Kandungan Dan Khasiat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

34
Diposkan oleh Adi Wijaya on Selasa, 28 Agustus 2012 , in , ,


Kandungan Dan Khasiat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan -
Apakah anda termasuk orang yang menyukai buah – buah tropis ? mungkin buah kelapa salah satunya ? memang sejak dahulu kita mengetahui bahwa buah – buahan sangat bagus bagi tubuh kita. Dikarenakan kandungan vitamin, mineral dan serat dari buah itu sendiri. Termasuk juga dengan buah kelapa dan tentu anda juga tak kan heran jika buah kelapa mengandung banyak manfaat dan khasiat. Namun sebelum saya paparkan manfaatnya , mari kita bahas buah kelapa itu sendiri.

Kelapa (Cocos nucifera) termasuk jenis tanaman palma yang mempunyai buah berukuran cukup besar. Batang pohon kelapa umumnya berdiri tegak dan tidak bercabang, dan dapat mencapai 10 - 14 meter lebih. Daunnya berpelepah, panjangnya dapat mencapai 3 - 4 meter lebih dengan sirip-sirip lidi yang menopang tiap helaian. Buahnya terbungkus dengan serabut dan batok yang cukup kuat sehingga untuk memperoleh buah kelapa harus dikuliti terlebih dahulu. Kelapa yang sudah besar dan subur dapat menghasilkan 2 - 10 buah kelapa setiap tangkainya. ( Sumber : iptek.net.id ).


Kandungan Air Kelapa Muda

Secara umum, air kelapa mengandung 4,7 persen total padatan, 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral. Komposisi gizi yang demikian bagus menyebabkan air kelapa dapat digunakan sebagai media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobacter xylinum untuk produksi nata de coco.

Manfaat dan Khasiat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan :
  • Dengan meminum air kelapa muda secara teratur akan mengobati demam berdarah. Bisa juga diminum dengan ditambah perasan jeruk nipis.
  • Menghilangkan rasa kelelahan dan lesu. Minumlah dengan sedikit gula dan es agar terasa lebih segar.
  • Mampu mengobati cacingan pada anak-anak. Tambahkan sedikit sari jeruk pada segelas air kelapa muda. Minumlah hingga 3x sehari.
  • Mengatasi susah buang air kecil dan sering buang air kecil. Karena air kelapa muda mampu membersihkan saluran kemih.
  • Dapat membasmi cacing pada usus. Minumlah air kelapa muda secara teratur 3x sehari dengan ditambah 1 sendok teh minyak zaitun.
  • Orang yang sedang hamil membutuhkan banyak cairan. Air kelapa muda sangat baik jika dikonsumsi.
  • Mampu mengobati orang yang sedang mabuk disebabkan mengkonsumsi obat-obatan atau pil tertentu.
  • Air kelapa muda mengandung anti bakteri, anti virus dan anti jamur yang sama dengan air susu ibu.
  • Menjaga fungsi pencernaan dalam tubuh.
  • Mengatasi mual-mual dan muntah.
  • Dipercaya mampu memecah batu ginjal. Orang yang menderita penyakit ginjal sebaiknya mengkonsumsi air kelapa muda selain resep dari dokter. Air kelapa akan melunakkan kerak atau lendir yang terbentuk dalam ginjal.
  • Air kelapa muda merupakan cairan isotonik. Bahkan sudah banyak minuman yang berbahan utama air kelapa muda yang bagus untuk kebugaran tubuh.

Akan Tetapi tidak hanya airnya saja yang memiliki banyak khasiat, buah/ daging buah kelapa juga memiliki banyak khasiat juga loh.. Berikut kandungan dan manfaat daging buah kelapa.

Kandungan Buah Kelapa

Buah kelapa yang sudah tua mengandung kalori yang tinggi, sebesar 359 kal per 100 gram; daging kelapa setengah tua mengandung kalori 180 kal per 100 gram dan daging kelapa muda mengandung kalori sebesar 68 kal per 100 gram. Sedang nilai kalori rata-rata yang terdapat pada air kelapa berkisar 17 kalori per 100 gram. Air kelapa hijau, dibandingkan dengan jenis kelapa lain banyak mengandung tanin atau antidotum (anti racun) yang paling tinggi. Kandungan zat kimia lain yang menonjol yaitu berupa enzim yang mampu mengurai sifat racun. Komposisi kandungan zat kimia yang terdapat pada air kelapa antara lain asam askorbat atau vitamin C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium atau potassium. Mineral yang terkandung pada air kelapa ialah zat besi, fosfor dan gula yang terdiri dari glukosa, fruktosa dan sukrosa. Kadar air yang terdapat pada buah kelapa sejumlah 95,5 gram dari setiap 100 gram.

Khasiat dan Manfaat Buah Kelapa
  • Mengatasi Keracunan
  • Panas dalam
  • Sakit panas
  • Demam berdarah
  • Morbili
  • Influenza
  • Kencing batu
  • Sakit saat haid
  • Cacing kremi
  • Sakit gigi
  • Mengatasi Ketombe

Bagaimana ? menarik bukan mengenai pembahasan buah kelapa kali ini, sebenarnya tanpa kita sadari ternyata banyak hal – hal yang kita anggap biasa justru sebenarnya yang sangat luar biasa. Ya salah satunya buah kelapa yang kita bahas kali ini. Sebenarnya alam sudah sangat memberikan banyak manfaat bagi kita, jadi sepatutnya kita selalu  menjaga alam kita. Demi kelestarian flora dan fauna. Dan pohon kelapa juga tentunya.. sekian.

.






Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

34 komentar:

Reo Adam

betu sekali sob...kelapa juga mengandungi antibiotik,bisa menawarkan segala racun.
nice share....sukses slalu buat anda sob

Permathic

thanks..

health

waaa, infonya menarik sekali...thanks yaaaaa... :)

syaefudin21

nice info
sangat menarik dan berkesan

Feburita Cantik

Banyak inspirasi dari blog ini, thanks admin!
Keep up The great work !

sultan mahmud

link terpasang gan...ditunggu linkbacknya....silahkan cek....trims

mangis sebagi pengobatan ginjal

informasi yang sangat baik, selain buah kelapa yang mamapu mengobati gagal ginjal ternyata manggis juga mampu mengobati gagal ginjal yok kita simak

obat tradisional stroke

Nice Info. Ingin Sehat Tanpa OBAT? Mampir ke XAMthone Plus

mautahutidak

thanks udah share bos

Mangapow | Baca Manga Online

terima kasih banyak atas informasi yang menarik ini..
salam sahabat :D

Jefry

Haruskan diminum rutin atau gimana ya agar mendapatkan khasiat dari air kelapa muda ini ??
terima kasih

Obat untuk penyakit kolesterol

Terimakasih atas informasinya, ternyata manfaatnya sangat baik ya

Cara Pemesanan Jelly Gamat Luxor

Thanks atas infonya gan

Obat Herbal Ace Maxs

terynata banyak juga yakh manfaatnya,,tp aneh nih ketika aku habis lari trus minum air kelapa,,rasanya koq jd lemas gtu yakh..?

Sherlock Holmes

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

obat herbal ace maxs

emhh , jadi penget air kelapa nchh :)

Ramuan China

info yang sangat bermanfaat, ternyata banyak juga yah.. manfaatnya thanks

MANFAAT

INFONYA SANGAT BERMANFAAT tHANKS

Toko Online Kalistajaya

thanks infonya..

CaraBisnisPulsa

Lihat gambarnya jd pengen nih minur air kelapa..

Cara Sehat

Wahh terima kasih infonya, sangat bermanfaat, ;-)

rifki as

Mantaf...
menarik, ternyata banyak segudang manfaat.

ijin sedot gan..

Toko Bunga Online

wah bisa nyembuhin demam berdarah juga ya. nice article, regards.

sandya pratama

air kelapa bwt laki laki ada dampaknya tidak?

sandya pratama

air kelapa bagi laki2 ada dampaknya tidak?

obat kelenjar getah bening

wah ternyata banuak juga ya

Tips Kesehatan

Kelapa muda memang special... Banyak fungsi dan khasiatnya, sharing terus gan, moga masuk surga!

Tank linings

trimakasih sangat bermanfaat

Resep Masakan

Aku suka banget minum air kelapa muda apalagi pake sirup frambose...wuih rasanya...seger.....ditambah lagi tahu khasiatnya...

Soal CPNS

Makasih banget atas pencerahannya jadi tahu nih manfaatnya

lekuk tampubolon

mantap

Wira

Mantab gan infonya.. Jadi tau nihh.. Banyak banget yah kasiatnya.. Alam memang banyak gunanya bagi kita semua.. Untuk itu, kita harus melestarikan lingkungan..

Mantab gan.. Sukses selalu buat blog dan adminnya.. :D

Pondokibu.com

banyak sekali manfaatnya .... jadi tambah suka . maksih ya infonya

giovanirosabella

:)

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.