Bahaya Softlens Bagi Mata dan Cara Menggunakannya Dengan Benar



Bahaya Softlens Bagi Mata dan Cara Menggunakannya Dengan Benar
Jika mendengar kata softlens, apa yang akan timbul dibenak anda ?? Tentu saja panca indera penglihatan  atau mata yang akan muncul pertama di dalam pikiran kita. Softlens dulunya hanya digunakan sebagai terobosan baru bagi dunia kesehatan. Namun dewasa ini softlens bukan hanya digunakan sebagai alat bantu penglihatan melainkan sebagai  life style atau gaya hidup. Banyak orang yang menggunakan softlens sebagai gaya hidup namun terkadang mereka tidak tahu bahaya menggunakan softlens American Optometric Association (AOA) mengungkapkan kalau penggunaan softlens dekoratif (hanya untuk memperindah bola mata semata) akan sangat berbahaya jika tanpa konsultasi dokter.  Apabila tanpa konsultasi dokter, kemungkinan besar para kosumen lensa dekoratif ini tidak memiliki pengetahuan yang cukup bagaimana membersihkan dan memasang lensa dengan baik. Jika hal ini terjadi maka sudah pasti para konsumen tersebut sudah berani mengambil resiko menginfeksi mata mereka dengan bakteri, atau kerusakan yang signifikan pada fungsi mata, dan yang lebih parah adalah kehilangan penglihatan.Lensa dekoratif memiliki resiko yang sama dengan lensa korektif (untuk mata minus atau plus). Oleh karena itu jangan pernah memakai lensa dekoratif tanpa informasi dari dokter.

Bahaya / Dampak Negatif Memakai Softlens 


  • Iritasi dan mata merah
    Ini adalah bahaya softlens yang paling sering terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti debu, pemakaian yang kurang benar dan terlalu lama dipakai. Oleh karena itu, agar tidak mengalami iritasi sebaiknya jaga softlens tidak terkena debu dan pakai dengan cara yang benar. Bagaimana? Yang paling pertama dan paling utama yang harus diingat adalah tanganmu harus steril ketika memakai softlens. Pastikan juga untuk tidak memakainya terlalu lama. Tetes mata khusus softlens bisa secara rutin kamu gunakan untuk memberikan efek lega ketika memakainya.
  • Terlalu longgar atau terlalu ketat
    Softlens bisa menjadi terlalu longgar atau bahkan terlalu ketat seperti sangat menempel ke mata disebut hypoxia. Hal ini dikarenakan pemilihan kadar air yang salah ketika membeli softlens. Maka dari itu sesuaikan dengan keadaan mata. Jika matamu memang sudah memiliki banyak kandungan air mata, pilihlah softlens dengan kadar air lebih sedikit. Sedangkan mata yang cenderung kering sebaiknya pilih softlens dengan kadar air tinggi.
  • Softlens koyak dalam mata
    Softlens bisa koyak di mata. Nah, ini cenderung sangat berbahaya. Bahaya softlens ini bisa terjadi karena kamu memakai softlens saat tidur. Ketika tidur, softlens bisa bergerak-gerak di dalam mata dan bisa berisiko pecah di dalam mata. Tidak hanya itu, softlens dapat mengering karena tidak mendapatkan oksigen dan kadar air yang cukup. Nah, ketika Anda mencubit softlens dalam keadaan kering seperti itu dapat mengakibatkan softlens koyak. Karena itu juga, memang ketika ingin melepaskan softlens sangat disarankan untuk meneteskan tetes mata khusus softlens sebelumnya.
  • Infeksi kornea
    Bahaya infeksi kornea bisa terjadi jika kamu tidak merawat softlens dengan baik. Karenanya bakteri, jamur dan virus bisa tumbuh di softlens dan membuat alergi pada mata. Maka dari itu, jaga baik-baik softlens-mu ya. Jika tidak bisa seperti itu, memakai softlens sekali pakai bisa menjadi pilihan jika kamu berkekeuh untuk menggunakan softlens.

Cara Menggunakan Softlens Dengan Benar

Berikut saran dari AOA supaya dampak negatif menggunakan softlens dapat diminimalisir :


  • Temui dokter / ahli mata untuk mencari informasi dan mendapatkan lensa yang sesuai untuk mata anda dan layak pakai.
  • Jika anda akan menyentuh lensa cucilah tangan terlebih dahulu.
  • Selalu lepas softlens anda ketika anda tidur.
  • Membersihkan lensa secara rutin. Cara membersihkan yang baik adalah : usap lensa kontak dengan jari dan bilas dengan cairan pembersih sebelum menyimpan lensa dalam wadah yang sudah berisi cairan pembersih.
  • Simpanlah wadah lensa kontak di tempat yang lembab dan terlindung dari cahaya matahari langsung
  • Gantilah wadah lensa setiap minimal 3 bulan sekali.
  • Untuk menyimpan lensa, gunakan cairan pembersih yang masih baru. Jangan gunakan cairan yang sudah dipakai, meskipun terlihat bersih tetapi mengandung bakteri yang bisa membahayakan mata anda.
  • Patuhi jadwal penggantian lensa kontak sesuai anjuran dokter.
  • Temui dokter mata anda untuk memeriksakan mata anda secara rutin.


Sooo0.. Kalau anda adalah pemakai softlens haruslah menjadi orang yang higienis. Jangan main-main dengan kebersihan softlens anda. 

 




22 komentar:

Didit W said...

sebaiknya pakai kacamata atau softlens ya gan???

ketoles said...

Boleh bertanya sob, kalau memang kontak lens berbahaya apakah ada alternatif murah lain agar pengguna kacamata seperti saya tidak perlu menggunakan kaca mata lagi??

Unknown said...

1bulan yg lalu saya infeksi kornea mata krna virus debu dari soflens..alhmdulillah skrg sdh sembuh..apa boleh saya menggunakan soflens lgi? mohon infonya..thx

ayu rahayu said...

Bagaimana jika menggunakan soflens dengan keadaan jalan berdebu

Unknown said...

byasanya untuk mata minus lebih baik menggunakan kcamata daripada s0flenst

abedt said...

Alhamdulillah, saya tidak pake softlens
kadang-kadang kalo liat orang pasang softlens agak serem
soalnya, kalo mata kena debu sedikit, mata perih dan gatel,

Unknown said...

makasih sharingnya. semoga kita jadi bisa lebih hati-hati dan teliti ketika memakai softlense.
rahmaditasyifa.student.ipb.ac.id

Unknown said...

Makasih...
Ya info kali ini buat aq lebih tau n berhati2 lgi ketika memakai softlense..

Unknown said...

Makasih ya..atas info.x
Saya jadi lebih tau & berhati-hati lagi saat memakai softlense..

grosirsoftlenstermurah.com said...

makaci ya gan atas infonya,
Ini berguna bgt bagi para pengguna softlens

Salam,
www.grosirsoftlenstermurah.com

Kado ultah unik said...

Thanks infonya... lebih baik yang biasa saja, jangan jadi korban mode

Praba Dwi Putri said...

Setelah baca saya jadi berfikir 2x untuk memakai softlens fashion takut nya kornea mata saya rusak ;(

Anonymous said...

kalau mata normal lbh baik jgn menggunakan lensa kontak. jika mata anda minus or silinder disarankan membeli lensa ditempat2 yg mmg memiliki ijin seperti optik2 terdekat dikota anda. . sy jg menyarankan jangan membeli lensa dr online shop krn kita tdk tau pasti ttg lensa tsb .. sy penderita mata minus n sy selalu mengganti lensa kontak sy sebulan sekali ditempat2 yg memiliki Ijin utk menjual lensa
be a smart buyer guys ;)

Abdul Muiz said...

Kalau menurut pemikiran saya, sebaiknya kita lebih baik menggunakan kaca mata, karena lebih alami penampilannya, lagian kalau paka kaca mata kelihatan orang yang pintar :-)

Abdul Muiz said...

Terima kasih,,, ga
dengan membaca artikle di blog ini wawasan saya tentang softlens bertambah bnayak, semoga tambah sukss

Mas Rodhi said...

makasi Gan atas infonya,,,
untung saja saya belum makai,,,
eh,,, sekarang gak jadi beli deh ntar bahaya mataku...

Unknown said...

mata itu alat optik tercanggih di dunia, belum ada manusia yg bisa membuat mata kecuali tuhan, jd jgn karna kefatalan kita, kita jadi buta karna softlens, coba angkat tangan siapa yg mau buta ?

aep said...

duh softlen, d keluarga q g ada yg pake

plakat said...

gan kalau softlen untuk pemakaian lama, bahaya ga y.

Unknown said...

makasi ya saya jadi tau sekarang cara penggunaan softlen yang benar

Kacamata Minus said...

Terimakasih mas. infonya bermanfaat dan bisa saya jadikan materi jualan hehehe. ijin share ya mas.

Hadif Ridwan said...

gokil nih infonya. tapi hat-hati yah yang sering pake softlens, efek buruknya berbahadot banget