Ciri - Ciri, Gejala, Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Jantung

3
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Jantung memang merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh manusia bahkan bisa dikatakan sangatlah vital keberadaannya di tubuh kita. Bayangkan jika fungsi jantung sedikit saja terganggu ? pasti akan mempengaruhi fungsi dan kerja organ lain. Karena seperti yang kita ketahui jantung berfungsi memompakan darah keseluruh tubuh, dimana darah itu sendiri membawa sari – sari / nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan organ – organ di dalam tubuh kita. Itu sebabnya jika kita mengalami gangguan fungsi jantung, kita akan mudah cepat lelah. Lalu bagaimanakah cara mengetahui jantung kita normal atau tidak atau bahkan apakah kita memiliki penyakit jantung ? sebenarnya hampir semua gangguan kesehatan / penyakit memiliki gejala – gejala yang dapat kita ketahui baik secara kasap mata atau bisa di lihat secara fisik atau harus melalui pemeriksaan secara lebih mendalam.. bisanya sih dengan cara langsung konsultasi dan pemeriksaan dengan seorang dokter. Nah kira-kira apa saja ciri – ciri / gejala dari penyakit jantung ? untuk itu kita simak informasi yang telah admin rangkum di bawah ini :

Jantung (bahasa Latin: cor) adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah. Jantung terletak dalam rongga dada agak sebelah kiri, di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan. Jantung adalah satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium. Jantung terletak di dalam rongga torakik, di balik tulang dada. ( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Jantung )

Ciri – Ciri / Gejala – Gejala Penyakit Jantung

  • Kelelahan, Bila anda sering jadi capek walau tidak beraktivitas berat, segera tanyakan ke dokter pribadi. ini dapat jadi indikasi ada problem pada jantung. rasa capek ini juga kerap dirasakan waktu bangun tidur.
  • Nyeri Di Dada, Gejala Awal Sakit Jantung, Ini merupakan tanda-tanda umum problem jantung. wanita dapat lebih barangkali rasakan nyeri dibagian dada dikarenakan penyumbatan arteri yang mengakibatkan aliran darah ke seluruh tubuh tidak lancar. situasi ini juga bisa mengakibatkan mati rasa serta kelemahan tubuh.
  • Berkeringat, Biasanya seseorang berkeringat usai berolahraga atau waktu cuaca panas. tetapi bila anda gampang berkeringat, walau tidak lakukan apa pun, kemungkinan jantung anda punya masalah.
  • Sakit Kepala, Ciri Ciri Sakit Jantung lainnya Mereka yang mempunyai problem pada jantung, dapat rasakan sakit kepala waktu terkena tuturan sinar. ini punya pengaruh pada denyut jantung, tak tahu itu berdenyut lebih lambat atau lebih cepat. Terlebih pada wanita yang kerap alami migren atau masalah visual, sekurang-kurangnya 2 x dalam sebulan, butuh waspada. mungkin saja ini merupakan tanda-tanda perubahan penyakit jantung. demikianlah menurut studi yang diterbitkan american academy of neurology. menurut peneliti, ini berlangsung dikarenakan penyimpangan sirkulasi darah yang mengakibatkan sakit kepala kronis.
  • Mual, Gejala Sakit Jantung dimulai dengan pembengkakan dibagian perut. perihal ini mengakibatkan pasien kehilangan nafsu makan serta rasakan mual berlebih.
  • Kecemasan, Banyak yang meyakini, serangan jantung berbuntut pada trauma. alhasil, mereka yang dulu alami serangan jantung seringkali alami ketegangan, ketakutan, atau kekhawatiran dapat kematian. perihal ini dihubungkan dengan kekhawatiran psikologi serta stres yang mengakibatkan serangan seringkali.
  • Nyeri Tubuh, Rasa nyeri jadi tandanya kuat penyakit jantung. pada pria, rasa nyeri dirasakan dibagian lengan kiri, sesaat wanita alami rasa sakit di ke-2 lengan. rasa sakit datang serta pergi ini juga dirasakan dibagian bahu, punggung siku, serta leher. nyeri di sebagian titik sisi tubuh ini dikarenakan dikarenakan berlangsung penyumbatan arteri.
  • Denyut Jantung Tidak Teratur, Bila anda alami denyut jantung tidak teratur, ini pantas diwaspadai dikarenakan bisa menyebabkan fatal. denyut jantung tidak teratur biasanya berlangsung dikarenakan ada penebalan otot pada katup jantung. perihal ini mengakibatkan berlangsung penyempitan pada katup hingga mengakibatkan kebocoran.
  • Sesak Napas, Ciri Ciri Sakit Jantung lainnya adalah Sesak napas dikarenakan penebalan pembuluh darah yang menghalangi pasokan darah ke seluruh tubuh. ini juga menyebabkan pada denyut jantung yang tidak teratur, kelainan organ hati atau infeksi, penebalan otot jantung, dan kelainan pada katup jantung.
  • Pembengkakan, Pembengkakan berlangsung saat cairan menumpuk didalam tubuh. biasanya berlangsung di bagian pergelangan kaki serta perut. tanda-tanda ini merupakan sinyal bahwa jantung tengah alami kecacatan dan ada kelainan pada katup jantung. (Sumber : http://life.viva.co.id/)
Gangguan / Masalah Yang Sering Terjadi Pada Jantung :

  • Gagal Jantung Kongestif
    Gagal jantung adalah ketidakmampuan jantung untuk memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh.Sebagai dampaknya, darah bisa berbalik ke paru-paru dan bagian tubuh lainnya.
  • Inflamasi Jantung
    Terjadi pada dinding jantung (miokarditis), selaput yang menyelimuti jantung (perikarditis), atau bagian dalam (endokarditis). Inflamasi jantung dapat disebabkan oleh racun maupun infeksi.
  • Aterosklerosis / Penyakit Jantung Koroner / Penyakit Jantung Iskemik.
    Gangguan ini disebabkan oleh penumpukan plak di dinding arteri karena penyakit kolesterol tinggi. Gejala yang terjadi Angina pektoris, yaitu rasa nyeri pada jantung dan dada karena berkurangnya pasokan darah ke otot jantung. Angina bisa terjadi baik saat beraktivitas/beristirahat.
  • Kardiomiopati
    Kardiomiopati adalah kerusakan/gangguan otot jantung sehingga menyebabkan dinding-dinding jantung tidak bergerak sempurna dalam menyedot dan memompa darah. Penderita kardiomiopati seringkali berisiko terkena arritmia dan gagal jantung.
  • Infark Miokard Akut
    Kematian otot jantung karena penyumbatan pada arteri koroner. Otot-otot jantung yang tidak tersuplai darah akan mengalami kerusakan atau kematian mendadak yang sering dikenal dengan serangan jantung.
  • Kelainan Katup Jantung
    Karena adanya pengecilan (stenosis), kebocoran (regurgiasi), atau tidak menutup sempurna (prolapsis). Kelainan katup dapat terjadi sebagai bawaan lahir maupun karena infeksi dan efek samping pengobatan.
  • Arritmia
    Arritmia berarti irama jantung tidak normal, yang bisa disebabkan oleh gangguan rangsang dan penghantaran rangsang jantung ringan maupun berat.
  • Fibrilasi Atrial
    Gangguan impuls listrik ini menyebabkan kontraksi otot jantung tidak beraturan dan memompa darah secara tidak efisien. Fibrilasi atrial disebabakan oleh gangguan jantung lainnya. Hipertiroid dan keracunan alkohol juga bisa menyebabkan fibrilasi atrial.
  • Penyakit Jantung Rematik
    Kerusakan pada katup jantung karena demam rematik, yang disebabkan oleh bakteri streptokokus.
Cara Mencegah Penyakit Jantung

  • Pola Makan Sehat
    Hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung. Kurangi menyantap makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, sebaliknya makanan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.

    Sebisa mungkin, produk makanan yang kita makan rendah lemak atau tanpa lemak. Pilih susu, keju, mentega atau makanan lain yang rendah lemak. Menggoreng dengan menggunakan minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga bisa menjadi pilihan bila harus mengolah makanan dengan cara digoreng.

    Selain menghindari makanan berlemak, hindari juga makanan dengan kandungan gula tinggi seperti soft drink. Jangan pula tertalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, karena dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebaliknya, konsumsi oat atau gandum yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.

    Jaga pola makan tidak berlebihan agar terhindar dari kegemukan, karena seseorang yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm, berisiko lebih besar terkena penyakit ini.
  • Berhenti Merokok
    Mengisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.
  • Hindari Stres
    Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.
  • Hipertensi
    Problem hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Hipertensi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak.
  • Obesitas
    Kelebihan berat atau obesitas meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak. Menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan adalah cara utama untuk menghindari diabetes. Diabetes mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung.
  • Olahraga Secara Teratur
    Anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.
  • Konsumsi Antioksidan
    Polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok menciptakan timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Untuk mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan membuangnya. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran.
  • Keturunan
    Seorang yang orang tua atau saudara kandungnya pernah mengalami serangan jantung sebelum usia 60 memiliki risiko lebih besar menderita penyakit ini. Karena itu, jika Anda memiliki kerabat yang pernah mengalami serangan jantung, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam menjaga agar pola makan dan gaya hidup Anda dapat menunjang jantung sehat.

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami

  • Jalan 30 menit setiap hari dapat menurunkan resiko penyakit jantung 30 %, kenali tekanan darah lakukan agar mencapai 115/75, olah raga teratur, kurangi lemak di perut karena akan menutupi organ-organ penting ketika lemak perut berkurang tekanan darah yang di butuhkan akan menurun drastis.
  • Makan kacang-kacangan 250 g setiap hari akan meningkatkan kadar kolesterol baik dan dapat menurunkan radang, kacang dapat menyehatkan jantung karena memiliki asam lemak omega 3, tinggi protein dan serat.
  • Saos tomat, usahakan makan 10 sdm saos tomat dalam seminggu, saos tomat penuh dengan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah pilihlah saos biasa yang sehat.
  • Strowbery, Buah strobery mengandung anti peradangan yang dapat menurunkan resiko serangan penyakit jantung dan kangker dapat memperbaiki vaskuler.
Mengobati penyakit jantung secara alami bisa menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Sukun
    Daun sukun  ini mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk jantung dan pembuluh darah yang mamapu menurunkan kolesterol dan mampu menghambat akumulasi pada dinding pembuluh darah aorta, caranya ambil 1 lembar daun sukun tua yang baru metik dari pohon lalu rebus dengan 5 gelas air hingga air berkurang tinggal setengahnya lalu tambah lagi dengan 5 gelas air rebus lagi hingga setengahnya lalu saring dan minum airnya untuk sehari lakukan hal ini sampai seminggu.
  • Kunyit
    Kunyit ini  berkhasiat melarutkan kadar kolesterol dalam darah yang menyumbat pembuluh darah, caranya parut 4 ruas jari kunyit lalu seduh parutan kunyit tadi dengan air panas ½ gelas selama 15 menit lalu saring dan minum sarinya bisa di tambah dengan gula jawa atau madu secukupnya.
  • Alpukat
    Buah ini dapat memperlambat penyerapan karotenoid khususnya betakarotin dan likopen sangat baik untuk kesehatan jantung karena mampu menurunkan LDL atau kolesterol buruk sambil terus bekerja menaikan kadar HDL dalam tubuh.
  • Ubi jalar
    Ubi jalar mengandung zat fitonutrien yang mampu memperlancar sel-sel tubuh yang rusak dan melancarkan peredaran darah, menekan gula darah agar tetap normal dan efektif menjauhkan penyakit jantung.
Informasi yang admin sajikan diatas merupakan informasi secara umum mengenai penyakit jantung yang admin rangkum dari berbagai sumber. Jika anda mengalami penyakit jantung yang lebih serius jauh lebih baik jika konsultasikan ke dokter spesial jantung untuk menghindari hal yang lebih buruk lagi.. jadi info di atas hendaknya hanya di jadikan referensi dan informasi tambahan saja.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

3 komentar:

digital health

Sekedar menambahkan saja, dari referensi yang aku baca. kalau menderita penyakit jantung, pola makan harus diperhatikan. Seperti Batasi protein, batasi kolesterol, kurangi garam, makan sayur-sayuran, berhenti merokok. Mungkin bisa baca artikel lainnya. mudah-mudahan bermanfaat.
Sumber: udoctor.co.id

obat penyakit jantung

infonya sangat komplit gan

Ash Shiddieq

cara membedakan gejala2 yg ada termasuk penyakit jantung dan bkn penyakit paru2 seperti apa? kayanya gejala2nya hampir mirip ya

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.