Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Nangka Bagi Kesehatan

Diposkan oleh Adi Wijaya , in


Buah yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi bagi anda. Nangka (Artocarpus heterophyllus) merupakan buah yang memiliki daging buah berwarna kuning dan memilki rasa manis dan aroma yang  khas. Ternyata buah nangka juga bisa dimanfaatkan untuk bahan baku masakan yang sering kita jumpai di rumah makan / restoran padang dan menjadi menu andalan selain rendang. Buah Nangka konon berasal dari india. Di dalam bagian daging buah nangka terdapat biji  yang mirip dengan chestnut. Biji nangka juga dapat dikonsumsi seperti dipanggang atau direbus. Di negara-negara lain biji nangka dapat juga dibeli beku, kering atau kalengan.  Buah ini banyak kandungan seratnya yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung, selain itu Buah nangka mepunyai zat tepung dan kaya dengan vitamin A, thiamin, Kalsium, Riboflavin, Zat besi. Nangka juga banyak mengandung vitamin C. Nutrisi yang satu ini mampu melindungi tubuh dari infeksi bakteri serta memperkuat immune tubuh. Menjaga agar sel darah putih tetap stabil jumlahnya. Ternyata selain enak juga mantap ya kandungan si jackfruit ini.

Klasifikasi Nangka

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Urticales
Famili: Moraceae (suku nangka-nangkaan)
Genus: Artocarpus
Spesies: Artocarpus heterophyllus

Nahh,. Biar lebih jelas berikut kandungan nutrisi buah jackfruit ini:


Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Nangka

  • Low cholesterol
    Buah ini juga mengandung kolesterol yang rendah, jadi aman untuk diet serta mencegah penyakit jantung. Anda tak perlu khawatir saat memasukkannya dalam list menu diet.
  • Fitonutrisi
    Nutrisi yang satu ini ampuh untuk melawan kanker. Di mana nangka mengandung fitonutrisi bernama lignans, isoflavon dan saponin, yang berfungsi sebagai anti kanker dan anti aging.
  • Serat
    Serat sangat penting untuk membantu memperlancar pencernaan, serta membersihkan usus.
  • Vitamin C
    Sapa yang bilang kalau jeruk aja yang kaya vitamin C ???  Nangka juga kaya kandungan vitamin C juga lho... Nutrisi yang satu ini mampu melindungi tubuh dari infeksi bakteri serta memperkuat immune tubuh. Menjaga agar sel darah putih tetap stabil jumlahnya.
  • Vitamin A
    Kandungan vitamin A dalam nangka dapat membantu memperbaiki penglihatan serta meningkatkan kualitas rambut dan kulit yang lebih baik.
  • Potassium
    Kandungan potassium membantu menyeimbangkan tekanan darah.
  • Magnesium
    Nutrisi yang satu ini fungsinya untuk menguatkan tulang dan memberi asupan makanan pada tulang. Magnesium sendiri membantu penyerapan kalsium secara maksimal sehingga tulang tidak mudah keropos.

Khasiat dari Kandungan Nangka


  • Nangka bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Buah ini mengandung vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Nangka juga mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.
  • Kalium dalam nangka efektif dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah.
  • Salah satu manfaat kesehatan dari nangka adalah melindungi tiroid sehat. Mineral mikro dan tembaga dalam nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik untuk memproduksi hormon dan penyerapan.
  • Kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  • Dengan phyto-nutrisi dan vitamin C, nangka memiliki sifat anti kanker dan anti-penuaan. Nutrisi ini bisa menjauhkan Anda dari bahaya kanker dan memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif.
  • Manfaat kesehatan dari nangka untuk tulang. Buah ini baik untuk anak-anak muda dalammenjaga kesehatan tulang. Nangka kaya akan magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis.
  • Manfaat gizi dari nangka adalah sumber makanana yang kaya akan vitamin C dan A. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi bakteri dan virus.
  • Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi. Nangka dapat meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

 






Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

Queenara Putri

banyak juga ya manfaatnya..kebetulan saya sangat suka dengan buah ini

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.