Cara Mengatasi dan Mengobati Sakit Gigi Secara Alami



Hayoo.. kalo disuruh milih,, pilih sakit hati apa sakit gigi ? kalau ditanya seperti itu pasti jawabannya nggak kedua - duanya... iya kan ? hehehe.. karna dua - duanya sama - sama ga enak sobat.. sama – sama nyakitin.. ckkkk... maklum udah ngerasain dua – duanya... curhat ne ceritanya,, hehehe.. tapi emang benerkan ? Nah kali ini kita akan mencoba membahas mengenai si sakit gigi ini sobat.. Dan kita tidak akan membahas masalah si kati hati... karena obatnya susah dan berbeda penyelesaiannya untuk setiap orang...

Gigi memang terlihat seperti bagian tubuh yang sepele alias tidak begitu vital ketimbang organ tubuh lain seperti jantung dan otak.. tapi gigi memiliki peran yang sangat penting dan bisa mempengaruhi kinerja organ – organ tubuh lain loh kawan.. coba aja bayangkan kalo kita ga da gigi.. terus kita makan makanan yang keras.. seperti keripik atau camilan lain.. pasti udah ga kebayang lagi tuh kondisi gusi kita tanpa gigi.. pasti akan berdarah – darah... (xixi.. lebay.. ) Dan kenapa saya bilang gigi memiliki peran yang sangat penting ? dan bisa mempengaruhi kinerja organ lain ? contohnya kalo makanan yang masuk kedalam perut itu teksturnya masih kasar dan tidak begitu halus dikarenakan proses pengunyahan makanan dimulut kurang optimal gara2 si gigi bermasalah.. maka organ pencernaan yang ada di dalam perut tentu akan lebih berkerja keras untuk mencerna si makanan itu.. dan jika ini terjadi dalam jangka waktu yang lama maka tentu tidak baik untuk lambung, usus dan organ pencernaan yang lainnya.. makanya banyak ahli kesehatan selalu mewanti - wanti untuk menjaga kesehatan gigi..

Selain itu,, jika kurang menjaga kesehatan gigi bisa menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan bakteri berkembang di dalam mulut.. dan bahayanya lagi jika bakteri itu masuk ke dalam jantung melalui pembuluh darah akibat gigi berlubang tentu bisa menyebabkan masalah pada jantung kita... haduh... nambah ngeri aja ne efek dari gigi yang tidak sehat...

Di tambah lagi jika gigi kita mengalami masalah atau sakit gigi... bisa menyebabkan nyeri yang luar biasa terhadap seseorang dan sangat mengganggu aktifitas seseorang. karena biasanya orang yang sakit gigi enggan beraktifitas, mendengarkan suara bising saja akan sangat menyiksa.. ( pengalaman banget kayaknya.. hehehe..). untuk itulah sobat, kita harus pandai2 merawat dan menjaga kesehatan gigi kita.. dan bagi anda yang sudah terlanjur mengalami masalah kesehatan gigi atau sakit gigi.. berikut admin coba paparkan mengenai bagaimana mengatasi dan mengobati sakit gigi.. dan khususnya untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi / gigi berlubang. oke, langsung saja kita menuju TKP.


Cara Mengatasi dan Mengobati Sakit Gigi Secara Alami


  • Cengkeh
    Ambil cengkeh sebanyak 10 butir yang kemudian disangrai dan ditumbuk hingga menjadi bubuk. Tempelkan pada gigi yang berlubang dengan ditutupi kapas.
  • Lada atau Merica
    Cara pengobatanya: sipakan sekitar 1 sendok teh lada bubuk serta siapkan juga sedikit garam dapur. Campurkan kedua bahan tadi, lalu masukkan campuran mrica dan garam ke gigi yang terasa sakit/ gigi yang berluban.
  • Air Garam
    Air garam dapat membantu mengurangi rasa sakit yang sobat rasakan. Garam dapat membunuh bakteri yang ada. Caranya dengan ambil satu sendok makan garam dan kemudian campurkan dengan air hangat. Kumur hingga kurang lebih 30 detik
  • Bawang Putih
    Berdasarkan buku Jude’s Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Jude C. Todd, bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi atau gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik. Ambil satu siung bawang putih dan letakkan di gigi. Lakukan selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat.
  • Cabe rawit
    Cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Larutkan cabe ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi.
  • Getah Jarak
    Getah dari pohon jarak ini ternyata berkhasiat mengobati sakit gigi berlubang. Caranya gampang, hanya dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang berlubang. Atau bisa juga dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, kemudian masukkan kapas pada gigi yang berlubang.
  • Sereh
    Sereh dikenal juga dengan nama serai. Biasa digunakan sebagai bumbu dapur terutama untuk pepes agar menambah aroma. Caranya: Rebus 40 g sereh segar dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Gunakan ramuan ini untuk berkumur.

Nah itu tadi penjelasan tentang bagaimana mengatasi dan mengobati sakit gigi.. semoga tips2 diatas dapat mengatasi masalah sakit gigi yang sedang anda alami,,

 




1 komentar:

fiu s said...

klo ditnya mending sy sakit hati aja dah...hehehehe... mksh tips nya gan .,...