Resep dan Cara Membuat Kolak Pisang

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in




Di bulan suci ramadhan seperti saat ini menu takjil banyak dicari oleh banyak orang sebagai salah satu menu pelengkap untuk berbuka puasa dan biasanya menjadi menu wajib untuk dihidangkan ketika berbuka puasa. Tak heran jika di saat bulan puasa akan banyak pedagang dadakan yang menjual berbagai menu takjil, dari kolak, bubur, berbagai macam olahan es dan lain-lain. Bagi kita yang terlalu sibuk dengan aktifitas kerja tentu akan lebih praktis jika langsung membeli takjil yang sudah siap makan. Tapi banyaknya penjual yang menjajakan menu takjil yang biasanya dijual di pinggir jalan membuat kita ragu akan ke higienisannya atau kebersihannya. Karena tentu kita juga tidak mau jika karna memakan takjil yang dibeli dipinggir jalan membuat kesehatan kita bermasalah sehingga dapat mengganggu ibadah di bulan suci ramadhan. Nah jadi bagi anda yang memiliki waktu senggang agak lebih alangkah lebih baiknya jika kita sendiri yang mengolah menu takjil tersebut, sebab sebenarnya tidak terlalu sulit membuatnya dan tentunya terjamin kebersihannya. Pada kesempatan kali ini admin akan share resep kolak pisang untuk berbuka puasa, karena saya sendiri sangat suka kolak pisang dan sangat mudah membuatnya. Nah kalau begitu langsung saja kita ke TKP :


Bahan :


  • 500 gram pisang tanduk yang sudah matang dan masih segar
  • 200 gr gula merah ( disisir halus )
  • 2 sendok makan gula psir2 lembar daun pandan ( dicuci bersih )
  • 100 gram kolang kaling ( potong menjadi 3 bagian )
  • 600 ml santan kelapa
  • 1 sendok teh garam halus
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • Air untuk merebus gula merah secukupnya
Cara Membuat Kolak Pisang :


  1. Kupas kulit pisang tanduk lalu potong serong dengan ukuran sesuai selera, sisihkan
  2. Rebus gula merah yang sudah disisir halus dengan 70 ml air sampai gula benar-benar larut, angkat dan saring
  3. Campur rebusan gula merah, santan kelapa, gula pasir, garam dan vanili bubuk dalam panci
  4. Rebus bahan yang sudah dicampur diatas api sedang sambil diaduk-aduk sampai mendidih
  5. Masukkan kolang kaling dan potongan pisang tanduk kedalam rebusan santan, diamkan sampai matang sambil sedikit diaduk
  6. Kolak pisang santan siap disajikan








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.