Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Seri / Kersen

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Seri / Kersen
Mungkin bagi anda yang lahir di atas tahun 90-an banyak yang tidak tahu dengan buah yang satu ini. Karena memang tanaman satu ini sudah sangat jarang ditemui khususnya didaerah perkotaan, dan hampir tidak ada yang membudidayakannya seperti halnya buah mangga, jeruk dan lain-lain. Kalau dahulu ketika admin masih kecil, tanaman seri ini tumbuh liar dan banyak tumbuh di kebun-kebun bahkan ada yang menanamnya dipekarangan rumah. Karena tanaman seri biasanya cukup rindang sehingga cocok untuk dijadikan tanaman peneduh. Walaupun kita harus ekstra rajin jika menanam pohon tersebut, sebab daun tanaman ini mudah sekali rontok sehingga harus rajin dibersihkan setiap harinya.

Berbicara rasa, sebenarnya  buah seri rasanya agak standar. Hanya berasa manis sedang dengan aroma buah yang tidak begitu mencolok, tidak sepertihalnya dengan durian, jeruk maupun yang lainnya. Namun bagi admin buah satu ini menyimpan banyak kenangan tersendiri, selain dahulu memang ditanam dipekarangan rumah. Tanaman seri juga kerap kali tumbuh liar di tepi-tepi sungai. Jadi biasanya ketika admin sedang memancing ikan disungai admin kerap beristirahat dibawah pohon seri sambil sesekali mencari buah yang sudah matang. Hehe.

Belakangan ini ketika admin sedang iseng searching di mbah google, admin menemukan sebuah artikel yang memuat  tentang manfaat dari buah seri, dan ternyata buah ini memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan ketika buah ini sudah sampai di supermarket, jangan heran jika harganya bisa selangit… :)

Nah, jadi penasaran kan apa saja manfaat dari buah seri ? berikut admin ulas mengenai manfaat buah seri yang admin rangkum dari berbagai sumber :

Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah sejenis pohon sekaligus buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri (untuk ceri yang sebenarnya, lihat artikel ceri). Dalam Bahasa Madura, buah ini disebut baleci. Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah datiles, aratiles, manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia). Juga dikenal sebagai capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, dan Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yang lalu dari sini diambil menjadi kersen dalam bahasa Indonesia atau ada yang menyebutnya ceri. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kersen )

Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Seri / Ceri / Kersen

Kandungan Buah Seri setiap 100 gram

Air (77,8 gram),Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g) dan kandungan Vitamin C (80,5 mg) nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

Manfaat dan Khasiat Buah dan Daun Seri / Kersen

  • Anti Inflamasi (memulihkan nyeri otot)
    Seri memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri otot. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Oregon Health dan Science University di Amerika menunjukkan Atlet yang meminum jus Seri sebelum lari jarak jauh, ternyata lebih sedikit mengalami nyeri otot setelah lomba dibandingkan dengan yang tidak minum jus Seri.
  • Mengatasi Asam Urat
    Seri juga bermanfaat untuk mengatasi masalah asam urat, hal ini karena adanya kadar kimia berupa anthocyanin yang ampuh dalam mengurangi peradangan sehingga bisa digunakna untuk mengurangi nyeri sendi, efek dari osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Human Nutrition Research Center di University of California menunjukkan kalau perempuan yang mengonsumsi 280 gram tart Seri mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sebanyak 15 persen dalam semalam saja.
  • Meningkatkan Libido
    Bagi pasangan suami istri buah Seri sangat bermanfaat bagi kehidupan Anda, karena kandungan vitamin A dan C yang ada pada Seri dipercaya mampu meningkatkan libido pada pria maupun wanita.
  • Membantu Tidur Nyenyak
    Kandungan melatonin yang ada pada Seri dapat membantu otak untuk mengatur tidur, mengatasi jet lag, mencegah hilangnya memori serta menunda proses penuaan. Berdasarkan data dari ilmuwan di Universitas Northumria di Inggris terungkap relawan yang minum jus Seri memiliki melatonin yang signifikan.
  • Duretik yang Baik
    Kandungan kalium yang wajar dan hampir tidak adanya natrium membuat buah Seri menjadi diuretik yang sangat efektif.
  • Anti Septik
    Rebusan daun seri ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun Seri terbukti dapat membunuh bakteri sbb: C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Diduga aktivitas anti bakteri dari daun Seri ini disebabbkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.
  • Menghaluskan Kulit
    Ilmuwan dari Michigan State University di Amerika Serikat menyatakan bahwa dengan minum satu gelas jus Seri setiap hari mampu memperlambat proses penuaan. Karena menurut para ilmuwan antioksidan yang terdapat pada Seri merupakan tertinggi dengan 17 senyawa antioksidan. Jus Seri juga dianjurkan untuk mengobati jerawat, rosacea dan juga vulgaris.
  • Anti Tumor
    Daun Seri dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun Seri ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.
Nah.. setelah mengetahui begitu besarnya manfaat buah seri, apakah anda berminat untuk menanamnya ?







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.