Kandungan Gizi Tempe dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

5
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,

Kandungan Gizi dan Manfaat Tempe Bagi Kesehatan - 
Tahukah anda bahwa tempe merupakan makanan warisan nenek moyang indonesia ? tidak seperti halnya keju dan mie yang merupakan makanan yang berasal dari eropa dan cina, tempe merupakan makanan yang memang asli penemuan bangsa indonesia. Dan kita patut bangga, karena tempe kini telah mendunia  mulai dari eropa , asia bahkan sampai ke Amerika. Selain itu tempe juga sering dijadikan makanan pengganti daging karena nilai gizinya yang sangat tinggi,  tidak kalah dengan keju, tempe juga memiliki nilai gizi yang tinggi dan sangat baik bagi kesehatan. Wah wah wah, tambah cinta saja dengan negeri tercinta ini ( hehehe ). Indonesia juga kini menjadi produsen tempe terbesar di dunia. Walaupun awalnya tempe merupakan makanan kelas bawah namun seiring perkembangan zaman, kini tempe menjadi makanan yang berkelas dan mungkin menjadi makanan atau lauk wajib di rumah anda. Tempe juga bisa dijadikan berbagai olahan makanan, mulai dari tempe goreng, sambel tempe,  tempe bacem, peyek tempe, campuran untuk berbagai masakan, hingga bisa dijadikan steak tempe


Kandungan Gizi Tempe

Secara umum, tempe mengandung berbagai senyawa aktif antara lain sejumlah lemak, berbagai mineral baik itu makro maupun mikro, protein nabati, serat pangan alami, karbohidrat, isoflavon, beragam vitamin mulai yang larut dalam air sampai yang larut dalam minyak dan masih banyak lagi lainnya.

Asam lemak pada tempe digolongkan ke dalam kelompok Polyunsaturated Fatty Acids atau PUFA. Asam jenis ini merupakan asam lematk tidak jenuh majemuk yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Asam lemak tak jenuh ini diperoleh dari proses fermentasi tempe. Asam tersebut adalah oleat dan linolenat. Kedua asam ini bekerja efektif dalam menurunkan kolesterol serum dalam darah sehingga dampak negatif sterol bisa ditangkal.

Sementara itu kandungan gizi tempe juga diperkaya dengan vitamin B kompleks yang terdiri dari B12 atau sianokobalamin, B1 atau tiamin, B2 atau riboflavin, B6 atau piridoksin dan lain-lain. Yang unik, kadnungan vitamin B12 tempe sangat tinggi dan mampu mencukupi kebutuhan vitamin tubuh. Selain vitamin B kompleks, pada dasarnya tempe juga kaya akan vitamin A, D, E dan juga K. Selain vitamin dan asam lemak, tempe juga diperkaya dengan mineral antara lain kalsium, Fe atau zat besi, mangan, zink, fosfor, inositol, magnesium dan lain-lain. Hal lain yang penting dari tempe adalah keberadaan zat anti-oksidan yang populer disebut isoflavon. Zat ini sangat ajaib sebab mampu melawan pengaruh radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

  • Mampu menyembuhkan diare.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh kita.
  • Merupakan salah satu makanan antikanker.
  • Mampu mencegah osteoporosis.
  • Mencegah anemia.
  • Kaya antioksidan alami yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Kaya akan serat yang mampu melancarkan pencernaan.
  • Mampu mencegah timbulnya hipertensi.
  • Mencegah penyakit jantung.
  • Dan Masih banyak lagi manfaatnya bagi kesehatan.

Cara Membuat Tempe

Alat :
1. Dandang
2. Sotel kayu
3. Kompor
4. Kipas Angin atau Kipas kayu
5. Saringan
6. Baskom
7. Tampah

Bahan :
1. Kacang kedelai dengan kualitas yang bagus.
2. Ragi tempe atau anda bisa menggunakan bibit murni Rhizopus sp.
3. Kantong plastik, daun jati atau daun pisang untuk membungkus tempe.

Cara Pembuatan :
  1. Cuci hingga bersih alat-alat yang akan di gunakan seperti tampah, saringan, sotel dan lain-lain kemudian keringkan terlebih dahulu.
  2. Cuci sampai bersih kacang kedelai dan pisahkan dari bahan-bahan lain yang tercampur dengan kedelai tersebut.
  3. Rendam kacang kedelai tersebut kurang lebih 12-17 jam dengan air yang bersih.
  4. Pisahkan kedelai dengan kulinnya lalu cuci lagi kedelai tersebut
  5. Masak ata rebus kedelai tersebut sampai benar-benar empuk.
  6. Kemudian setelah kedelai menjadi empuk, pindahkan pada tampah dan gunakan kipas untuk menurunkan suhu kedelai tersebut.
  7. Setelah kedelai tersebut menjadi hangat, anda bisa menaburkan ragi tempe sedikit-sedikit sambil diaduk agar merata. Untuk 2 kg kedelai anda bisa menggunakan ragi 1,5 gram.
  8. Siapkan pembungkus yang anda siapkan seperti kantong plastik atau daun pisang untuk membungkus kedelai. Bila anda membungkusnya menggunakan kantong plastik maka berilah lubang kecil pada plastik tersebut.
  9. Masukkan kedelainya lalu tutup dan biarkan sampai 2 hari.

Semoga bermanfaat..








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

5 komentar:

dwi kurniawan

gan kalo boleh tanya fermentasi tempe bisa dipercepat atau tidak ? dari Dwi K

Tarumpah.com, Kerajinan Tasik

Tempe adalah makanan sehari hari orang Indonesia ,thanks infonya.

Sukalagu

Saya berjanji akan makan tempe terus - menerus.. he2

mustamiiyatun nashiroh

mau tanya ... katanya makan tempe bisa bikin pinter ??? benarkah ???

ARTHUR ABDILLAH

Mau Pintar Ya Belajar ...

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.