Manfaat dan Bahaya Minum Air Putih Secara Berlebihan

2
Diposkan oleh Adi Wijaya , in




Manfaat dan Bahaya Air Putih / Air Mineral Bagi Kesehatan
Mungkin sebagian besar sobat pembaca disini pernah mendengar ungkapan “sesuatu yang berlebihan itu tidak baik”. Yup.. memang terkadang hal yang berlebihan itu tidak baik, harusnya mendatangkan manfaat malah justru menimbulkan kerugian jika berlebihan. Sebagai contohnya airmineral / air putih. Kita memang dianjurkan minum air mineral secara rutin dengan takaran tertentu sesuai kebutuhan masing – masing individu.. karena air mineral /putih baik untuk memperlancar metabolisme tubuh. Tapi bagaimana jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan ? apakah akan tetap memberikan manfaat yang lebih atau justru membahayakan kesehatan ? nah dari pada penasaran, yuk kita simak informasinya dibawah ini :


Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

  • Melancarkan Sistem Pencernaan
    Manfaat air putih di sini ialah membantu dalam penyerapan nutrisi di tubuh dan membantu dalam pembentukan massa pada vases manusia. Dimana kebutuhan air yang cukup dapat menghasilkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar sistem pencernaan pada manusia. Selain itu air yang berperan dalam sistem tubuh, dapat menghindarkan diri dari konstipasi.
  • Mengeluarkan Racun di Dalam Tubuh
    Mengkonsumsi air putih setiap harinya, kira-kira 8 gelas, dapat mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Sekaligus mengeluarkan zat-zat yang bersifat racun, melalui keringat maupun melalui urine. Sehingga anda yang menderita atau mengalami gangguan pada ginjal, dapat mengkonsumsi air putih, sebagai alternatif untuk mengeluarkan racun yang mengganggu.
  • Menghindari Dehidrasi
    Kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh ialah sekitar 70% berupa air. Dimana setiap pengkonsumsian air ialah air putih, bukan air yang lainnya. Manfaat air putih di sini dapat memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, sehingga sistem kerja tubuh terjaga dari dehidrasi. Yang mana suatu dehidrasi atau kekurangan cairan, dapat membuat aktifitas yang anda lakukan tampak melelahkan. Dan juga anda akan tampak terlihat lemah dan lesu.
  • Melancarkan Periode Buang Air Besar
    Bagi anda yang mengalami gangguan ataupun kesulitan dalam buang air besar di pagi hari, anda dapat mencoba meminum air putih, sebagai obat yang manjur untuk melancarkan buang air besar. Manfaat air putih di sini dapat anda terapkan pada pagi hari sebelum anda melakukan aktifitas sehari-hari. Tentunya dengan minum air putih yang cukup, dapat membantu kinerja organ tubuh, dalam buang air besar.
  • Menjaga Otot Agar Tetap Sehat
    Otot terdiri hingga 75% air, sehingga perlu bagi kita untuk menyediakannya cukup air. Cukup air akan membantu menjaga kontraksi otot yang normal dan mencegah kram otot. Hal Ini akan membantu jika Anda berolahraga, sehingga menjadi lebih kuat dan sehat.
  • Membantu Manajemen Berat Badan
    Ketika kehilangan banyak air, maka ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga akan menumpahkan kelebihan beban pada hati. Hati bertugas membantu membakar lemak menjadi energi, akan tapi ketika harus melakukan pekerjaan lebih banyak, maka ia tidak dapat membakar banyak lemak menjadi energi sebagaimana mestinya, sehingga lemak sebagian akan disimpan. Minumlah air dalam jumlah yang baik untuk mencegah penyimpanan lemak, serta untuk menjaga kesehatan. Jadi bisa dikatakan bahwa berat badan yang ideal adalah salah satu keuntungan dari cukup minum air.
  • Mencegah Keriput
    Air akan membuat sel-sel kulit terhidrasi dan bekerja dengan baik,  sehingga minum air akan menjaga agar terhindar dari keriput. Air juga bermanfaat mengeluarkan kotoran dan racun dari sistem tubuh, yang akan menjaga wajah Anda segar dan bersih dan mengurangi jerawat.
  • Retensi Air
    Bila Anda minum sedikit air, maka otak akan mengartikannya sebagai ancaman bagi kelangsungan hidup, sehingga memerintahkan tubuh untuk menyimpan lebih banyak air. Hal ini akan membuat kaki dan tangan menjadi bengkak. Minumlah lebih banyak air sehingga tubuh Anda  kembali normal.

Bahaya Minum Air Putih Secara Berlebihan


  • Merusak Komposisi Darah
    Darah memiliki plasma darah dengan kadar kekentalan darah secara fisiologis dalam tubuh yang terukur. Bila banyak minum maka dikawatirkan akan mengganggu kadar kekentalan darah. Secara lebih luas akan mengganggu sistem peredaran darah dalam tubuh kita.
  • Meningkatkan Kinerja Ginjal dari yang Seharusnya
    Tubuh memiliki ginjal yang fungsinya menyaring setiap cairan yang masuk kedalam tubuh. Fungsi ginjal sebagai organ penyaring ini ada pada glomerulus. Bila banyak cairan yang harus disaring, maka beban yang diterima ginjal akan semakin besar. Bila hal ini terlalu sering maka glomerulus bisa rusak yang menyebabkan berbagai penyakit ginjal.
  • Meningkatkan Jumlah Volume Darah
    Apabila volume darah meningkat maka akan mengganggu kinerja jantung dan sistem pembuluh darah kita (sistem tertutup). Volume air yang meningkat akan seiring dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu. Kondisi tersebut akan membuat organ ginjal bekerja ekstra keras untuk mengurangi jumlah air dalam sirkulasi darah dalam tubuh.
  • Tubuh Mengalami Hiponatraemia
    Hiponatraemia adalah kondisi abnormal dalam tubuh, di mana darah kekurangan kadar natrium (kadar garam). Ginjal tak mampu memfilternya dengan cepat. Natrium adalah mineral elektrolit yang membantu mengatur jumlah kadar air di dalam dan di sekitar sel-sel tubuh. Bila terlalu banyak minum air, akan menyebabkan natrium dalam tubuh menjadi encer. Natrium atau sodium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh, sebagai penjaga kadar garam dalam darah. Kekurangan natrium dalam tubuh dapat menyebabkan volume darah menurun sehingga tekanan darah menurun, namun denyut jantung meningkat tajam. Secara normal konsentrasi natrium dalam darah berkisar antara 135 – 145 milmol/liter. Namun dalam kondisi hiponatraemia konsentrasi natrium ini kurang dari 135 milmol/liter. Akibatnya kadar cairan dalam tubuh akan meningkat, dan sel-sel dapat mengalami pembengkakan.
  • Pembengkakan Sel
    Pembengkakan sel ini karena peningkatan kadar natrium dalam tubuh bisa memicu masalah. Bila ini terjadi pada sel-sel otak maka akan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Kekurangan natrium atau kondisi hiponatraemia minimal dapat menyebabkan mudah mengantuk. Namun apabila terjadi secara cepat, kekurangan natrium ini bisa berakibat pada intoksikasi air yang berakibat pada mual, sering urinasi (buang air kecil), disorientasi mental, pingsan, kejang-kejang, batang otak terganggu, sistem pernafasan terganggu, dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Intoksikasi (atau keracunan air) adalah akibat lanjut dari pembekakan pada sel otak ini yang merupakan  ketidakseimbangan elektrolit.
  • Kasus Keracunan Air (Intoksikasi Air)
    Dikenal juga dengan hiper-hidrasi atau overhydration, adalah gangguan potensial dalam fungsi otak yang terjadi ketika keseimbangan elektrolit  terganggu karena mengonsumsi air terlalu banyak. Kasus yang dialami Jennifer Strange di awal,  menyebabkan ia mengalami koma dan kematian mendadak akibat pembengkakan otak.  Kondisi ini cukup langka terjadi di masyarakat umum, tapi risiko tinggi terjadi pada atlet lari jarak jauh atau pelari marathon. Para atlet sebaiknya mengkonsumsi minuman olahraga selama latihan atau perlombaan. Keracunan air ini juga dapat terjadi akibat bahaya air minum isi ulang yang tidak higienis.

Nah dengan kita mengetahui manfaat sekaligus bahayanya, kita bisa lebih bijak lagi dalam mengkonsumsinya. Dan yang terpenting jangan berlebihan ya sob..







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

2 komentar:

Hamacaan

serem juga yah bahayanya. yuuh

Alwib

baru tau..ternyata kalo kelebihan minum air putih itu bisa bahaya ya? -_-

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.