Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Maag

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in




Tips dan Cara Mengatasi Sakit Maag -
Pernahkah sobat mengalami rasa perih yang luar biasa pada perut ? tapi bukan perih karna lapar ya.. klo lapar mah jangan di tanya.. karena hampir semua orang kalau lapar perut menjadi perih.. Jadi, perih yang admin maksud kali ini ialah perih pada lambung yang biasanya di ikuti rasa mual.. sebab admin hampir tiap hari ne mengalaminya.. biasanya ketika pagi hari, tapi bukan karena lapar ya.. karena perih yang satu ini lebih luar biasa rasanya dan biasanya akan diiringi rasa mual.. dugaan admin sih, ada masalah pada lambung admin,. Namun admin juga pernah konsultasi kebeberapa orang mengenai masalah tersebut, dan ada yang bilang kalau admin ada masalah dengan asam lambung. Walaupun belum ada kepastian mengenai hal tersebut, sebab admin belum pernah memeriksakaannya ke dokter. Dan semenjak masalah tersebut admin sekarang jadi lebih kritis dalam mengatur pola makan dan makanan yang admin konsumsi. Sebab sehat itu sangat mahal kawan,, jadi lebih baik kita meminimalisir dampak yang lebih parah ketimbang mengobati. BTW, membahas masalah penyakit lambung, ternyata hampir banyak sekali teman-teman admin yang mengalami masalah yang serupa, mungkin manusia zaman sekarang sudah tidak memperhatikan pola makan dan makanan yang meraka konsumsi sehingga banyak yang mengalami masalah pada lambung. Hal yang sering terjadi dikarena suka menunda waktu makan karena masalah kesibukan dan lain-lain. Bagi anda yang sedang mengalami masalah tersebut berikut admin sajikan informasi mengenai penyakit lambung, mulai dari penyebabnya hingga cara mengobatinya.. langsung saja ke TKP :

Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Secara garis besar, ada 2 jenis penyakit maag, yakni:

  • Gastritis Akut
    Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya.
  • Gastritits Kronis
    Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.
Jenis penyakit maag yang dilihat berdasarkan tingkat keparahan, dibedakan menjadi:

  • Maag Ringan
    Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.
  • Maag Sedang
    Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.
  • Maag Kronis
    Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.
  • Kanker Lambung
    Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori.
Sumber : Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Maag )

Penyebab Sakit Maag


  • Makan Tidak Teratur atau Terlambat Makan.
    Biasanya menunggu hingga rasa lapar hingga melilit perut, baru makan dan makan langsung dengan porsi yang banyak dapat memicu penyakit maag.
  • Kopi, Teh atau Minuman yang Mengandung Kafein
    Karena kafein dapat mengendurkan lower esophageal spinchter (LES), katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga memicu gas di lambung naik hingga kerongkongan.
  • Cokelat
    Karena cokelat memiliki kandungan konsentrasi teobromin atau sebuah senyawa secara alami ada di tanaman seperti cocoa, teh dan kopi, yang dapat melemaskan otot LES, menimbulkan asam lambung naik ke tenggorokan.
  • Makanan Berminyak dan Berlemak
    Karena makanan berminyak dan berlemak cenderung lama untuk dicerna, membuat makanan tinggal lebih lama di lambung. Hal ini dapat menghasilkan peningkatan tekanan di lambung, yang pada akhirnya akan meningkatkan tekanan terjadinya pelemahan LES. Jika LES melemah, asam lambung akan naik ke kerongkongan.
  • Tomat dan Produk Berbahan Dasar Tomat
    Di dalam tomat banyak mengandung asam yang bisa meningkatkan peluang melemahnya katup LES yang membuat asam lambung naik.
  • Alkohol
    Alkohol berfungsi melenturkan katup LES, sehingga menyebabkan refluks, atau berbaliknya asam lambung ke kerongkongan dan alkohol juga meningkatkan produksi asam lambung.
  • Rokok
    Asap rokok terkandung bahan kimia yang dapat melemahkan katup saat melewati paru-paru masuk ke dalam darah.
  • Makan Dalam Porsi Yang Banyak
    Perut yag penuh daat memberikan tekanan ekstra pada katup LES, yang dapat meningkatkan peluang terjadinya kejadian berbaliknya sejumlah makanan ke kerongkongan.
  • Buah Asam Dan Jus
    Buah-buahan yang mempunyai rasa asam yang tinggi akan memicu timbulnya sakit maag.
  • Makan antara 2-3 jam Sebelum Tidur
    Tiduran dengan perut yang penuh dapat menyebabkan isi perut menekan katup les, meningkatkan peluang terjadinya refluks makanan ke kerongkongan.
Gejala – Gejala Penyakit Maag

  • Rasa nyeri seperti terbakar menjadi tanda yang paling umum dari tukak lambung. Rasa sakit dari ulkus peptikum itu dirasakan dari tulang dada hingga ke pusar Anda. Rasa sakit bisa berlangsung beberapa menit atau beberapa jam serta bisa datang dan pergi begitu saja. Serangan ini akan menjadi lebih buruk pada malam hari atau saat perut Anda kosong. Anda bisa mencari bantuan dengan makan makanan tertentu atau meminum obat yang bisa mengurangi asam dalam perut.
  • Muntah darah dan asam dari perut merupakan tanda pasti dari ulkus lambung. Jika sampai seperti ini Anda harus segera periksa ke dokter.
  • Mual dan muntah menjadi tanda maag. Muntah sering terjadi untuk meringankan rasa mual yang dialami penderita tukak lambung.
  • Lihatlah kotoran Anda. Tinja penderita tukak lambung bisa berwarna hitam atau seperti berdarah. Beritahu ke dokter Anda. Maag yang berdarah dan tidak diobati bisa menyebabkan anemia dan komplikasi lainnya.
Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Maag


  • Kunyit
    Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953. Studi kasus untuk sakit perut akibat tukak lambung, setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil, yang setara dengan 4 g) memperlihatkan perbaikan dan satu kasus tersembuhkan.
    Caranya: diperlukan 2 jari tangan kunyit. Dikupas dan dibersihkan, diparut, dan ditambah air matang. Setelah itu, diperas melalui kain bersih. Hasilnya didiamkan dan diambil airnya. Dalam sehari diminum 2 kali, masing-masing satu ramuan. Meminumnya pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.
  • Lidah buaya (Aloe vera)
    Aloenin dan Magnesiun laktat dalam daun lidah buaya yang diidentifikasikan dapat menghambat sekresi asam lambung.
    Caranya : Gel segar dari sekitar 1 lembar daun lidah buaya, diminum untuk sekali minum. Dalam sehari perlu meminumnya sebanyak 2 kali. Untuk memperbaiki rasa gel bisa diberi madu secukupnya. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi ramuan ini.
  • Kemangi hutan / Lampes (Ocimum sanctum)
    Kemangi hutan berupa terna atau perdu bercabang banyak setinggi 0,30 – 1,50 m. Dapat ditemui di seluruh Jawa dari dataran rendah.
    Caranya : sebagai obat tukak lambung dianjurkan untuk mengkonsumsi daun segar kemangi hutan (lampes) sebagai lalap setiap hari.
  • Kencur (Kaempferia galanga)
    Caranya : 1 jari rimpangnya. Rimpang dicuci bersih dikupas dan dikunyah dengan garam seperlunya. Sesudah halus dikunyah, kencur ditelan, disusul dengan minum air hangat. Ini dilakukan 3 kali dalam sehari.
  • Cincau (Cylea barbata)
    Caranya : 1 genggam daun cincau (kira-kira 80 gram berat basah). Daun dicuci lalu digiling halus. Lalu diremas dengan air masak seperlunya dan disaring, diberi air kapur sirih seperlunya agar lekas menjadi kental. Setelah menggumpal dimakan dengan air gula atau sirup. Dalam sehari cara ini dilakukan 3 kali, masing-masing dengan gelas ukuran kira-kira 200 cc.
  • Daun Jambu Biji
    Caranya : Siapkan daun jambu biji sebanyak 9 lembar, Rebus daun jambu biji tersebut menggunakan 1,5 liter air sampai mendidih. Kemudian saring airnya, Minum ramuan tersebut sehari tiga kali
  • Biji Pepaya
    Caranya : Ambil biji pepaya secukupnya, biji pepaya kemudian dijemur sampai kering. Setelah kering, biji pepaya ditumbuk sampai halus. Setelah halus, seduh tumbukkan biji pepaya tersebut, dan minumlah secara teratur
  • Kedelai
    Caranya : Siapkan 1/2kg biji kedelai, Lalu goreng kedelai tersebut tanpa minyak (Sangrai). Setelah disangrai, kedelai ditumbuk sampai halus. Kemudian tambahkan air panas, seperti menyeduh kopi. Minum ramuan tradisional tersebut secara rutin 3 kali sehari selama 2 Minggu. Untuk mencegah sakit maag, Anda cukup meminum sehari sekali








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.