang baik dan benar. 

Nah kawan, pada dasarnya puisi yang menarik dan indah itu adalah puisi yang mudah dipahami sehingga pesan yang terkandung dalam puisi tersebut sampai kepada si pembaca. Untuk itu, mari kita pelajari cara menulis puisi yang baik dan benar.


1. Menentukan Tema dan Judul Puisi
Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menentukan tema puisi sebagai acuan penulisan. Kemudian menentukan judul yang relevan dengan temanya. Contoh : Temanya Keheningan dengan judul Hening.

2. Menentukan Kata Kunci
Setelah menemukan tema dan judul, langkah kedua yaitu menentukan kata kunci. Misalnya dari tema puisi Keheningan, maka kita dapat menggunakan Hening sebagai kata kuncinya dankemudian dikembangkan dalam sebuah kalimat.

3. Menggunakan Gaya Bahasa
Dalam menulis puisi hendaknya kita menggunakan gaya bahasa agar menarik untuk dibaca. Salah satunya menggunkan kata kiasan atau majas. Misalnya menggunakan majas hiperbola untuk mengungkapkan pujian terhadap sesuatu hal.

4. Mengembangkan Puisi
Setelah melalui langkah-langkah diatas, sampailah kita pada pengembangan. Menyusun kata-kata menjadi kalimat. Meyusun kalimat menjadi larik-larik puisi yang akhirnya menjadi bait-bait yang indah. Kembangkanlah menjadi puisi yang utuh dan memiliki makna yang besar.

Hal lain yang perlu diingat adalah tulisan yang kamu buat harus ringkas, padat dan indah. Untuk itu penting dalam memilih kata-kata yang sesuai untuk mewakili unsure keindahan dan makna yang padat dalam puisi tersebut.

Baiklah, itu saja cara menulis puisi yang dapat mimin sajikan. Semoga bermanfaat yaa dan selamat mencoba.





0 komentar: