Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Cempedak

Diposkan oleh Adi Wijaya , in



Buah yang satu ini lagi musim - musimnya nih di daerah tempat admin tinggal. Banyak para pedagang menjajakan buah ini di pinggir - pinggir jalan. Setiap pulang ngampus pasti admin ngelewatin beberapa pedagang cempedak yang berjejer memamerkan buah yang sangat menggoda ini. Karena memang buah cempedak memiliki aroma yang khas sepertihalnya buah durian. Tapi berbeda dengan durian, buah cempedak aromanya tidak begitu mencolok di bandingkan durian yang memiliki arom yang sangat mencolok, yang terkadang justru aroma durian tersebut ada yang tidak menyukainya. Sebenarnya dari segi bentuk dan ciri fisik buah cempedak lebih mirip dengan buah nangka, akan tetapi dari segi tekstur daging dan rasa buahnya lebih mantap ketimbang nangka. Mungkin kalo saya bisa simpulkan, cempedak itu seperti perpaduan antara nangka dan durian.. itu menurut admin loh.. hehehe..

Seperti biasa, setiap saya posting mengenai buah-buahan, pasti saya akan memaparkan mengenai manfaat dan khasiat buah yang saya posting. Sebab semua buah yang Tuhan ciptakan pasti memiliki manfaat bagi manusia.. Tapi sebelum saya paparkan mengenai manfaatnya, saya akan ulas dahulu mengenai kandungan yang terdapat dalam buah cempedak, berikut kandungan yang terdapat di dalam buah cempedak.


Kandungan Nutrisi Buah Cempedak

Nama Bahan Makanan : Buah Cempedak
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Buah Cempedak yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Buah Cempedak yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 30 %
Jumlah Kandungan Energi Buah Cempedak = 116 kkal
Jumlah Kandungan Protein Buah Cempedak = 3 gr
Jumlah Kandungan Lemak Buah Cempedak = 0,4 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Cempedak = 28,6 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Buah Cempedak = 20 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Buah Cempedak = 30 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Cempedak = 2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Cempedak = 200 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Cempedak = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Cempedak = 15 mg
Khasiat / Manfaat Buah Cempedak : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : B
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat Buah Cempedak


  • Daging buah biasanya dimakan dalam keadaan segar. Namun, ada pula yang menggorengnya seperti pisang atau mengolahnya menjadi kolak dengan menambahkan santan dan gula. Buah ini enak bila sudah matang.
  • Daun muda cempedak juga banyak digunakan sebagai sayuran. Biji buahnya enak disantap setelah diolah, digoreng, atau direbus seperti biji nangka. Di Malaysia, akarnya digunakan sebagai campuran jamu tradisional untuk perempuan yang baru melahirkan.
  • Cempedak membantu menyehatkan mata, mengingat kandungan vitamin A-nya cukup tinggi, yaitu sekitar 200 SI per 100 gram. Vitamin A berperan dalam menjaga agar kornea mata agar selalu sehat.
  • Mengandung vitamin C yang lebih tinggi daripada nangka, dan mengandung serat pangan (dietry fiber) yang cukup tinggi untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan menekan angka kolesterol dalam darah.
  • Kulit batang cempedak ternyata juga mengandung komponen yang dapat membantu mencegah tumor dan malaria. Dan senyawa utama heteriflavon C yang dapat menghilangkan parasit penyebab malaria hingga 100 persen.
  • Kulit cempedak juga sering dikonsumsi oleh masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, yang dikenal dengan nama mandai. Sebelum diolah, masyarakat setempat mengupas bagian luar kulit sehingga tampak putih, kemudian membersihkannya. Setelah itu kulit direndam lebih dulu di dalam air garam selama 2-3 hari, hingga menjadi lunak dan mengalami fermentasi, baru kemudian digoreng. Mandai goreng ini menyerupai pisang goreng, meski ketika digigit rasanya seperti menggigit guratan

Oke, itu tadi beberapa informasi yang berhasil admin rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

Susu Kambing Etawa

Ooohh pantes
kirain itu nangka, ternyata buh yang mirip nangka :D

Thanks gan buat infonya :)

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.