Cara Membuat Kandang untuk Ternak Jangkrik

Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Untuk yang pembisnis Jangkrik, Saat memulai bisnis seperti bisnis jangkrik kita harus membudidaya jangkrik dengan baik dan benar. Untuk bisa mendapatkan keuntungan besar saat budidaya jangkrik, yang pertama harus dilakukan menyiapkan kadang untuk ternak jangkrik nya terlebih dahulu. Ini adalah salah satu cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Kandang untuk budidaya jangkrik dapat menggunakan bahan seperti kardus papan atau triplek. Bagaimanakah cara membuat kandang jangkrik untuk menternaknya. Caranya dengan menggunakan papan atau kaso. Kenapa digunakan bahan ini karena dapat kuat dan tahan lama untuk digunakan.

Jika kita ingin menggunakan triplek caranya tidak jauh berbeda, yang terpenting kandang dibuat dengan bentuk kandang dibuat kotak seperti membuat peti. Kotak dibuat dengan ukuran kurang lebih panjang 100 cm, lebar 60 cm dan tingginya 30-40 cm. Pada celah- celah sambungan sudut kandang yang ada menggunakan lem. Tujuan agar jangkrik yang baru menetas dari telurnya tidk dapat keluar lewat celah sambungan tersebut. Ukuran jangkrik yang baru menetas sangatlah kecil.

Bagian atas pada permukaan harus dapat dibuka dan ditutup dengan menggunakan engsel dan  penutupnya dapat menggunakan jaring. Pada sisi muka dan belakangnya diberi lubang ventilasi. ukuran lubang ventilasi 50 x 7 cm, posisi lubang sekitar 10 cm dari atas. Ventilasi ditutup dengan kasa kawat ukuran halus agar jangkrik kecil tidak dapat kabur kemana mana. Pada sisi pinggiran diberi cantelan atau celah untuk pegangan kandang. Gunakan untuk memudahkan mengangkat atau menggeser kandang. Pada sekeliling sisi bagian dalam, kira- kira 10 cm daei atas, berikan isolasi plastik. Gunanya gar jangkrik tidak merayap ke atas.

Jangkrik yang berjenis kelamin laki- laki pasang di keempat sudut kandang tersebut. kira- kira tingginya 10 cm. keempat jangkrik laki- laki tersebut nantinya diletakkan pada mangkuk yang berisi air atau cairan lain. Digunakan untuk mencegah hama seperti semut masuk ke dalam kandang.

Selain terlindung dari sinar matahari langsung, ternak jangkrik membutuhkan ketenangan. sebaiknya pilih ruangan yang cukup gelap, dan jauh dari  gangguan.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

Fajar Maulana

usaha jangkrit emang sepertinya lumayan. banyak pecinta burung butuh banget jangkrik

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.