Manfaat dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in


Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan -
Apakah sobat pernah melihat film atau iklan orang sedang menangis, tapi ternyata orang tersebut menangis karena sedang mengiris bawang ?  ckkkkkkk.. kalau setiap ngebayangin hal tersebut admin jadi pengen ketawa terus ne.. xixiiixi.. tapi memang benar loh,, kalau lagi ngiris atau ngupas bawang merah mata akan mengeluarkan air mata karena efek  perih dari si bawang merah tersebut.. kenapa hal itu bisa terjadi ? berikut ini penjelasannya :

Pada saat kita mengiris bawang, senyawa bersulfur yang terkandung dalam bawang akan bereaksi dengan suatu enzim sehingga menghasilkan asam sulfenat. Asam sulfenat bersifat tidak stabil, sehingga dengan cepat akan berubah menjadi senyawa lain yang lebih stabil, yaitu propanetiol S-oksida yang mudah menguap. Senyawa yang menguap ini kemudian berinteraksi dengan mata kita dan membentuk asam sulfur. Asam sulfur bersifat mengiritasi mata, sehingga mata kita akan terasa perih dan menjadi kemerahan. Sebagai perlindungan terhadap mata, maka mata akan memproduksi air mata untuk membantu mengeluarkan senyawa yang mengiritasi mata itu. Iritasi ini akan segera hilang setelah kontak dengan bawang dihentikan.

Nah udah tau kan kenapa kita bisa menangis saat mengiris bawang ?
nah kembali lagi mengenai topik bawang merah.. selain membuat perih mata, bawang merah kerap kali di percaya dapat menghilangkan masuk angin.. benarkah mitos tersebut ? untuk itu kita bahas secara tuntas mengenai si bawang merah tersebut.

Bawang merah (Allium cepa L. var Aggregatum) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Orang Jawa mengenalnya sebagai brambang. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbi, meskipun beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini diduga berasal dari daerah Asia Tengah dan Asia Tenggara. Sumber Wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Bawang_merah )

Kandungan Gizi

Nama Bahan Makanan : Bawang Merah
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Bawang Merah yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Bawang Merah yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 90 %
Jumlah Kandungan Energi Bawang Merah = 39 kkal
Jumlah Kandungan Protein Bawang Merah = 1,5 gr
Jumlah Kandungan Lemak Bawang Merah = 0,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Bawang Merah = 0,2 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Bawang Merah = 36 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Bawang Merah = 40 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Bawang Merah = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Bawang Merah = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Bawang Merah = 0,03 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Bawang Merah = 2 mg
Khasiat / Manfaat Bawang Merah : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : B
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

  • Pencegahan Kanker
    Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal. Efek yang menguntungkan dari bawang merah, cenderung karena sebagian senyawa organosulfur mereka yang kaya. Meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker belum diketahui. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis. Bawang juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang dan membantu untuk memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat. Mereka menemukan bahwa pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat.
  • Menurunkan Risiko Diabetes
    Manfaat dan khasiat bawang merah yang keempat adalah untuk menurunkan resiko penyakit diabetes. Mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah diyakini mampu menurunkan risiko penyakit diabetes. Karena itulah, bagi anda yang tidak ingin terkena penyakit mematikan ini, konsumsilah bawang merah mentah rutin setiap hari dengan jumlah yang normal.
  • Mengatur Tidur dan Suasana Hati
    Folat ditemukan dalam bawang, dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.
  • Baik Untuk Jantung
    Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur pada bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik. Manfaat bawang putih juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.
  • Menyembuhkan Sembelit
    Menurut penelitian, bawang merah adalah salah satu rempah yang mengandung banyak serat. Serat inilah yang akan membantu anda dalam melancarkan buang air besar. Selain itu, bawang merah mentah juga bermanfaat untuk menyingkirkan racun dalam usus kita.
  • Menyembuhkan Sakit Tenggorokan ( Batuk dan Pilek )
    Bawang merah juga terkenal mampu mengatasi rasa sakit pada tenggorokan. Bawang merah mengandung zat yang mampu mengatasi sakit tenggorokan, batuk dan pilek. Cara membuat ramuannya adalah dengan menghaluskan bawang merah mentah kemudian mencampurkannya dengan sedikit jahe dan madu. Minumlah ramuan tersebut sebanyak satu sendok dan diminum 2 kali sehari.
  • Kesehatan Hati
    Manfaat dan khasiat bawang merah yang kelima adalah menjaga kesehatan hati. Bawang merah mentah mampu menjaga kesehatan hati kita dari berbagai serangan penyakit berbahaya. Selain itu, bawang merah juga terkenal mampu mengatasi masalah darah tinggi dan membuka kembali arteri yang tersumbat.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.