Benarkah Mandi Malam Hari Bisa Sebabkan Rematik ?



Benarkah mandi malam hari bisa sebabkan rematik ?  Hal ini kerap kali menjadi pertanyaan yang selalu terlintas dipikiran admin, sebab isu bahwa mandi malam hari yang bisa sebabkan rematik ini memang sudah banyak diketahui orang dan bukanlah hal yang baru untuk klita. Tapi di era keterbukaan informasi seperti saat ini yang semua bisa kita ketahui melalui internet, admin rasa bahwa kita perlu mengkaji dan menelusuri akan kebenaran informasi tersebut, sehingga kita tidak salah kaprah terhadap informasi yang kita peroleh. Karena ketika kita yang tidak tahu akan kebenaran sebuah informasi dan kemudian kita menyebarkan informasi itu sama halnya kita membantu menyebar luaskan kebohongan. Atau bahasa kerennya saat ini ialah Hoax. Nah agar kita tidak salah kaprah terkait mandi malam hari ini, yuk kita bahas informasinya yang telah admin rangkum dari berbagai sumber :

Suhu dingin memang diketahui bisa mengakibatkan kapsul sendi mengkerut. Kondisi ini menyebabkan munculnya rasa nyeri pada penderita rematik. Karena itulah sangat disarankan untuk mandi dengan air hangat jika Anda ingin mandi di malam hari.

Dr Andry Reza Rahmadi, SpPD, MKes, dokter spesialis penyakit dalam RS Hasan Sadikin Bandung, menegaskan bahwa mandi air hangat sangat dianjurkan untuk mereka yang sudah terkena penyakit artritis reumatoid atau rematik lainnya. Tidak benar jika orang yang sehat lalu mandi malam kemudian terkena rematik. Sampai sekarang belum ada bukti yang bisa membuktikan bahwa hal tersebut benar.

Seseorang bisa menderita rematik akibat mandi di malam hari hanyalah mitos belaka. Dr Andry menegaskan bahwa itu tidak benar, yang perlu diperhatikan jika Anda memiliki rematik sebaiknya hindari mandi malam. Dalam hal ini kurun waktu yang dikatakan malam yaitu selepas Magrib sampai pagi berikutnya. Tapi, bergantung pula pada daerah tempat tinggal orang tersebut. Mereka yang tinggal di daerah pegunungan suhu dinginnya mungkin bisa didapat dalam waktu yang lebih sore.

Sumber Referensi : http://doktersehat.com/mandi-malam-picu-rematik-benarkah/




loading...


0 komentar: