Kandungan Gizi dan Manfaat Belut Bagi Kesehatan


Belut, hewan yang biasa hidup di daerah air yang berlumpur ini kadang membuat admin jadi merasa agak geli melihatnya, malah bagi sebagian orang ada yang sangat takut dengan bentukbelut yang mirip sekali dengan ular. Apalagi jika dipegang.. haduh bisa makin geli.. hehehe.. tapi sebenarnya untuk soal rasa, si belut ini masih megang loh sobat.. rasanya enak dan gurih namun agak alot. Dan banyak orang yang bilang kalau belut sangat baik sebagai makanan penambah darah.. apakah benar demikian ? dan tahukah sobat pembaca, bahwa belut kini juga sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang gurih malah kini belut juga diolah menjadi camilan yang bisa djadikan oleh-oleh. Walaupun menurut admin harga untuk belut ini lumayan agak mahal di bandingkan dengan ikan biasa dan belut juga lumayan sulit dicari, ketimbang ikan air tawar dan ikan laut. Tapi berbicara tentang belut, sebenarnya kandungan gizi apa yang terdapat di dalam daging belut sehingga baik untuk menambah darah. Nah untuk lebih jelasnya berikut informasi yang berhasil admin rangkum dari berbagai sumber.

Belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae. Suku ini terdiri dari empat genera dengan total 20 jenis. Jenis-jenisnya banyak yang belum diberikan dengan lengkap sehingga angka-angka itu dapat berubah. Anggotanya bersifat pantropis (ditemukan di semua daerah tropika). Belut berbeda dengan sidat, yang sering dipertukarkan. Ikan ini boleh dikatakan tidak memiliki sirip, kecuali sirip ekor yang juga tereduksi, sementara sidat masih memiliki sirip yang jelas. Ciri khas belut yang lain adalah tidak bersisik (atau hanya sedikit), dapat bernapas dari udara, bukaan insang sempit, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk. Belut praktis merupakan hewan air darat, sementara kebanyakan sidat hidup di laut meski ada pula yang di air tawar. Mata belut kebanyakan tidak berfungsi baik; jenis-jenis yang tinggal di gua malahan buta. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Belut)

Kandungan Gizi Belut

Nama Bahan Makanan : Belut
Nama Lain / Alternatif : Paling
Banyaknya Belut yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Belut yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Belut = 303 kkal
Jumlah Kandungan Protein Belut = 14 gr
Jumlah Kandungan Lemak Belut = 27 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Belut = 0 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Belut = 20 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Belut = 200 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Belut = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Belut = 1600 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Belut = 0,1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Belut = 2 mg
Khasiat / Manfaat Belut : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : B

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat Belut Bagi Kesehatan

  • Sebagai Sumber Protein yang Baik
    Belut  ternyata memiliki kandungan protein yang  tinggi. Kandungan protein belut adalah sebesar  18,4 g/ 100 gr daging, itu setara dengan protein daging sapi (18,8 g/ 100gr), protein belut lebih tinggi dari protein telur yang hanya sebesar(12,8 g/100 gr). Seperti yang kita ketahui  protein sangat baik untuk membantu membangun kembali  sel-sel yang rusak. Oleh karena itu belut bermanfaat sebagai sumber protein berlimpah yang  aman dikonsumsi  semua umur.
  • Meningkatkan Kesehatan Otot
    Belut  juga kaya akan kandungan arginin (asam amino nonesensial) yaitu hormon yang berpengaruh terhadap pertumbuhan manusia, atau biasa disebut dengan human growth hormone (HGH). HGH inilah yang  mampu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak didalam tubuh. Beberapa uji laboratorium  menunjukkan bahwa arganin dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker payudara.
  • Menambah Stamina
    Belut, binatang yang mirip ular ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi yaitu sebesar  303 kkal /100 gram daging, lebih tinggi dibanding  telur yang hanya sebesar  162 kkal/ 100 gram tanpa kulit,kandungan kalori belut  juga lebih besar dari daging sapi yang hanya sebesar 207 kkal/100 gram. Dari fakta  ini menunjukkan bahwa  belut dapat  menjadi makanan penambah stamina yang cukup baik.
  • Membuat Tulang Menjadi Kuat
    Nilai kandungan fosfor pada belut  dua kali lipat jika  dibandingkan fosfor pada telur. Tanpa adanya  fosfor, kalsium tidak mampu  membentuk massa tulang. Untuk itulah dalam jumlah tertentu fosfor sangat berguna  bagi tubuh untuk pembentukan  tulang yang kuat.
  • Mencegah Anemia
    Kandungan zat besi  dalam belut cukup tinggi yaitu sebesar  20 mg/100 gram, jumlah ini lebih banyak dibanding dengan kandungan zat besi yang terdapat dalam telur dan daging yang hanya sebesar 2,8 mg/ 100gram. Dengan mengkonsumsi 125 gram belut setiap hari sudah  cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh, yaitu sebesar 25 mg per hari. Zat besi  sangat bermanfaat untuk pencegahan  penyakit anemia.





loading...


0 komentar: