Daftar Tempat Wisata Menarik di Lampung

Diposkan oleh Adi Wijaya , in , , ,


Setiap orang pasti membutuhkan liburan ataupun hiburan untuk dirinya dari pekerjaan yang sangat banyak selama sepekan penuh. Salah satu hari yang biasa digunakan adalah hari minggu atau hari- hari yang terdapat tanggal merah. di lampung kini sangat banyak tempat wisata untuk berlibur. Jadi bergembiralah karena telah banyak wisata di lampung yang sangat amat menarik untuk kita kunjungi. Salah satunya objek alam yang memilki panorama indah mendominasi di kawasan yang terletak di sebelah selatan pulau sumatera. Mungkin selama ini banyak orang di luar lampung hanya mengetahui way kambas saja sebagai objek wisata di lampung, padahal ada banyak sekali objek wisata di lampung yang wajib di kunjungi, bahkan di lampung kita bisa menjumpai lumba – lumba di teluk kiluan. Nah berikut ini adalah wisata yang menarik yang terdepat di Lampung yang wajib di kunjungi :


1. Taman Nasional Way Kambas

Tempat menarik ini identik dengan binatang gajah. TNWK berada di wilayah Lampung timur yang mengkhususkan sebagai taman perlindungan satwa Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang sudah mulai berkurang jumlahnya. Taman Nasional Way Kambas berdiri pada tahun 1985 merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi. Hingga sekarang tempat wisata ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Jadi keberadaan Way Kambas Lampung ini mirip dengan Taman Nasional Ujung Kulon yang dikembangkan sebagai pusat perlindungan satwa badak bercula satu.

2. Pulau Pahawang

Obyek taman laut yang indah di tempat wisata ini sangat memukau pengunjung baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Kawasan ini berada di kecamatan Punduh Pidada kabupaten pesawaran. Pulau yang memiliki luas sekitar 1.084 hektar ini terbagi menjadi 2 pulau, yaitu pulau pahawang besar dan pulau pahawang kecil. Mengunjungi pulau pahawang hanya menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota Bandar Lampung menuju dermaga penyeberangan Ketapang untuk naik perahu menuju pulau pahawang besar. Di pulau ini tersedia penginapan yang cukup terjangkau sebagai tempat bermalam sebelum keesokan paginya menyelam. Jika anda pernah ke Bali maupun Senggigi dan Gili Trawangan, maka keindahan pulau Pahawang ini mirip dengan tempat menarik bagi wisatawan di Lombok tersebut.

3. Gunung Krakatau

Lokasi tempat wisata menarik dan terkenal di Lampung  ini berada di Selat Sunda. Gunung Krakatau pernah meletus pada tahun 1883, dan sekarang yang dapat anda kunjungi adalah “anaknya” yang setiap tahun mengalami perubahan semakin tinggi. Saat ini Gunung Krakatau sudah menjadi daerah konservasi alam, oleh karena itu, untuk memasuki area Gunung Krakatau, Anda harus memiliki ijin terlebih dahulu. Ijin ini dapat diperoleh dari balai konservasi Lampung. Jika anda tidak ingin repot, silakan membeli paket tour yang dikelola travel agent, agar mereka mengurus perijinan memasuki kawasan gunung Krakatau ini. Di Indonesia, gunung berapi yang paling aktif adalah Merapi yang berada di wilayah Jogja dan anak Krakatau ini.

4. Air Terjun Putri Malu

Terletak di wilayah Way Kanan, Air terjun Putri Malu adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang mungkin jarang dikunjungi oleh wisatawan umum karena trekking yang melelahkan. Obyek menarik dan masih alami ini lebih banyak dikunjungi oleh para pecinta alam yang kemudian berfoto-foto dan berenang di bawah Air Terjun. Nama unik Air Terjun Putri Malu berasal dari bentuk air terjun yang bengkok sehingga terkesan seperti malu-malu. Air Terjun Putri Malu mempunyai ketinggian 80 meter. Beberapa pengunjung mengatakan bahwa perjalanan ke tempat ini selain disuguhi pemandangan indah, juga sering menemukan tanaman strawberry liar yang rasanya kecut segar. Memang beda dengan hasil kebun strawberry di Ciwidey yang manis rasanya.

5. Air Terjun Curup Tujuh

Air terjun ini terletak di Desa Margajaya Kecamatan Padang Ratu, yang dapat dicapai dalam waktu 2 jam dari Gunung Sugih. Lokasi air terjun ini berada pada kawasan hutan lindung yang berada di desa Margajaya. Untuk mencapai lokasi ini dapat menggunakan kendaraan roda empat dan selanjutnya dengan motor Trail sewaan menuju batas hutan lindung di mana air terjun berada. Konon kabarnya, keindahan air terjun Curup Tujuh merupakan saingan Curup Maung yang merupakan andalan tempat wisata di Palembang. Keduanya memiliki kesamaan dalam hal cara mencapai lokasi air terjun yang harus melewati hutan. Jadi hanya pengunjung yang memiliki fisik prima saja yang mampu menikmati keindahannya.

6. Menara Siger

Berupa bangunan indah berwarna kuning yang saat ini menjadi ikon Lampung. Berdiri cantik di atas sebuah bukit, Menara Siger adalah titik nol jalan lintas Sumatera yang sudah menjadi salah satu tempat transit dan tempat wisata di Lampung. Untuk dapat memasuki kawasan Menara Siger, Anda harus membayar tiket masuk dan biaya parkir terlebih dahulu. Menara Siger adalah bangunan kebanggan masyarakat provinsi Lampung karena mempunyai arsitektur tradisional. Mungkin anda mash belum pernah atau jarang mendengar tempat wisata ini. Memang tempat ini masih belum mendapat perhatian banyak dari wisatawan. Menara ini dilengkapi dengan berbagai info termasuk peta kabupaten se provinsi Lampung. Warna kuning pada bagian atap seolah sebagai penunjuk arah bagi pengguna jalan lintas Sumatera. jadi bisa dibilang fungsinya seolah bagaikan mercusuar yang ada di pantai Anyer.

7. Pantai Pasir Putih

Terletak sekitar 20 KM dari kota Bandar Lampung, Pantai Pasir Putih adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang paling favorit karena dekat dengan ibukota, hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 20 menit saja. Pantai Pasir Putih menawarkan pemandangan laut yang menawan, dan hamparan pasir pantai yang bersih. Fasilitas tersedia adalah shelter, toilet, kamar bilas dan kapal motor, ,dll. Pantai ini selalu ramai pengunjung pada hari-hari libur. Salah satu penyebabnya mungkin karena biaya masuk ke Pantai ini sangat terjangkau. Kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Pasir Putih adalah bersantai, berenang, dan yang menarik adalah berperahu menuju Pulau Condong. Kita bisa sewa perahu dari Pantai Pasir Putih dengan biaya sewa yang juga terjangkau.

8. Pulau Condong

Tempat wisata yang memiliki nama lengkap Pulau Condong Sulah ini terletak 1 km dari jalur bypass Bandar Lampung-Bakauheni. Pulau ini memiliki potensi alam relatif masih asli, bentuk pulau seperti kerucut mirip kubah dimana seluruh lereng dan permukaan bukit dipenuhi oleh vegetasi hutan pantai, seperti pohon merbau, waru, ketapang, dan sebagainya. Bagian selatan pulau seperti terbelah yang bisa dijadikan wahana rock climbing, pendakian serta olahraga yang bersifat tantangan alam. Wilayah Sekitar Pulau Condong Sulah, Condong Darat, Condong Laut, digunakan tempat latihan renang dan diving. Anda akan betah berlama-lama di bibir pantainya karena airnya sangat jernih, sehingga hewan laut seperti ikan-ikan kecil saja sudah bisa terlihat dari permukaan. Bermain di pantainya yang putih dan cantik sambil ditemani hawa yang sejuk pun tidak kalah seru.

9. Teluk Kiluan

Anda pernah mengunjungi pantai lovina yang menjadi obyek liburan di bali ? Hal yang sama akan anda temukan di tempat wisata paling populer di Lampung yang bernama Teluk Kiluan. menawarkan pengalaman melihat lumba-lumba langsung di habitatnya. Sensasi melihat lumba-lumba di lautan sangatlah berbeda dengan pada saat Anda melihat lumba-lumba yang telah dijinakkan. Waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan adalah pada bulan April hingga September di mana sedang musim kemarau. Saran saya, sebelum berangkat bertanyalah dahulu pada pengelola homestay mengenai cuaca dan keberadaan lumba-lumba, karena kemunculan lumba-lumba secara alami di Teluk Kiluan sangat dipengaruhi oleh cuaca. Tapi jika anda tidak melihat kawanan hewan lucu ini, keindahan teluk dengan bebatuan karang juga menarik untuk dikunjungi.

10. Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

Lokasinya hanya sekitar 10 Km dari pusat kota, menuju ke arah kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Lampung. Pantai Mutun sudah dilengkap dengan akomodasi yang lumayan lengkap untuk wisata keluarga, seperti: Pondokan, Perahu Cano, Water boom, Banana Boat, dan resto. Kalau sudah sampai di Pantai Mutun, sebaiknya juga menyewa perahu menuju Pulau Tangkil, pulau tak berpenghuni yang pantainya indah. Jarak tempuh pantai Mutun ke Pulau tangkil sekitar 10 menit perjalanan, sewa perahu PP berkisar 60 – 100ribu/perahu atau sekitar 10.000/orang, bisa memuat 5-10 orang/perahunya. Jangan lupa untuk meminta nomer HP nelayan yang mengantar anda, agar bisa menjemput jika anda ingin pulang. Teknik seperti ini mirip dengan salah satu tempat wisata di Malang yaitu pulau Sempu, di mana pihak nelayan yang mengantar tidak menunggui kita hingga selesai eksplorasi tempat wisata.

11. Tempat Memancing di Pulau Kubur

Pulau ini sebenarnya adalah gugusan besar karang. Dataran dari pulau ini merupakan karang besar yang dikelilingi oleh lautan. Luas karang ini hanya sekitar 5 hektar. Ada dua bagian dari pulau Kubur, yaitu pada satu sisi terdapat sebuah pantai dan sisi yang lain terdapat tebing karang yang menjulang menghadap ke teluk Lampung. Jika mempunyai hobi memancing, maka pulau Kubur adalah salah satu spot terbaik untuk memancing. Karena keberadaan karang adalah tempat favorit bagi ikan-ikan besar untuk berkumpul. Tentu saja memancingnya bukan dari daratan, karena tali pancing bisa menyangkut di karang. Silakan sewa perahu motor untuk mengantarkan anda tidak jauh dari lokasi pulau Kubur. Lalu mulai ayunkan umpan pancingan dari atas perahu motor ke dekat karang yang ada di sekitar pulau.

12. Kawasan Kalianda

Objek wisata pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi Kabupaten Lampung Selatan, terutama di kawasan Kalianda. Kabupaten dengan garis pantai mencapai 200 kilometer lebih ini selalu menjadi tujuan liburan bagi para wisatawan. Kalianda tak hanya menjanjikan keindahan teluk pantai, disini juga terdapat beberapa objek wisata yang harus dikunjungi, seperti mengunjungi Taman Makam Nasional Pahlawan Radin Inten II, Way Belerang, Pantai Batu Kapal, Pantai Canti, dan Pantai Gunung Botak atau Pantai Wartawan. Ada juga air terjun atau curug Way Kalam dengan tujuh tingkat air terjunnya. Selain itu, pariwisata di kecamatan lain seperti wisata Krakatau, Kalianda Resort, Krakatoa, Pantai Merak Belantung, Way Panas Kalianda, Way Belerang Simpur, dan Pantai Laguna Helau







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

Fajar Maulana

Indonesia memang memiliki banyak tempat-tempat indah. kita harus menjaga dan melestarikannya erta mempromosikannya

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.