Cara Budidaya Ikan Hias di Kolam Terpal

4
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , ,



Cara Ternak Ikan Guppy, Molly dan Ikan Hias Lainya di Kolam Terpal / Plastik

Indonesia memang surganya flora dan fauna, karena memang keanekaragaman hayati Indonesia sangatlah tinggi. Mungkin ini juga dikarenakan iklim tropis indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa menyebabkan begitu tingginya keanekaragaman hayati Indonesia. Terutama fauna yang hidup di perairan indonesia. Karena seperti yang kita ketahui, luas perairan Indonesia lebih besar daripada luas daratannya.. hal ini menjadikan Indonesia kaya akan fauna airnya.. salah satunya ikan. Jenis ikan yang hidup diperairan Indonesia begitu beranekaragam baik yang hidup di air tawar maupun air laut bahkan beberapa diantaranya merupakan endemik yang hanya hidup di perairan Indonesia. Wah.. makin cinta aja ne ma negeri kita Indonesia..

Membahas masalah ikan Indonesia, pasti yang kebayang ialah ikan hiasnya setelah ikan konsumsi.. karena memang indonesia terkenal juga sebagai pengekspor ikan hias di kawasan asia dan luar asia. Bahkan di daerah jawa barat kita akan banyak menjumpai peternak / pembudidaya ikan hias dari berbagai jenis ikan hias. Kenapa bisnis budidaya ikan hias ini tidak pernah mati malah terus berkembang..?  mungkin salah satunya karena tingginya/banyaknya pencinta ikan hias di indonesia dan di luar negeri sehingga permintaan akan ikan hias tidak pernah berhenti. Dan kenapa harus di budidayakan ? karena jika semua ikan hias di ambil langsung dari alamnya maka dapat mengurangi polulasi dan bahkan bisa menyababkan kepunahan dari jenis ikan tersebut. Oleh sebab itu budidaya merupakan solusi untuk menjaga kelestarian ikan hias tersebut di alam.

Sebenarnya saya sendiri seorang penghobi ikan hias diantaranya ikan cupang, guppy, molly, koki dan beberapa yang lainnya.. berawal hobi memelihara,, eh.. akhirnya saya berfikir kenapa tidak saya budidayakan saja, kan sambil menyelam minum air.. pikir saya.. karena pemeliharan / perkembangbiakan ikan hias itu tidak begitu sulit bahkan untuk jenis – jenis tertentu tidak memerlukan perlakuan khusus. Hanya di biarkan saja dengan memberikan makanan rutin akan berkembangbiak dengan sendiri.. dan tentunya setelah berkembangbiak akan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah hehehe.


Nah langsung saja saya paparkan tentang cara membudidayakan ikan hias air tawar di kolam plastik / terpal.

Langkah pertama yang harus diambil yaitu tempat pembudidayaan.. buatlah beberapa kolam dari plastik terpal dengan ukuran lebar , panjang dan tinggi sesuai selera anda.. disesuaikan dengan kondisi lahan atau pekarangan yang akan dijadikan tempat pembudidayaan ikan. Di usahakan untuk budidaya jenis guppy dan molly ketinggian terpal lebih dari 40 cm karena kolam akan diisi air dengan kedalaman kurang lebih 40 cm. Dan jangan terlalu tinggi pula, karena jenis guppy dan molly merupakan jenis ikan yang hidup di permukaan air sehingga tidak membutuhkan air yang terlalu dalam. Tapi tetap harus diperhatikan kepadatan ikan, jangan sampai terlalu padat, kondisi idealnya 1 liter air untuk 5 ekor ikan.

Untuk pergantian air, cukup 1 minggu sekali diganti. Namun tak perlu semuanya. Cukup sebagian saja yang diganti, usahakan air yang dibuang adalah air yang didasar kolam dengan asumsi kotoran ikan dan sisa makanan bisa ikut terbuang. Sehingga kondisi kolam jadi bersih dan air pengganti merupakan air yang sudah tua atau air yang sudah diendapkan minimal sehari semalam.
Untuk menjaga kestabilan PH air dalam kolam sebaiknya diberi tumbuhan air. Seperti eceng gondok, tertai air dan tanaman sejenisnya. Sedang untuk akar tumbuhan tersebut memiliki fungsi sebagai tempat persembunyian anakan guppy.

Pilihlah indukan yang sehat, gerakannya lincah, ukuran yang relatif besar namun usahakan ekor indukan yang berwarna dan siripnya lebar. Untuk pejantan usahakan mengambil ikan guppy yang sejenis dengan jenis betina, dengan harapan menghasilkan burayak yang sejenis, sehingga menjaga strain aslinya. Jumlah pejantan dan betina untuk indukan yaitu 1 : 3.

Berilah makanan yang cukup untuk indukan, sehari tiga kali. Pagi, siang dan sore. Dan nantinya indukan tersebut akan berkembanbiak dengan sendirinya.. setelah berkembangbiak maka sebaiknya anakan yang sudah cukup besar dipindahkan kekolam yang terpisah untuk perbesaran yang optimal dan menghindari kepadatan ikan.

Nah itulah cara sederhana pembudidayaan ikan hias khusunya untuk jenis guppy dan molly yang bisa dilakukan di pekarang rumah.. selamat mencoba.. 








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

4 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.