Tips dan Cara Meninggikan Badan Secara Alami

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , ,


tips dan cara mudah meninggikan badan secara alami
Bagi sebagian orang, tinggi badan tidak terlalu berpengaruh terhadap kepercayaandiri mereka. Selagi mereka bisa mensiasatinya, badan yang kurang tinggi bukanlah masalah yang harus terlalu di khawatirkan. Sebab masih ada faktor-faktor lain yang dapat menunjang penampilan seseorang. Walaupun ada juga beberapa orang yang menganggap bahwa tinggi badan sangat mempengaruhi kepercayaandiri mereka. Malah ini dianggap masalah yang serius. Contohnya saja wanita rela memakai sepatu berhak tinggi yang sebenarnya sangat tidak nyaman digunakan. Atau orang – orang yang menghindari untuk berjalan bersama-sama agar tidak terlihat perbandingan tinggi badan dengan temannya. Dan masih banyak lagi contoh kasus yang lain. Tapi secara garis besar antara yang mengganggapnya bukan suatu masalah dan mengganggapnya masalah adalah pada kepuasan hati seseorang. Tapi akan berbeda dengan kasus seseorang yang sangat ingin menjadi seorang tentara atau polisi. Tinggi badan akan menjadi masalah yang serius, karena tinggi badan menjadi persyaratan wajib untuk menjadi tentara dan polisi. Lalu bagaimana jika kita memiliki tinggi badan kurang dari standar yang di persyaratkan ? biasanya sih untuk laki – laki 165 cm dan 160 cm untuk wanita. Kira – kira masih adakah harapan untuk menambah tinggi badan ? untuk itu, disini admin akan mencoba mengulas mengenai masalah cara meninggikan badan, berikut beberapa informasi yang berhasil admin rangkum dari berbagai sumber :

Tinggi badan manusia bergantung pada faktor lingkungan dan genetik. Tinggi badan manusia beragam menurut pengukuran antropometri. Kelainan variasi tinggi badan (sekitar 20% penyimpangan dari rata-rata) menyebabkan seseorang mengalami gigantisme atau dwarfisme, bila tak lebih dari variasi tersebut masih bisa dikatakan normal.

Pertumbuhan rata-rata untuk setiap jenis kelamin dalam populasi berbeda secara bermakna, di mana pria dewasa rata-rata lebih tinggi daripada wanita dewasa. Selain itu, tinggi badan manusia juga berbeda menurut kelompok etnis.

Pertumbuhan tinggi badan biasanya berhenti ketika lempeng pertumbuhan (lempeng efifisis) di ujung tulang menutup. Penutupan ini terjadi sekitar usia 16 tahun pada wanita atau 18 tahun pada pria. Tetapi, kadang-kadang pada sebagian orang, baru menutup pada usia sekitar 20-21 tahun.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Tinggi_badan_manusia

Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan

Genetik 
Genetik merupakan hal yang mempengaruhi tinggi badan manusia dari sejak lahir. Misalkan seorang anak lahir dari kedua orangtua yang memiliki tinggi badan yang cukup tinggi, maka tidak aneh rasanya jika anaknya pun tumbuh dengan tinggi badan yang ideal. Hal genetik sebagai hal yang mempengaruhi tinggi badan bukanlah hal yang dapat diatur dan dipilih oleh manusia itu sendiri. Kode genetik yang didapatkan seseorang tentu akan berbeda dan tidak dapat diusahakan untuk menjadi sesuai keinginan. Salah satu kode genetik yang populer untuk menentukan tinggi badan adalah gen HMGA2.

Asupan Gizi dan Nutrisi 
Sesuai dengan namanya, bagian ini menjelaskan bagaimana asupan gizi dan nutrisi memiliki peranan untuk menentukan tinggi badan seseorang. Akan tetapi asupan gizi dan nutrisi ini sangat berpengaruh untuk tinggi badan jika tercukupi di usia-usia pertumbuhan. Usia kanak-kanak seseorang merupakan usia pertumbuhannya. Jadi asupan gizi dan nutrisi yang mendukung pertumbuhan tinggi badan, tentu akan menghasilkan tinggi badan yang ideal juga. Asupan gizi dan nutrisi yang dimaksud adalah asupan protein dan kalsium khususnya. Karena kedua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dengan maksimal.

Olahraga
Dalam mendapatkan tinggi badan yang ideal tentu harus ada hal usaha dibaliknya. Hal olahraga merupakan yang paling signifikan untuk dapat menambah tinggi badan. Olahraga teratur dapat merangsang tulang untuk tumbuh dengan maksimal dan tentunya lebih sehat. jenis-jenis olahraga apa yang dapat dilakukan untuk menambah tinggi badan akan dijelaskan di bagian berikutnya dalam artikel ini.

Istirahat (tidur)
Istirahat (tidur) yang berkualitas sangat mempengaruhi pertumuhan tinggi badan manusia. Sebab jika anusia melakukan istirahat yang pulas dna cukup hormon pertumbuhan akan bekerja secara maksimal, hormon pertumbuhan akan diproduksi bila manusia beristirahat (tidur) sudah mencapai 4 jam. Meskipun seseorang yang telah dewasa (maksimal usia 30 tahun) dapat bertambah tinggi badannya dengan istirahat yang teratur sebab dengan istirahat yang teratur tulang rawan akan berkembang dengan baik dan berubaj menjadi tulang biasa, yang akan bertambah panjang. Maka dari itu, tidurlah minimal 8 jam sehari untuk memperoleh produksi hormon pertumbuhan yang maksimal, kurangi tidur sampai larut malam.

Hormon
Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan laki-laki adalah hormon tetosteron dan hormon pertumbuhan (GH), untuk perempuan hormon estrogen dan hormon pertumbuhan (GH). Untuk memaksimalkan tinggi badan seseorang harus memaksimalkan kinerja hormon-hormon tersebut, untuk memacu hormon-hormon tersebut lakukanlah aktivitas sesuai kondratnya supaya pertumbuhan badan anda maksimal.

Lingkungan
Salah satu faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan atau tinggi badan seseorang adalah polusi. Berbagai jenis polutan yang terdapat pada udara baik di luar ataupun di dalam rumah dapat mempengaruhi pertumbuhan seseorang.

Cara Meninggikan Badan Secara Alami

Olahraga Secara Rutin
Dalam meninggikan badan agar cepat tercapai hal yang pertama yakni dengan rajin berolahraga. Ya, jika Anda ingin bertambah tinggi, lakukanlah olahraga secara teratur. Beberapa jenis olahraga yang dapat Anda lakukan, misalnya sepak bola, basket, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, berenang, lompat tali. Sebisa mungkin pilihlah olahraga yang mengandung gerakan-gerakan semacam lompatan agar tubuh Anda terbiasa berjingkat (menarik otot-otot tubuh). Anda tidak perlu memaksakan diri untuk berolahraga di gym. Anda bisa sesekali saja berolahraga (melakukan latihan di gym), selebihnya olahraga ringan seperti yang sudah disebutkan tadi. Cara meninggikan badan dalam waktu singkat yang mudah bukan?

Keyakinan (Sugesti Diri)
Cara berikutnya, untuk meninggikan badan secara mudah bisa Anda lakukan dengan memperhatikan postur tubuh Anda. Mengapa dengan memperhatikan postur tubuh Anda? Pernah dengar istilah sugesti? Ya, sugesti dari dalam Anda ketika Anda sedang berdiri tegak memberikan sinyal ke otak Anda untuk menambah tinggi badan. Biasakan berdiri dengan tegak dan saat duduk pun tegak.

Konsumsi Makanan Penunjang Tinggi Badan
Selanjutnya, konsumsilah makanan yang kaya nutrisi sebagai cara meninggikan badan dalam waktu singkat. Pilihlah jenis makanan yang banyak mengandung zat kalsium, vitamin, protein, mineral. Kemudian, janganlah lupa dengan makanan seperti daging, susu, buah, dan sayur-mayur. Itu sangat penting untuk tubuh Anda, terutama pertumbuhan tulang dan gigi Anda.

Konsumsi Air Putih
Selain cara di atas tadi masih ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk meninggikan badan. Cara yang tergolong sederhana namun ampuh lainnya yakni dengan meminum air yang cukup. Sepele memang, namun siapa sangka jika Anda mengonsumsi air dalam jumlah yang tidak memenuhi standar kebutuhan tubuh Anda, maka peredaran sari-sari makanan tidak akan lancar. Akibatnya, zat-zat yang seharusnya tersuplai ke seluruh area tubuh Anda menjadi terhambat. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup juga baik untuk pencernaan Anda. Jika Anda merasa lelah, bukankah air putih menjadi penolong utama penghilang dahaga Anda? Begitu juga kegunaannya untuk pertumbuhan tulang dan gigi Anda. Faktanya, banyak kasus yang terjadi ketika orang yang ingin meninggikan badannya ia memakan makan dengan asupan nutrisi yang tinggi. Namun, yang terjadi ia tak kunjung bertambah tinggi. Hal itu dikarenakan konsumsi air putihnya yang kurang (tidak mencukupi standar kebutuhan tubuh).

Tingkatkan Kualitas Istirahat
Cara alami berikutnya yakni dengan melakukan tidur dalam waktu yang cukup. Saat Anda telah melakukan rutinitas tidur dengan kapasitas waktu yang cukup, dengan kata lain Anda juga telah melakukan tidur yang berkualitas. Bagaimana bisa tidur dengan waktu yang cukup membuat Anda bertambah tinggi? Jawabannya, menurut beberapa ahli, saat tubuh manusia sedang tidur, tubuh memproduksi asam amino-glutamin. Zat tersebutlah yang akan memicu hormon-hormon pertumbuhan yang ada pada tubuh manusia. Maka dari itu, walaupun Anda adalah orang dengan mobilitas aktivitas tinggi, sempatkanlah tidur walaupun 1 atau 2 jam, tetapi beberapa kali dalam sehari. Manusia minimal sebaiknya tidur selama 8 jam per hari. Cara tersebut termasuk cara yang cukup sederhana kan?

Sumber : https://www.masbroo.com/cara-meninggikan-badan.html

Cara Meninggikan Badan di Usia Dewasa

Jadi apakah setelah mencapai usia 25 tahun, manusia tidak perlu lagi mencari cara meninggikan badan karena pertumbuhan sudah terhenti? Tidak juga. Beberapa hal di bawah ini mungkin memang tidak akan membuat Anda seketika bertambah tinggi, tetapi dalam jangka panjang dapat membuat Anda tampak lebih tinggi berkat postur tubuh yang lebih ideal.

Perbaiki Postur Tubuh Anda
Membungkuk, terutama saat duduk, cenderung membuat posisi tulang belakang menjadi abnormal dan otot menjadi lemah. Kondisi ini dapat membuat Anda tampak lebih pendek dari yang seharusnya. Tegakkan punggung dan tarik pundak ke belakang. Jika harus duduk lama, usahakan untuk berdiri dan bergerak setidaknya tiap 30 menit sekali.

Untuk mendapatkan gambaran postur yang tepat saat berdiri, cobalah berdiri membelakangi dinding dengan kepala dan bokong menyentuh dinding. Postur berdiri yang baik adalah ketika leher Anda berjarak 5 cm dari dinding dan punggung bawah Anda berjarak sekitar 2.5-5 cm dari dinding.

Selain itu, tidurlah di atas tempat tidur yang menyangga tulang punggung dengan baik karena 1/3 dari hidup Anda akan dihabiskan di atas tempat tidur. Jika Anda tidur menyamping, tempatkan bantal di bawah kepala dan di antara dua kaki untuk menjaga agar tulang punggung Anda tetap lurus.

Mengubah Penampilan

Cara meninggikan badan dapat juga dilakukan melalui kamuflase penampilan dengan cara berikut.
  • Berpakaian dengan model dan warna tertentu. Mengenakan pakaian dengan atasan dan bawahan atau terusan dengan warna sama akan membuat Anda tampak lebih tinggi. Sebagai tambahan, utamakan warna gelap. Anda juga dapat mengenakan atasan dengan warna cerah dan bawahan lebih gelap. Sebagai alternatif agar tampak lebih tinggi, kenakan pakaian dengan motif garis-garis vertikal. Potongan pakaian yang pas di badan juga menjadikan Anda tampak lebih tinggi.
  • Kenakan sepatu hak tinggi, terutama yang berwarna senada dengan warna kulit untuk menciptakan ilusi kaki yang lebih jenjang. Pilih yang berujung runcing jika Anda mengenakan sepatu berpermukaan datar.
  • Hindari mengenakan ikat pinggang berukuran lebar, apalagi dengan warna mencolok.
  • Rambut pendek atau yang menunjukkan pundak dan leher akan membuat Anda tampak lebih tinggi. Cara lain, ikat rambut Anda menjadi serupa ekor kuda atau cepol.
Memperbaiki Gaya Hidup

Nutrisi yang baik berkontribusi hingga 20-40 persen pada tinggi badan seseorang.
  • Penuhi kebutuhan harian akan buah-buahan, sayur-sayuran, protein, biji-bijian dan susu. Protein bisa didapatkan dari telur, daging unggas, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak. Penuhi kebutuhan kalsium dari sayuran berwarna seperti bayam dan wortel, dan produk susu. Sebaliknya, batasi konsumsi lemak trans dan gula yang biasanya terkandung pada camilan.
  • Olahraga secara teratur, terutama bagi anak-anak, menjadikan tulang lebih kuat dan memicu tubuh memproduksi hormon pertumbuhan. Untuk orang dewasa, Anda dapat melakukan gerakan tertentu seperti planks, juga latihan untuk punggung bawah dan perut untuk memperbaiki postur sehingga terlihat lebih tinggi.
  • Penuhi kebutuhan badan untuk istirahat. Kurang istirahat akan menghambat pertumbuhan badan.
  • Rokok membuat pertumbuhan, terutama di masa pubertas, menjadi terhenti.
  • Air putih membantu tubuh untuk tumbuh lebih cepat. Oleh karenanya cukupi kebutuhan cairan harian.
  • Untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, konsumsi suplemen  vitamin jika dibutuhkan.
  • Yoga dapat membantu perbaikan postur sekaligus melenturkan otot tubuh.
  • Batasi aktivitas yang membuat Anda malas bergerak, seperti menonton TV ataupun bermain video game.
Sumber : http://www.alodokter.com/cara-meninggikan-badan-dengan-sehat-dan-alami






Cari Artikel Menarik Lainnya



loading...

Share This Post

0 komentar: