Manfaat dan Khasiat Daun Sintrong Bagi Kesehatan

Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Daun Sintrong, Si Gulma yang Bermanfaat -
Apakah sobat seorang yang menyukai sayuran atau lalapan ? jika sobat hobi makan lalapan seperti timun, daun kemangi, jengkol atau petai mungkin itu hal yang biasa, karena memang lalapan tersebut umum di makan oleh seseorang. Tapi pernahkah sobat lalap dengan daun sintrong ? atau malah sobat ada yang belum tau apa itu daun sintrong ? kalau belum tahu bisa dilihat pada gambar di samping. Bagaimana ? mungkin sobat pernah melihatnya dipekarangan atau dikebun-kebun sebab tanaman ini tumbuh liar dan sering dianggap gulma. Daun sintrong sendiri memiliki banyak nama atau sebutan, dan di setiap daerah berbeda namanya. Kalau di tempat admin biasa disebut daun sintrong. Dan mungkin berbeda sebutan di daerah anda. Hehehe

Daun sintrong biasanya dijadikan sebagai lalapan, baik di lalap setelah di rebus dahulu atau bisa langsung mentah-mentah saja sesuai selera. Khusus buat admin doyan banget lalap mentah. Akan tetapi daun sintrong tidak hanya dijadikan lalapan saja melainkan bisa juga ditumis atau di sayur santan. Bagi admin daun sintrong itu memiliki cita rasa dan aroma yang khas. Dan dapat menambah selera makan. Selain enak di santap, daun sintrong juga pasti memiliki manfaat. Sebab seperti halnya sayuran lain, daun sintrong juga tentu memiliki nilai gizi yang tinggi. Sehingga dari nilai gizi tersebut bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari daun sintrong :

Sintrong (Crassocephalum crepidioides) adalah sejenis tumbuhan anggota suku Asteraceae. Terna ini umumnya ditemukan liar sebagai gulma di tepi jalan, di kebun-kebun pekarangan, atau pada lahan-lahan terlantar; pada ketinggian di atas 200 m dpl. Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dikenal sebagai ebolo, thickhead, redflower ragleaf, atau fireweed. Di Indonesia, biasa tumbuhan ini disebut bagini, jambrong, tespong (Sunda), jombloh, mandrung-mandrung, puyung dantaplek (Jawa).

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sintrong

Manfaat dan Khasiat Daun Sintrong Bagi Kesehatan

  • Mengatasi gangguan pada perut (maag, nyeri dll).
  • Mengobati pusing / sakit kepala.
  • Mempercepat penyembuhan luka.
  • Bersifat antiradang.
  • Tonikum
  • Emetik (Memancing muntah)
  • Pencahar (Obat cuci perut)
  • Menurunkan demam.
  • Obat alami untuk radang amandel.
  • Eksim
Cara Penggunaan :

Siapkan beberapa helai daun sintrong (secukupnya) kemudian dihaluskan dan direbus dengan menambah sedikit air. Tambahkan garam dapur dan diminum selagi hangat.

Efek Samping Daun Sintrong

Karena adanya kandungan alkaloida pirolizidina dalam sintrong, sebaiknya Anda mengkonsumsi sayuran sintrong ini secara wajar dan tidak berlebihan. Apabila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan atau tidak sewajarnya, akan dapat menimbulkan efek samping dari sayuran sintrong tersebut, yaitu pemicu timbulnya kanker atau tumor dan kerusakan pada organ hati.







Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

adinda dinillah

halo mas adi.
apakah ada resep khusus untuk mengolah daun sintrong agar bisa dijadikan resep makanan?
web saya tertarik untuk mereview nya. terimakasih.