Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas

5
Diposkan oleh Adi Wijaya , in



Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas Terhadap Kesehatan -
Bagi kita yang berlidah Indonesia, makan makanan yang tidak ada rasa pedasnya tentu akan terasa tidak begitu nikmat bahkan bagi sebagian orang akan terasa hambar.. selain itu juga bagi kita orang Indonesia, makan makanan yang pedas bisa menambah selera makan.. (katanya sih seperti itu..) dan untuk orang2 tertentu bahkan wajib tuh ada sambal dihidangan makanan mereka.. Kok bisa begitu ya.. benarkah bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang pedas bisa meningkatkan selara makan kita.. atau itu hanya sugesti saja.. tapi untuk saya pribadi sih memang seperti itu.. kalo makan ga da rasa pedasnya akan terasa hambar.. klo istilah saya sih.. klo makan makanan yang pedas itu bisa membuat kita tambah jreng... alias bisa nambah semangat.. hehehe..

Tapi perlu digaris bawahi juga ya.. maksudnya disini bukan untuk semua jenis makanan harus pedas.. masa iya.. kue brownies yang identik dengan rasa manis harus ada rasa pedasnya.. hehehe. kan ga lucu juga abis makan kue brownies langsung kepedesan.. tapi ide bagus juga tuh kayaknya ada kue brownies rasanya pedas apalagi kalau ada level pedasnya... ( hahaha,, ngaco[dot]com...  tapi gpp kan ngehayal dikit.. xixixi ). Oke lanjut lagi mengenai pembahasan masalah makanan pedas, apakah ada pengujian secara ilmiah mengenai hal itu ? nah dari beberapa informasi yang admin dapat berikut admin paparkan mengenai manfaat mengkonsumsi makanan pedas :

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Pedas

  • Mengurangi Stres
    Makanan pedas meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa menyenangkan, seperti serotonin. Hasilnya, makanan ini membantu mengusir depresi dan stres.
  • Melancarkan Pernapasan
    Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya bernapas lebih baik.
  • Turunkan Berat Badan
    Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat
  • Menghilangkan Gejala Flu
    Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.
  • Memperbaiki Fungsi Pencernaan
    Manfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag.  Akan tetapi jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.
  • Mencegah Kanker
    Menurut American Association for Cancer Research, kapsaisin juga memiliki kemampuan membunuh beberapa sel kanker dan leukimia. Sedangkan kunyit, yang dijadikan bumbu kari dan mustar, bisa memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor. Bila ingin memberikan hasil maksimal, kombinasikan dengan lada hitam untuk menyerap kunyit 2.000 persen lebih banyak.
  • Menurunkan Tekanan Darah
    Vitamin A dan C mampu menguatkan dinding otot jantung, sementara panas dari lada meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kombinasi hal ini bisa menghasilkan sistem kardiovaskuler yang lebih kuat.
  • Menjaga Mood
    Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.
  • Menyehatkan Jantung
    Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.  Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.
Selain Manfaatnya,, ternyata mengkonsumsi makanan pedas pun memilki bahaya tersendiri bagi kesehatan.. nah berikut beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan karena mengkonsumsi makanan pedas.

Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas

  • Menyebabkan Gastritis / Maag Akut
    Konsumsi makanan pedas yang terlalu sering dapat menyebabkan permukaan lambung menjadi rapuh dan mudah mengalami luka. Penyakit itu disebut gastritis alias mag, yang terjadi karena adanya peradangan pada lapisan lambung. Pasalnya, lambung yang sering ditimpa makanan pedas mengakibatkan lapisan-lapisannya menipis dan rentan terkena infeksi.
  • Menyebabkan Diare
    Makanan pedas dapat mempercepat gerakan di usus yang mempermudah terjadinya diare. Ketika makanan pedas sudah sampai di usus besar, efek iritasi dari makanan pedas ini akan langsung terasa. Kemudian tubuh akan mengirim lebih banyak air ke usus untuk meredakan gejala iritasi. Perlu disadari, setiap orang memiliki kepekaan usus yang berbeda sehingga daya tahan terhadap makanan pedas akan berbeda pula. Jika Anda termasuk sensitif pada makanan pedas, sebaiknya batasi konsumsi makanan pedas.
  • Kerusakan Dinding Lambung
    Makanan pedas mengakibatkan kerusakan dinding lambung. Ini dikarenakan, jenis makanan yang pedas merupakan kombinasi asam dan terlalu banyak asam masuk keperut, maka menyebabkan kerusakan dinding lambung anda.
  • Ulkus Gaster / Tukak Lambung
    Makanan pedas mengakibatkan penyakit Ulkus Gaster atau tukak lambung. Gejala yang Nampak, ketika anda terkena penyakit ini yaitu perut serasa terbakar, gejala mual-mual, muntah-muntah.
  • Menyebabkan Sakit Kepala
    Makanan pedas mengakibatkan anda terkena serangan sakit kepala dari dampak penyakit gastritis. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas tersebut.
Nah,, dengan kita mengetahui manfaat dan bahayanya tentu bisa membuat kita lebih bijak lagi dalam mengkonsumsi makanan pedas. Karena selain bermanfaat, mengkonsumsi makanan pedas juga menimbulkan efek negatifnya juga.. jadi dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.. oke.. sekian dulu mengenai pembahasan makanan pedas. Semoga informasi yang telah admin sajikan diatas bisa menambah pengetahuan kita mengenai makanan pedas..








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

5 komentar:

Fiu S

perut sy sih memg kontra banget dg makanan pedas....hehehe

Manrapi,SH

Ya makanan pedas itu utk bangsa indonesia sgt identik dgn identitas budaya dan dapat kita mengira ngira saja dlm mengkomsumsi ya klu kelewatan ya pasti mengundang negatif sesuai selera (die) lihat dari segi keuntungan dan kerugian dlm komsumsi itu tergantung kita saja kok

Yohana Hermina

makasih banget yah udah dikasih tau

Yohana Hermina

Makasih banget ya petunjuknya

ontamesir

Thanks infonya gan.. ane hobi makan pedesnya bakalan dikurangin dah...

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.