Daftar Wisata Alam Paling Indah di Indonesia

Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Indonesia… negeri yang kaya akan berbagai hal.. kaya akan alamnya baik flora maupun faunanya. Kaya akan hasil tambang dan minyak buminya dan juga kaya akan budaya dan bahasanya.. bahkan tak heran jika Indonesia kita tercinta ini sering di juluki sebagai tanah surga.. sampai – sampai hal tersebut dijadikan sebuah lagu yang sangat populer.. yang berjudul “Kolam Susu” oleh Koes Plus berikut beberapa petikan liriknya :


Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jalan cukup menghidupimu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu

Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkah kayu dan batu jadi tanaman

Luar biasa bukan ? dan sangat menarik sekali “kail dan jala cukup menghidupimu” dan “tongkat kayu dan batu jadi tanaman” mungkin petikan dari lirik lagu tersebut bisa menggambarkan bahwa begitu kaya dan suburnya negeri kita tercinta ini. Selain itu melihat letak geogrfis Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa menjadikan Indonesia negeri yang tropis, Indonesia juga memiliki topografi yang berbukit-bukit yang semakin menambah keeksotisan Indonesia.. sehingga wajar jika Indonesia menjadi tujuan wisata bagi para turis yang haus akan keindahan alam. Nah kira-kira apa dan dimana sajakah tempat wisata alam yang indah di Indonesia ? berikut beberapa diantaranya yang admin rangkum dari berbagai sumber :



Kepulauan Raja Ampat, Papua ( Indonesia )

Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat, tepatnya di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.




Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat ( Indonesia )

Rinjani memiliki panaroma yang bisa dibilang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, pecinta alam. Suhu udara rata-rata sekitar 20°C; terendah 12°C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus. Beruntung akhir Juli ini, angin masih cukup lemah dan cuaca cukup cerah, sehingga pendakian ke puncak bisa dilakukan kapan saja.



Gunung Bromo, Jawa Timur ( Indonesia )

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.



Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur ( Indonesia )

Taman Nasional Komodo (TN. Komodo) merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dengan perairan lautnya. Pulau-pulau tersebut merupakan habitat satwa komodo (Varanus komodoensis) yaitu reptil purba yang tersisa di bumi. Kondisi alamnya unik, terdapat padang savana yang luas dengan pohon lontarnya (Borassus flabellifer).



Kawah Ijen, Jawa Timur ( Indonesia )

Kawah Ijen merupakan salah satu gunung berapi atraksi wisata di Indonesia. Kawah Ijen merupakan objek wisata terkenal, yang telah dikenal oleh para wisatawan domestik dan asing karena keindahan alam dan bahari.



Puncak Jaya, Papua ( Indonesia )

Indonesia patut berbangga dengan keunikan dan kekayaan alam serta tradisi masayarakatnya. Kali ini, Carstenz Pyramid atau yang bisa disebut dengan puncak jaya, juga berada di Papua. Puncak Carstensz ( Puncak Jaya ) ini merupakan puncak yang tertinggi di Australia dan Oceania.



Kelimutu, Nusa Tenggara Timur ( Indonesia )

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa pemo Kecamatan kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.



Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara ( Indonesia )

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut. Pernah Sebanyak 2.827 orang memecahkan rekor selam dunia dalam suatu upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-64 tahun, bawah air di Pantai Malalayang, Manado,sebagai bagian atraksi “Sail Bunaken” 2009.



Danau Toba, Sumatra Utara ( Indonesia )

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer (danau volkanik terbesar di dunia). Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dan masih banyak lagi tempat – tempat wisata alam Indonesia yang lainnya yang tidak kalah menakjubkannya yang tidak bisa admin sebutkan satu per satu. Dan semoga melalui postingan ini kita semakin mencintai negeri kita Indonesia.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

Kelapa Sawit

Dari sekian wisata alam terindah di atas, saya sudah pernah ke Bromo 2 kali dan benar di gunung ini mempunyai keindahan yang luar biasa terutama saat matahari terbit....