Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama

3
Diposkan oleh Adi Wijaya , in



Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama -
Motor merupakan kendaraan yang utama saat ini. karena untuk menghindari kemacetan motorlah yang menjadi pilihan yang tepat untuk mengerjar waktu. Namun  terkadang kita lupa untuk melihat kondisi kendaraan kita. Padahal hampir setiap hari kendaraan yang satu ini kita pacu untuk melawan waktu hal ini menyebabkan rantai cepat kering.Tahukah Anda bagaimana cara merawat rantai dengan baik dan benar...? rantai merupakan bagian penting pada motor karena rantai merupakan penghubung yang digunakan untuk memindahkan tenaga mesin ke bagian roda belakang. Bila kondisi rantai kering hal ini akan sangat mempengaruhi kinerjarantai dalam setiap putaran tak jarang hal tersebut dapat menyebabkan rantai putus mendadak dan hal tesebut sangat membahayakan pengendaranya. Untuk itu saya memiliki beberapa  tips untuk merawat  rantai motor agar selalu dalam kondisi prima.

Tips Merawat Rantai Motor

Penggunaan pelumas yang benar sangat disarankan untuk kenyamanan berkendara motor dan keamanan rantai. Gunakan pelumas yang dikhususkan untuk rantai motor. Tujuannya selain untuk mereduksi keausan rantai dan gir karena adanya gesekan, juga pemberian pelumas dapat membuat umur rantai lebih lama. Bersihkan rantai dari debu dan kotoran. Umumnya debu dan kotoran melekat pada rantai akibat penggunaan pelumas yang salah. Oli bekas tidak disarankan untuk digunakan pada rantai karena mengundang debu dan kotoran. Hal ini yang mempercepat keausan atau rusak pada gir atau rantai dan berpengaruh terhadap kekuatan rantai motor yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet

Alat & Bahan-bahanya:

  • Bensin / minyak tanah / chain cleaner / engine conditioner
  • Lebih baik menggunaiakn chain cleaner selan dari itu mesti hati-hati seperti bensin / minyak tanah pada rantai yang menggunakan O-Ring dapat menyebabkan O-Ring tersebut melar
  • Sabun colek
  • Sikat gigi
  • Kuas cat/ lukis
  • Wadah (baskom dengan wadah sewajarnya)

Tutorialnya:


  • Tuangkan bensin / minyak tanah ke dalam wadah secukupnya lalu dengan menggunakan sikat gigi kita sikat rantainya seperti kita sedang sikat gigi. Jika menggunakan chain cleaner / engine conditioner bisa langsung semprot di rantainya tentunya sambil di sikat-sikat biar kotorannya rontok.
  • Untuk di bagian gir depan biasanya crankcasenya juga pekat nah jika menggunakan sikat gigi dirasa sulit untuk mengjangkau bagian yang terselip maka gunakan kuas cat atau  kuas lukis.
  • Biasanya saat kita melakukan tahap perontokkan kotoran tentu akan mengenai ke velg/teromol/jari-jari jadi sedikit tips sebelum masuk ke tahap ini si roda perlu kita berikan lapisan sambun colek (tanpa air) menggunakan kuas keseluruh permukaan roda.
  • Sampai disini sudah keliatan rantai jadi kembali bersih, seluruh kotorannya hilang.
  • Kalau di rasa sudah benar-benar bersih, kita lanjut ke tahap selanjutnya. Ambil sedikit sabun cream lalu oleskan pada rantainya, kalau perlu pakai tangan agar lebih merata, awas hati-hati!
  • Setelah rantai diberi sabun colek langsung kita lakukan penyikatan. Namun yang perlu diperhatikan adalah kebersihan sikat giginya. Usahakan menggunakan sikat gigi yang berbeda dari proses pembersihan di awal.
  • Sampai disini sudah selesai untuk tahap pembersihanya. Proses selanjutnya tinggal keringkan rantai . Diamkan kurang lebih sekitar 10-15 menit, agar rantai kering dengan sempurna.
  • Kalau sudah,semprotkan chainlube ke rantai. Kalau bisa diamkan semalaman agar chainlube nya bisa meresap masuk ke dalam link-link rantainya sehingga kinerja menjadi lebih baik. Berilah pelumas secukupnya, karena pelumas yang berlebihan juga membahayakan.bisa menetes ke ban dan membuat ban selip.


Oke.. sekian tipsnya semoga bermanfaat...








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

3 komentar:

Raswodotcom

terima kasih untuk info postingan blognya, apabila berminat untuk memulai usaha membuka bengkel / membutuhkan peralatan teknik, perkakas bengkel, las, safety Dll bisa hubungi kami di www.tokootomotif.com

berita motogp 2015

rantai satria fu emang cepat kendor ya gan

berita motogp 2015

cara penyampaiannya sangat mengena sekali, jadi mudah dipahami