Kandungan Gizi dan Manfaat Tauge ( Toge ) Untuk Kesehatan

2
Diposkan oleh Adi Wijaya , in


Apakah sobat pernah mendengar mengenai mitos seputar toge / tauge ? yang katanya sih bisa meningkatkan kesuburan seseorang jika di konsumsi secara rutin. Benarkan mitos tersebut ? Sebelum kita kaji lebih jauh mengenai kebenarannya, apakah sobat tahu sebenarnya toge/taoge itu kalau besar jadi tanaman apa ? karena dulu admin suka bertanya-tanya di dalam hati.. “ini tanaman kok masih kecil udah di ambil ya.. kalau besar jadi tanaman apa ya ? bahkan saking penasarannya admin sampai-sampai menanam si toge ini di pekarangan rumah.. dan taraaaaa…. Apakah yang terjadi dengan si toge itu kalau besar ? ternyata si toge itu tidak lain dan tidak bukan adalah tanaman kacang hijau..  dan sejak saat itu admin jadi shock… hahaha “ lebay..”

Sebelum seperti sekarang ini yang akses internet begitu mudah sehingga apapun bisa dicari lewat mbah google..  kalau dahulu itu sangat sulit sekali mencari informasi dan biasanya cara termudah yaitu dengan membuktikannya sendiri secara langsung.. yaitu dengan cara tadi yang admin sampaikan .. yups menanamnya sendiri dipekarangan rumah. Padahal mah kalau sekarang tinggal buka mbah google udah deh muncul semua informasi mengenai si toge misterius itu.. wkkkkk.. walaupun sebenarnya toge / kecambah kacang hijau bukanlah makanan favorit admin, tapi admin cukup suka makan toge, biasanya si toge kerap muncul sebagai bahan pelengkap makanan, seperti pada bakso, soto, karedok walaupun tak jarang ada kudapan khusus berbahan dasar toge.. yaitu sayur toge.. admin juga suka jika toge di jadikan lalapan pendamping sambal terasi… wiiihhh.. ajib pokoknya.. Kembali mengenai pembahasan si toge ini, untuk lebih jelasnya akan admin paparkan informasinya yang berhasil admin rangkum dari berbagai sumber..

Kecambah Kacang Hijau ( Taoge )
Taoge adalah sayuran yang merupakan tumbuhan muda yang baru saja berkecambah dan dilindungi dari cahaya. Kata taoge sendiri adalah serapan dari dialek Hokkian, istilah Mandarin-nya adalah douya. yang secara harfiah berarti kecambah kacang-kacangan, umumnya berasal dari kacang hijau dan sering disajikan dalam menu makanan dari Asia Timur. Taoge segar sangat kaya akan vitamin E, dan merupakan menu yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi taoge, tubuh akan terobati dan tercegah dari kekurangan vitamin E ( Sumber Wikipedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Kecambah )

Kandunga Gizi Tauge / Toge

Nama Bahan Makanan : Tauge Kacang Hijau
Nama Lain / Alternatif : Toge Kacang Ijo / Kecambah Kacang Hijau
Banyaknya Tauge Kacang Hijau yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Tauge Kacang Hijau yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Tauge Kacang Hijau = 23 kkal
Jumlah Kandungan Protein Tauge Kacang Hijau = 2,9 gr
Jumlah Kandungan Lemak Tauge Kacang Hijau = 0,2 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Tauge Kacang Hijau = 4,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Tauge Kacang Hijau = 29 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Tauge Kacang Hijau = 69 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Tauge Kacang Hijau = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Tauge Kacang Hijau = 10 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Tauge Kacang Hijau = 0,07 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Tauge Kacang Hijau = 15 mg
Khasiat / Manfaat Tauge Kacang Hijau : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : T
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat dan Khasiat Tauge/Taoge Untuk Kesehatan

  • Mencegah Kanker
    Karena banyak mengandung serat dan air, taoge membantu pengeluaran kotoran dalam usus besar sehingga tidak memberi kesempatan karsinogen (zat-zat penyebab kanker) menempati di dinding usus yang menyebabkan kanker usus besar. Penelitian di AS menunjukkan, pria yang banyak makan bahan makanan yang mengandung coumestrol yang terdapat pada taoge, jarang terkena kanker prostat.
  • Meningkatkan Kesuburan
    Toge memiliki kandungan vitamin E dan proteinnya yang sangat tinggi, kandungan ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria karena berbagai hormon pria dapat dihasilkan dengan rangsangan saat mengkonsumsi tauge. Bahkan sejak dahulu ini beberapa orang telah percaya dengan mengkonsumsi tauge maka akan mampu meningkatkan keperkasaan pria. Selain itu juga banyaknya kandungan Vitamin E pada taoge dapat membantu meningkatkan kesuburan pada kaum perempuan, membantu mencegah kanker p4yud4r4, gejala PMS, pramenopause, dan gangguan akibat menopause. Sebagai sumber antioksidan, taoge juga mampu memperlambat proses penuaan dini.
  • Mencegah Anemia
    Toge memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk memproduksi asam amino dan sel darah merah. Produksi sel darah merah yang stabil sangat membantu mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah.
  • Mencegah Serangan Jantung
    Saponin pada taoge dapat menurunkan kadar kolesterol "jahat" LDL tanpa mengganggu kandungan HDL, si kolesterol "baik". Dengan demikian, risiko terkena serangan jantungnya turun.
  • Menguatkan Tulang
    Kandungan coumestrol yang merupakan estrogen alami berfungsi sama dengan esterogen sintetis tapi lebih baik karena tidak memiliki efek samping. Estrogen dalam taoge dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang, dan mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).
  • Kecantikan Kulit
    Taoge baik untuk kecantikan, tentu saja karena kandungan vitamin E-nya. Vitamin ini berfungsi membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan vlek-vlek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut, dan melangsingkan tubuh.
  • Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh
    Di balik penampilannya yang kecil, pada tauge telah ditemukan beberapa senyawa yang berguna bagi kesehatan, salah satunya adalah saponin. Senyawa tersebut dipercaya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan pada tubuh kita, dengan menstimulasi interferon dan sel limfosit. Selain itu, vitamin C yang juga dikandung di dalamnya juga memiliki fungsi hampir serupa, yakni untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari – hari dan mempercepat proses regenerasi atau penyembuhan pada sel.
  • Meningkatkan Kandungan Vitamin Secara Dramatis
    Toge dapat meningkatkan kandungan vitamin A, B kompleks, C, dan E. Kandungan vitamin dalam biji-bijian, kacang-kacangan, atau meningkat kacang hingga 20 kali nilai asli hanya dalam beberapa hari saat tumbuh. Penelitian menunjukkan bahwa selama tauge tumbuh peningkatan vitamin B1 hingga 285 persen, vitamin B2 hingga 515 persen, dan niacin hingga 256 persen.
  • Baik Untuk Pembentukan Otot
    Kandungan protein yang sangat tinggi dalam toge sangat penting untuk peningkatan massa otot dan membantu selama proses pembentukan otot dalam tubuh.
  • Sangat Baik Untuk Sistem Pencernaan
    Ketika ditanya apakah zat yang paling baik untuk pencernaan, jawabannya pasti SERAT. Serat merupakan kandungan yang terdapat pada berbagai sayuran dan buah buahan, termasuk di dalamnya adalah toge. Dengan konsumsi cukup serat maka akan sangat baik untuk pencernaan.
  • Menurunkan Berat Badan
    Sama seperti fungsi serat dalam buah-buahan dan sayuran lainnya yaitu menurunkan berat badan. Serat adalah satu dari sekian banyak nutrisi yang sangat baik untuk mencegah kolesterol dalam darah. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat maka anda dapat menurunkan berat badan secara signifikan.
  • Baik Untuk Diabetes
    Toge merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk diabetes, sayuran ini sangat rendah kandungan kalorinya. Serat dalam kandungan toge sangat baik untuk penderita diabetes sehingga anda aman mengkonsumsinya.
  • Meningkatkan Seluruh Fungsi Tubuh
    Toge merupakan salah satu sayuran yang sangat murah meriah yang tersedia setiap hari di pasaran atau tukang sayur. Tauge memiliki ratusan enzim yang sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh manusia. Enzim merupakan salah satu zat yang membantu tubuh memanfaatkan vitamin dan menyerap serta memprosesnya dalam tubuh untuk membantu berbagai sel dan sistem tubuh lainnya.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

2 komentar:

Sehat jiwa dan raga

Mantap bro,,, referensi yang baik, terimakasih sukses untuk Anda.

Arul

Tulisan di blog Anda bagus-bagus. Salam.