Cara Merawat Furniture Dari Bahan Kayu



Cara Merawat Furniture Dari Bahan Kayu Agar Tetap Awet -
Apakah anda salah seorang penggemar/gemar mengoleksi barang barang yang terbuat dari kayu ?? bingung atau tidak tahu bagaimana cara merawat Mebel Furniture Antik yang anda miliki ?? Berikut admin akan membahas tentang cara merawat furniture kayu. Cara merawat furniture kayu memang susah susah gampang, niat ingin membersihkan furniture malah akan merusak bila kita melakukannya dengan cara yang kurang tepat. Perawatan furniture yang kurang tepat biasanya akan menimbulkan jamur. Namun perawatan yang memang seharusnya dilakukan pada produk kayu akan membuat Mebel Jati / furniture tetap dapat kinclong setelah bertahun-tahun kita miliki. Meubel furniture harus mendapatkan penanganan tepat maka hasil yang diperoleh pun akan wahh., berikut beberapa tips untuk menjaga mebel jati anda agar tetap baik dan awet :


  • Jika anda menyukai Jati dengan warna alami anda dapat memoles mebel jati anda dengan minyak jati, biasanya untuk mebel diluar ruangan yang warnanya sudah memudar ( menjadi warna perak ), atau dengan memoples ulang kembali furniture antik, setidaknya 2 – 3 tahun sekali untuk membuatnya tetap menawan.
  • Tempatkan furniture antik Anda di tempat yang memiliki suhu normal dan tidak lembab. Usahakan pula agar furniture tersebut tidak terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya secara langsung, karena dapat membuat furniture Anda terlihat kusam, lapisan retak atau melengkung.
  • Bersihkan sela-sela ukiran atau sudut furniture jati atau teak furniture dengan menggunakan kuas halus berukuran kecil. Di titik-titik inilah debu dan jamur sering bersarang. Kuas kecil akan menyapu sudut-sudut yang susah dijangkau dengan kain lap. Sapukan kuas dengan halus sampai bersih.
  • Setiap penanganannya juga harus dilakukan dengan hati-hati misalnya, cara memindahkan sebuah kursi antik harus diangkat dari bagian dudukannya, bukan digeser atau hanya dipegang bagian lengan atau sandarannya saja. Karena Anda tidak akan pernah tahu, apabila sambungan kursi tersebut tidak sekuat sebelumnya.
  • Permukaan mebel jati yang sudah dibersihkan dengan pledge harus dibersihkan dengan kain ball. Kemudian dibiarkan kering. Kain ball bisa dibeli di toko bangunan / material.
  • Bersihkan furniture jati antik anda dengan cara di atas paling tidak satu bulan sekali. Untuk pembersihan wood furniture harian, cukup sapu permukaan mebel atau meja kayu anda dengan kemoceng secara merata.
  • Gunakan pledge untuk membersihkan permukaan furniture indonesia. Semprotkan pledge ke permukaan mebel dan sela-sela furniture kayu. Semprotkan seperlunya. Jangan sampai berlebihan. Pledge bisa anda dapatkan di toko furniture atau pasaran.
  • Jagalah permukaan furniture dengan baik, menghindari adanya goresan, noda maupun warna yang semakin kusam, misalnya dengan selalu menggunakan taplak di atas permukaan meja atau kursi dan sofa diberi busa sebagai alasnya. Taplak tersebut dapat meminimalkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat merusak mebel antik Anda secara perlahan.

Dengan perawatan rutin tersebut dijamin furniture jati anda baik yang minimalis maupun ukiran akan awet sepanjang masa sehingga menjadi perabot warisan keluarga.






24 komentar:

sukmo said...

artikelnya memberikan wawasan yang lebih. terims atas share yang diberikan

mebel jepara murah said...

tipsnya oke banget

mebelukiran said...

tipsnya sangat berguna.. terimakasih broww....

furniture minimalis said...

tip_nya bagus banget,.. thank's sob...

mebel jepara said...

artikelnya bagus bgt
mkasih bro

furniture jepara said...

mantab,, ijin copas gan,, :D

Unknown said...

tipsnya sangat berguna untuk merawat mebel jepara nya

Mebel Jepata Terbaru said...

info yg sangat indah gan, sukses selalu....

Home Jepara said...

infonya sangat bagus gan, kita jadi bisa merawat furniture kayu dengan baik, sehingga furniture kita tetap awet dan tahan lama.

Saudagar Mebel said...

mantap agan tipnsnya,,,,langsung di coba ya

Jakarta Furniture said...

Mantap tips nya... sangat bermanfaat dan membantu kita untuk menjaga dan merawat keindahan dan keawetan furnitur rumah kita.

Silahkan berkunjung ke web kami untuk cek furniture murah dari kami.

terimakasih.

Teak Gallery Jepara said...

Mantab Gan tipsnya, ijin copas ya

Jual Mebel Ukir Jati said...

Mantab Gan Tipsnya, ijin copas ya

sofa bandung said...

oke gan sangat bermanfaat dan bisa di aplikasikan dengan mudah.

Anonymous said...

oke gan tahnks nih

Unknown said...

Sangat bagus untuk customer yang ingin produk yang dibelinya awet...thanks infonya

Unknown said...

gunakanlah cat waterbasedcoating, karena mengandung zat ramah lingkungan

Unknown said...

thanks buat tips merawat furnitur kayunya!

Unknown said...

Tipsnya simple dan kereen. Furniture kayu ruang tamu emang penting banget dijaga berkala. Kalo kata ibu sih kalo ada tamu biar nggak malu-maluin hahaha, Thanks yaa tipsnya ^^

Unknown said...

Tips nya keren dalam merawat Mebel Jati kesayangan kita, supaya bisa tahan sampe anak cucu...hehehe

Kursi tamu minimalis said...

tipsnya sangat keren dan bermanfaat.

Indo Griya said...

Untuk kursi kayu, yang penting sering dibersihkan dari debu. Jika memungkinkan bisa dilap dengan kain basah. Terdapat beberapa furniture yang memerlukan perlakukan khusus.

d said...

Thanks for sharing such a good thought, paragraph is good, thats why i have read it completely

5 hotel di bali

hotel terbaru

Raswo said...

tips nya bagus banget kak sangat membantu sekali, kalau butuh peralatan teknik atau mesin perkakas tangan bisa dicari di Tokootomotif.com kak :)