Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Ikan Lele Bagi Kesehatan



Berawal dari informasi yang admin baca dari berbagai blog terkait ikan lele, admin jadi tertarik untuk membahas si ikan lele. Sebab dari beberapa blog memposting tentang manfaat mengkonsumsi ikan lele namun sebagian lagi justru memposting tentang bahaya mengkonsumsi ikan lele. Kenapa ini penting untuk di bahas, sebab seperti yang kita ketahui bahwa ikan lele merupakan jenis ikan yang paling banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ini disebabkan karena ikan lele sendiri merupakan jenis ikan konsumsi yang termasuk ekomonis yang dapat dibeli oleh kalangan menengah kebawah. Selain itu ikan lele memang sangat mudah didapatkan baik dalam kondisi masih mentah maupun dalam bentuk masakan atau olahannya. Bisa kita lihat dari banyaknya pedagang pecel lele dan rumah makan seperti rumah makan padang yang juga menyediakan menu ikan lele.

Tingginya konsumsi ikan lele di Indonesia menjadi fenomena yang menarik, sehingga dari itu kita perlu mengkaji sejauh mana dampak positif dan negatif dari si ikan lele. Dengan kita mengetahui apa manfaat dan bahaya dari si ikan lele kita lebih bijak lagi dalam mengkonsumsinya. Sehingga jangan sampai kita mengkonsumsinya karna hanya harganya murah tapi karena adanya pertimbangan lain terkait si ikan lele. Nah berikut ini admin akan mengulas mengenai apa manfaat dan bahaya mengkonsumsi ikan lele yang perlu kita ketahui :

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Lele

  • Sebagai Sumber Protein
    Ikan lele adalah ikan air tawar yang dapat menjadi sumber protein hewani yang cukup tinggi, yaitu sekitar 20%. Keistimewaan protein yang terkandung di dalam ikan adalah karena protein pada ikan tak hanya berfungsi menambah jumlah protein yang Anda santap tetapi sekaligus dapat menjadi pelengkap mutu protein yang ada dalam menu makan Anda. Dalam protein ikan lele terkandung semua asam amino esensial lisin, metionin dan leusin  dengan kadar protein yang lebih tinggi bila dibanding dengan protein pada susu dan daging.
  • Kaya Phospor
    Kandungan phospor  pada ikan lele yang mencapai 168 mg/ 100 gram terbukti lebih tinggi daripada yang terdapat di telur yang hanya 100 mg. Phospor berguna untuk memberi kekuatan dan energi dalam metabolisme lemak dan pati, menjadi penunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sistesis DNA, serta membantu penyerapan / pemakaian kalsium  Phospor juga lebih banyak dibutuhkan ibu hamil sebab berguna untuk pembentukan tulang pada janin.
  • Kesehatan Kardiovaskuler
    Perbandingan kalium dan natrium pada ikan lele yang mencapai 24,5 : 1 juga tergolong tinggi  sehingga sangat baik untuk kesehatan cardio dan pembuluh darah Anda.  Syarat sebuah makanan dikatakan baik untuk kesehatan jantung adalah jika perbandingan kalium terhadap natrium lebih dari  5 : 1.
  • Rendah Lemak
    Lemak yang terdapat pada ikan lele adalah lemak dengan sifat yang sederhana, yaitu trigliserida yang netral. Lemak yang rendah ini banyak terdapat di bagian perut, terutama pada tubuh ikan bagian sebelah bawah serta yang terdapat di dalam hati ikan. Terdapat juga lemak yang bersifat komplek. Karena rendah lemak maka kolesterol secara tak langsung dapat ikut tertekan.
  • Kaya Omega 3
    Berguna untuk membantu pada proses perkembangan otak janin pada ibu hamil. Juga penting untuk perkembangan fungsi penglihatan dan saraf bayi.
  • Sumber Protein Pendek
    Ini berakibat daging lele lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh Anda dan sangat aman untuk sistem pencernaan tubuh, jika anda ingin mengkonsumsi daging yang mudah di cerna, lele menjadi pilihan utama.

Bahaya Mengkonsumsi Ikan Lele
  • Ikan lele mengandung markuri di dalamnya, jika anda mengkonsumsi ikan lele secara berlebihan maka akan terkena efek merkuri yang tentunya dapat mengencam kesehatan tubuh kita.
  • Selaian kandungan markuri yang berbahaya dalam kandungan ikan lele juga terdapat bakteri pada ikan lele. Dalam hal ini memeng ikan lele hidup dalam air yang kotor sehingga air untuk mempertahankan hidup lele ini terkontiminasi bakteri. Efeknya perut akan saki perut, diare, dan itu sebab mengkonsumsinya secara berlebihan. Maka dari itu, hindarilah mengkonsumsi ikan lele secara berlebihan dan konsumsilah secara teratur.
  • Beresiko penyakit hipertiroid. Banyak sekali para peternak ikan lele ini memanfaatkan bangkei hewan atau kotoran hewan sebagai pakan harian ikan lele. Bahaya dalam mengkonsumsi ikan lele disini yaitu dapat menyebabkan gangguan pada leher yang terasa nyeri serta timbul bengkak, infeksi, dan peradangan. Kondisi ini di sebabkan karena cairan dalam tiroid meningkat dengan mengkonsumsi ikan lele secara berlebihan. Oleh karenanya, konsumsilah ikan lele secukupnya saja.
  • Beresiko penyakit jantung. Pemeliharaan atau budidaya ikan lele yang tidak baik serta cara mengolah atau memasak dengan menggunakan minyak trans akan berdampak pada kesehatan tubuh yang tidak sehat yang dapat memicu pada pembuluh arteri jantung sehingga efeknya terkena penyakit sakit jantung. Penyakit jantung yang di sebabkan karena cara mengkonsumsi ikan lele yang salah dan secara berlebihan ini yaitu terdiri dari gagal jantung, jantung koroner, serta gangguan pada jantung yang berbahaya.
Sumber referensi : https://manfaat.co/manfaat-ikan-lele.html





loading...


0 komentar: