Buah – Buahan Yang Baik Di Konsumsi Saat Bulan Puasa

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in



Buah – Buahan Yang Baik Di Konsumsi Saat Bulan Puasa -
Berpuasa memang sangat baik bagi tubuh, namun bukan berarti kita tidak memperhatikan pola makan dan asupan gizi yang kita konsumsi. Salah salah bukannya sehat  yang kita peroleh. Asupan  gizi yang baik saat puasa, semakin mempermudah kita dalam menjalankan ibadah n ini. Untuk memenuhi gizi saat menunaikan ibadah puasa, disaat berbuka dan sahur wajib mengonsumsi makanan yang bergizi seperti buah-buahan, sayuran serta minum minimal 6 kali dalam sehari.  Walau menu sederhana, yang terpenting makanan tersebut mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Saat  berpuasa bahan makanan penghasil energi utama seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein yang masuk ke tubuh kita relatif tidak sebanyak hari-hari biasa. Berikut ini beberapa buah yang baik di konsumsi sebagai asupann vitamin saat berpuasa.

Kurma

Kurma merupakan makanan paling kaya kandungan gula glukosanya. Kurma mengandung sejumlah besar gula, berkisar antara 75–87%. Sekitar  55% gula dalam kurma berbentuk glukosa, sedangkan 45% lagi membentuk fruktosa. Selain itu, kurma mengandung sejumlah protein, lemak, dan beberapa vitamin, antara lain: vitamin A, B2, B12.  Tak ketinggalan pula, kurma mengandung beberapa mineral, terutama kalsium, fosfor, potassium, sulfat, sodium, magnesium, cobalt, zinc, florin, kuningan, manganese, serta sejumlah selulosa. Dengan sangat cepat, glukosa dalam kurma yang disantap saat berbuka akan berubah menjadi fructose, lalu langsung diserap melalui sistem pencernaan untuk menyirami dahaga tubuh akan energi.  Khususnya jaringan-jaringan yang secara esensial bergantung pada pasokan tinggi energi, seperti: sel-sel otak, sel-sel saraf, sel-sel darah merah dan sel-sel tulang belakang.

Blewah

Kandungan kalium blewah sangat baik, 267 mg/100 g, natrium hanya 16 mg/100 mg. Rasio kalium-natrium 161. Makanan digolongkan sehat untuk jantung dan pem-buluh darah bila rasio kalium-na-trium minimal 51. Kalium bermanfaat mengendalikan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko serangan stroke, membersihkan karbondioksida di dalam darah, juga untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Nah, kalium yang tinggi memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu keseimbangan cairan tubuh. Blewah kaya akan gula dari mo-nosakarida, seperti sukrosa dan fruktosa, sehingga baik untuk berbuka puasa. Kandungan airnya yang sangat tinggi dapat mengatasi dehidrasi setelah tubuh 12-14 jam tidak mengonsumsi air.

Semangka

Semangka mengandung vitamin A dan C yang cukup baik. Kombinasi vitamin A dan C adalah sumber antioksidan yang baik. Antioksidan diperlukan untuk mengoksidasi kolesterol jahat LDL, sumber penyakit jantung dan stroke. Warna merah semangka menandakan tingginya likopen, salah satu komponen karotenoid. Konsumsi semangka merah lebih disarankan daripada semangka kuning. Dibandingkan antioksidan lain (khusus vitamin C dan E), likopen semangka lebih ampuh memerangi radikal bebas. Likopen mencegah kanker, terutama kanker sel epitel seperti pros-tat, paru, kolon, ovarium, payudara. Semangka juga mengandung sitrulin dan arginin,yang berperan dalam pembentukan urea di hati, sehingga meningkatkan produksi urin. Asam amino sitrulin meningkatkan produksi nitrit ok-sida, yang berperan meningkatkan kemampuan ereksi pada pria.

Pepaya

Pepaya matang  banyak mengandung be-takaroten (276 mkg/100 g), beta-cryptoxanthin (761 mkg/100g), serta lutein dan zeaksantin (75 mkg/ 100 g). Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas. Vitamin A dari 100 g pepaya matang 1.094-18.250 SI, tergantung varietasnya. Betacryptoxanthin, lutein, dan zeaksantin lebih berperan sebagai antioksidan untuk mencegah timbulnya kanker dan berbagai penyakit degeneratif. Vitamin yang menonjol adalah vitamin C (62-78 mg/100 g) dan folat (38 mikrog/100 g). Serat per 100 g buah masak 1,8 g, memperlancar proses BAB dan mencegah sembelit Satu potong pepaya ukuran 140 g menyumbang vitamin C 150 persen dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta serat 10 persen. Komposisi mineral pepaya matangsangat bagus, dominan kalium (257 mg/lOOg) dan sedikit sodium (3 mg/100 g). Rasio potasium terhadap sodium yang tinggi mencegah hipertensi. Mineral lain yang terkandung dalamjumlah luma-yan adalah kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, dan selenium.

Pisang

Komponen gizi pisang paling menonjol adalah karbohidrat, berbentuk pati atau gula. Pisang mentah mengandung karbohidrat yang tersusun atas pati. Pada buah matang, sebagian karbohidrat berubah jadi gula, sehingga rasanya manis. Kandungan energi bervariasi, antara 68-146 kkai per 100 g. Energi bersumber dari karbohidrat, kadarnya 17,2-38,2 g per 100 g. Protein dan lemak sangat rendah. Pisang mengandung vitamin A, kadarnya per 100 g bervariasi, yaitu 75 SI pada raja uli, 76 SI angleng (ampyang), 79 SI mas, 112 SI raja sereh (susu), 146 SI ambon, 618 SI lampung, dan 950 SI raja. Mineral yang menonjol pada pisang adalah kalium. Pisang ukuran sedang menyumbang 440 mg kalium. Rasio yang tinggi antara kali- um dan natrium dalam pisang sangat menguntungkan untuk pengobatan tekanan darah tinggi dan mendukung proses relaksasi otot

Mangga

Selain air, karbohidrat, dan serat, mangga juga mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, macam-macam asam, tanin, zat warna, dan zat volatil. Zat volatil inilah yang memberikan aroma harum khas pada buah mangga.Karbohidrat daging buah mangga terdiri atas gula sederhana (sukrosa, glukosa, fruktosa), pati, dan selulosa. Gula berperan dalam memberikan rasa manis dan penghasil energi yang dapat segera digunakan oleh tubuh.Kadar pati mangga masak lebih sedikit daripada mangga mentah karena telah banyak diubah menjadi gula. Serat panganjadi bagian dari karbohidrat terutama selulosa dan pektin.Mangga mengandung vitamin A, C, dan B kompleks, terutama BI, B2, B3, dan B6. Mangga mengandung mineral kalsium, besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Empat mineral terakhir ini juga berperan sebagai antioksidan. Keuntungan lain, rasio antara Na dan K rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.