Manfaat Dan Bahaya Cabai Bagi Kesehatan

13
Diposkan oleh Adi Wijaya , in




Manfaat dan Bahaya Cabe / Makanan Pedas Terhadap Kesehatan - 
Ketika membahas mengenai cabai, pasti hal yang pertama terlintas dipikiran ialah rasa pedas. Karena cabai dan rasa pedas tidak dapat dipisahkan, walaupun setiap cabai memiliki tingkat kepedasannya sendiri-sendiri. Tapi tetap saja pedas.. hahaha.. Bagi kita orang Indonesia, makan makanan yang tak ada rasa pedasnya itu seperti makan sayur tanpa garam.. alias hambar. Bahkan ada sebagian orang yang harus tersedia sambal disetiap santap makannya. Karena memang bagi sebagian orang rasa pedas pada sambal mampu meningkatkan selera makan. Tapi bukan berarti semua orang suka dengan pedasnya cabai ya kawan.. sabab ada juga sebagian orang yang justru anti dengan rasa pedasnya cabai, bahkan ada juga yang akan mengalami sakit perut / diare jika makan sambal. Seperti yang kita ketahui selain menimbulkan rasa pedas, cabai / cabe juga dipercaya mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga bermanfaat juga bagi kesehatan. Namun walaupun memiliki manfaat, bukan berarti kita harus berlebihan dalam mengkonsumsi cabai, karena mengkonsumsi cabai secara berlebihan tentu tidak baik juga untuk kesehatan. Nah untuk selengkapnya mari kita simak informasi dibawah ini :

Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Bagi seni masakan Padang, cabai bahkan dianggap sebagai "bahan makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Cabai )

Kandungan Gizi Cabai / Cabe

Nama Bahan Makanan : Cabe Rawit Segar
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Cabe Rawit Segar yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Cabe Rawit Segar yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 85 %
Jumlah Kandungan Energi Cabe Rawit Segar = 103 kkal
Jumlah Kandungan Protein Cabe Rawit Segar = 4,7 gr
Jumlah Kandungan Lemak Cabe Rawit Segar = 2,4 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Cabe Rawit Segar = 19,9 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Cabe Rawit Segar = 45 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Cabe Rawit Segar = 85 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Cabe Rawit Segar = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Cabe Rawit Segar = 11050 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Cabe Rawit Segar = 0,24 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Cabe Rawit Segar = 70 mg
Khasiat / Manfaat Cabe Rawit Segar : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : C
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Nama Bahan Makanan : Cabe Merah Besar Segar
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Cabe Merah Besar Segar yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Cabe Merah Besar Segar yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 85 %
Jumlah Kandungan Energi Cabe Merah Besar Segar = 31 kkal
Jumlah Kandungan Protein Cabe Merah Besar Segar = 1 gr
Jumlah Kandungan Lemak Cabe Merah Besar Segar = 0,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Cabe Merah Besar Segar = 7,3 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Cabe Merah Besar Segar = 29 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Cabe Merah Besar Segar = 24 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Cabe Merah Besar Segar = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Cabe Merah Besar Segar = 470 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Cabe Merah Besar Segar = 0,05 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Cabe Merah Besar Segar = 18 mg
Khasiat / Manfaat Cabe Merah Besar Segar : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : C
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat Cabai Bagi Kesehatan


  • Membantu Melegakan Pernapasan
    Rasa pedas dan panas pada cabai bisa merangsang sekresi (cairan dalam saluran pernapasan) untuk membersihkan hidung yang tersumbat dan sinus. Konsumsi cabai merah akan membersihkan lendir dari hidung dan paru-paru.
  • Baik Untuk Kesehatan Jantung
    Cabai merah terbukti mampu menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, cabai akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan fibrin, yaitu zat esensial untuk pembentukan pembekuan darah. Sehingga, sistem peredaran darah dan jantung menjadi lebih sehat.
  • Menjaga Berat Badan
    Rasa panas di tubuh saat kita makan cabai merah adalah satu bukti bahwa cabai merah memiliki efek termogenik atau memproduksi panas di dalam tubuh, sebuah efek yang sama dengan olahraga. Selain itu, cabai merah juga membantu mempercepat proses pencernaan dan metabolisme tubuh.
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Kandungan vitamin C pada cabai berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, perpaduan vitamin A, vitamin B dan vitamin C pada cabai merah akan membantu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Misalnya saja flu, batuk dan pilek. Vitamin A bisa menangkal infeksi misalnya saja pada saluran hidung, paru-paru, sayuran kandung kemih, dan saluran pencernaan.
  • Mencegah Kanker
    Selain ampuh melawan radang, kapsaisin pada cabai juga bisa mencegah penyebaran sel-sel kanker prostat, demikian hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Cancer Research yang dilansir whfoods. Akan tetapi, satu hal yang harus Anda waspadai adalah bahwa terlalu banyak mengonsumsi cabai justru bisa menaikkan risiko kanker perut, jadi berhati-hatilah.
  • Efektif Untuk Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah
    Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di The Universitiy of Tasmania, cabai memiliki manfaat kesehatan khususnya bagi para penderita diabetes (kadar gula berlebih dalam darahnya).
  • Membantu Memperlancar Proses Pencernaan Makanan
    Cabai mengandung cayenne yang memiliki peran meningkatkan proses pencernaan dengan cara meningkatkan produksi asam klorida. Jadi, mengkonsumsi cabai dalam jumlah wajar sangat disarankan.
  • Tulang Lebih Sehat Dan Kuat
    Cabai memiliki kandungan kalsium tinggi yang dibutuhkan oleh tulang anda. Jadi, cabai merupakan salah satu makanan alternatif untuk mencukupi kebutuhan kalsium yang diperlukan oleh tubuh anda.
  • Mengurangi Berbagai Jenis Peradangan
    Cabai juga mengandung capsaicin yang memiliki fungsi dalam pengobatan arthritis serta berbagai jenis peradangan lainnya dalam tubuh anda.

Bahaya Cabai atau Makanan Pedas Terhadap Kesehatan


  • Bahaya Bagi Lambung
    Makanan pedas mengakibatkan kerusakan dinding lambung. Ini dikarenakan, jenis makanan yang pedas merupakan kombinasi asam dan terlalu banyak asam masuk keperut, maka menyebabkan kerusakan dinding lambung anda.
  • Penyebab Maag Akut
    Makanan pedas mengakibatkan penyakit Gastritis atau maag akut. Gejala gastritis yaitu seperti muntah, mual-mual, diare.
  • Penyebab Tukak Lambung
    Makanan pedas mengakibatkan penyakit Ulkus Gaster atau tukak lambung. Gejala yang Nampak, ketika anda terkena penyakit ini yaitu perut serasa terbakar, gejala mual-mual, muntah-muntah.
  • Insomnia
    Makanan pedas mengakibatkan anda terkena insomnia atau susah tidur pada malam hari. Sehingga sebaiknya anda tidak memakan makanan pedas di saat malam hari. Karena istrihat anda tidak akan nyaman.
  • Sakit Kepala
    Makanan pedas mengakibatkan anda terkena serangan sakit kepala dari dampak penyakit gastritis. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas tersebut. 


Nah, dengan kita mengtahui manfaat sekaligus bahayanya.. mudah – mudahan kita bisa lebih bijak dalam mengkonsumsinya. Agar supaya manfaat yang di dapat jauh lebih banyak ketimbang bahayanya. Dan yang pasti jangan berlebihan dalam mengkonsumsi cabai atau makanan pedas.

*Dikutip dari berbagai sumber








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

13 komentar:

Pesona Mentari

baru tau ane kalo cabe banyak manfaat kayak gene, ane mah sukanya cabe-cabean, hehehe

Satu Jam

saya pernah dengar kalo cabe bisa dipakai sbg obat sariawan dg cara langsung ditempelkan ke sariawannya. apa sebenarnya cabe memang bisa dijadikan obat sariawan?

shiddieq

kebanyakan makan cabe bukannya ga baik utk pencernaan ya?

Manda

Oh seperti itu ternyata.

Satu

Kalo cabe sih menurut saya bagus2 aja, asal tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

irulaz

buset baru tau manfaat cabe bisa sebnyak ini.. thanks infonya :-)

nonton movie

Thank you so much for already give all nice information! i'm really like you information.

penumbuh rambut botak

umumnya kalo kebanyakan bisa bikin sakit peruttt

Dedandes Dani

saya suka pedas

Ehaa

Blog nya sangat membatu (y)

Dimas

artikelnya kap-lengkap bangettt, hehe makasih banget bermanfaat bagi gue yang nggak suka pedes

Generator

Jarang jarang nemuin blog yang lengkap kayak gini, ijin share ya gan

body slim herbal

Bagi saya cabe itu ibarat langit tanpa bulan. Kalau makan gak pake cabe rasanya hambar. COba kalo ada cabe, wah makan terasa lahap.
Setelah membaca artikel ini, saya rasa was-was ya ingin makan lagi.. Ngeri juga ya bahayanya.. Trus apa donk gantinya.. Thanks infonya