7 Manfaat dan Khasiat Kimchi Bagi Kesehatan


Mungkin sebagian besar sobat pembaca disini belum banyak yang tahu tentang makanan yang bernama kimchi ini. Sebab memeng kimchi bukanlah makanan khas Indonesia melainkan makanan yang berasal dari negeri gingseng yaitu korea. Kenapa admin tertarik untuk makanan yang satu ini karena ternyata banyak diberitakaan di berbagai media bahwa kimci ini merupakanan makanan fermentasi tersehat di dunia. Untuk gambaran bagi yang belum tahu apa itu kimchi, jadi kimchi merupakan sayuran fermentasi yang bisa berasal dari sawi atau lobak dengan ditambahkan beberapa bumbu seperti lada, bawang, dan lain-lain. Awalnya admin penasaran dengan rasa dari kimchi ini, akhirnya admin mencoba pergi ke restoran khas korea yang menyediakan kimchi, dan tara… setelah admin mencoba masak dari kimchi rasanya benar-benar tidak nyaman di lidah. Rasa asam atau kecut sangat dominan dimasakan ini mungkin hal tersebut efek dari fermentasi atau memang lidah admin memang lidah nusantara yang tidak terbiasa dengan masakan luar.

Sebenarnya di Indoensia sendiri banyak sekali kuliner yang berasal dari olahan makanan yang difermentasi seperti tempoyak yang di fermentasi dari daging buah durian ada juga ikan yang di fermentasi dengan dimasukan kedalam toples tertutup yang diberi garam. Dulu ketika admin pertama kali mencoba makan tempoyak sepertihalnya admin makan si kimchi ini, rasanya benar-benar tidak nyaman di lidah, namun lama kelamaan admin sekarang sangat doyan dengan namanya sambal tempoyak, bahkan kalau ada sambel tempoyak makan admin sangat lahap bahkan tidak sungkan untuk nambah lagi. Dan mungkin bisa berlaku dengan si kimchi ini, ketika kita sudah terbiasa memakanannya mungkin bakal ketagihan juga seperti makan tempoyak. Sebab di negeri asalnya, kimchi sangat digemari oleh masyarakat korea bahkan menjadi menu wajib yang harus ada dihidangan makan mereka.

Berbicara mengenai manfaat si kimchi ini tentu pasti banyak manfaatnya bagi kesehatan, sebab kalau tidak ada manfaat tentu tidak akan dinobatkan sebagai makanan tersehat didunia. Lalu apa sajakah manfaat dari si kimchi ini ? yuk simak infonya di bawah ini :

  1. Membangkitkan Selera Makan
    Kandungan yang ada di dalam makanan ini sangat baik sekali jika di konsumsi oleh anda yang barusan sembuh dari sakit. Hal ini di terjadi karena kimchi korea memilki senyawa yang dapat membangkitkan selera makan anda. Oleh karena itu, untuk anda yang ingin membangkitkan selera makan bisa untuk mengkonsumsinya.
  2. Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan
    Selain mengandung kalori yang rendah kimchi juga mengandung serat tinggi. Hal ini tentu akan membantu organ pencernaan untuk menyerap makanan sehingga lebih mudah dan lebih cepat. Kimchi juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit umum dan sangat baik bagi menjaga kesehatan tubuh.
  3. Sumber Probiotik
    Karena kimchi diolah melalui cara fermentasi, maka kimchi memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Kandungan probiotik ini membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dan membantu melawan semua infeksi. Selain itu kimchi juga mengandung vitamin dan mineral yang membantu untuk memperlancar aliran darah dan meningkatkan sistem imun tubuh dan juga meningkat pertumbuhan otot.
  4. Kaya Akan Antioksidan
    Bahan-bahan seperti merica, jahe, serta bawang putih dapat membantu sistem imun dalam tubuh untuk mencegah masuknya penyakit. Selain itu, membantu tubuh semakin hangat dan mencegah beberapa penyakit untuk masuk dan menyerang tubuh. Hal ini di sebabkan karena antioksidan dalam kimchi dapat menjaga tubuh anda dari pengaruh radikal bebas yang dapat merusak kesehatan tubuh anda.
  5. Menurunkan Tekanan Darah
    Mengonsumsi kimchi secara rutin setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah. Karena bahan yang digunakan dalam pembuatan kimchi adalah kubis dan juga bawang putih. Kedua bahan makanan ini mengandung allicin dan selenium. Kedua zat ini berfungsi sebagai pengontrol kadar kolesterol dalam tubuh anda agar tetap rendah dan berfungsi untuk mencegah penyumbatan lemak pada dinding arteri atau pembuluh darah.
  6. Membantu Mendapatkan Berat Badan Ideal
    Anda heran mengapa badan wanita korea terlihat langsing dan tidak terlalu gemuk? Itu karena mereka terbiasa mengonsumsi kimchi. Dalam kimchi terdapat bakteri baik yang bernama Lactobacillus yang berfungsi untuk menekan nafsu makan dan membantu menurunkan kadar gula darah. Jadi kimchi menjaga bentuk tubuh agar tetap langsing. Selain itu kimchi memiliki serat tinggi yang membuat kita kenyang lebih lama.
  7. Melawan Kanker
    Kimchi menjadi makanan yang dipercaya bisa melawan kanker. Itu karena kimchi memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang membantu dalam memerangi kanker. Jadi kimchi memiliki peranan dalam memerangi penyakit kanker dalam
Sumber Referensi :
https://manfaat.co.id/manfaat-kimchi
https://www.khasiat.co.id/makanan/kimchi-korea.html




loading...


0 komentar: