Manfaat dan Khasiat Ciplukan Untuk Kesehatan

2
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , , ,


Dulu ketika admin masih kecil, admin demen banget ne nyari ne buah di kebun, karena memang ciplukan / ceplukan banyak tumbuh liar di kebun dan hutan. Rasanya lumayan enak dan manis, walaupun pernah sih saking banyak banget pohon dan buahnya admin sampai lupa daratan, admin makan terlalu banyak ne buah ampe mual – mual perut.. hehe maklum dulu masih kecil, apapun yang enak dan menyenangkan pasti akan di sikat habis, terlepas baik atau tidaknya untuk tubuh kita.. ya kan namanya juga masih anak – anak J..  masih belum bisa berfikir panjang.. namun akibat kejadian tersebut admin menjadi trauma dan berusaha untuk tidak makan terlalu banyak lagi buah ciplukan.. hehe. 

Namun belakangan ini ada beberapa teman dan saudara yang menanyakan kepada saya “di kampungmu masih ada pohon ciplukan ga ?” ciplukan ? buat apa pohon ciplukan ? mau di tanam di rumah ya ? (tanya saya karena memang ga tau untuk apa tujuannya menanyakan pahon ciplukan). “Buat obat” (jawabnya), emang bisa tah untuk obat ? untuk obat apa itu ? (tanya saya lagi). Ada yg menjawab bla bla bla,, ada yang menjawab yang lainnya juga. Wah benarkah pohon ciplukan sehebat itu.. bisa untuk mengobati beberapa penyakit. Karena sangking penasarannya, akhirnya admin cari tahu mengenai kebenarnya di internet.. nah berikut beberapa informasi yang berhasil admin dapat dari internet. Tapi bagi anda yang belum tahu apa itu ciplukan, simak informasi dibawah ini terlebih dahulu ya..

Ceplukan atau ciplukan adalah nama sejenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah ini juga dikenal dengan berbagai nama daerah seperti cecenet atau cecendet, nyurnyuran, dan kopok-kopokan. Herba berumur setahun, tegak, tinggi s/d 1 m. Batang berusuk (=angulata) bersegi tajam dan berongga. Daun berbentuk bundar telur memanjang berujung runcing, dengan tepi rata atau tidak, 2,5-10,5 × 5-15 cm. ( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ceplukan )

Kandungan Gizi/Kimia Ciplukan

Senyawa-senyawa aktif yang terkandung dalam ciplukan antara lain saponin, flavonoid, polifenol, dan fisalin. Komposisi detail pada beberapa bagian tanaman, antara lain:
  • Herba   : Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, Withangulatin A
  • Biji     : 12-25% protein, 15-40% minyak lemak dengan komponen utama asam palmitat dan asam stearat.
  • Akar    : alkaloid
  • Daun   : glikosida flavonoid (luteolin)
  • Tunas  : flavonoid dan saponin
Manfaat dan Khasiat Ceplukan Untuk Kesehatan

  • Mengatasi Diabetes Mellitus
    Ambil pohon ciplukan yang sudah berbuah cabut sampai akarnya, cuci bersih, layukan, setelah layu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal 1 gelas, saring dan diminum 1 x sehari.
  • Mengatasi Hipertensi
    Sediakan 5 gram brankas (herba kering) ceplukan dan masukan kedalam air 110 ml. Rebus campuran tersebut selama 10-15 menit sambil sesekali diaduk selanjutnya saring dan biarkan sampai dingin. Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 100 ml. Sebagai perhatian, air rebusan yang sudah disimpan lebih dari 24 jam tidak boleh diminum karena sudah rusak.
  • Mengatasi Epilepsi (Ayan)
    Ambil 8 – 10 buitr buah ciplukan yang sudah masak. Dimakan setiap hari secara rutin.
  • Mengatasi Influenza dan Sakit Tenggorokan
    Tumbuhan Ciplukan (semua bagian) yang sudah dipotong-potong seukuran 3-4 cm dijemur, lalu dibungkus agar tidak lembab lagi. Kemudian ambil kira-kira sebanyak 9-15 gram direbus, airnya diminum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari, atau sesuai kebutuhan dan atau petunjuk resep.
  • Mengobati Bisul
    Gunakan Daun Ciplukan 1/2 genggam kemudian cuci bersih dan giling sampai halus, Taruh pada bagian yang terkena bisul dan sekelilingnya, Balut dan diganti 2 kali sehari.
  • Mengobati Borok
    Cara pengobatan sama dengan pengobatan bisul, hanya ditambah air kapur sirih secukupnya.
  • Mengatasi Gusi Berdarah
    Karena kaya vitamin C, buah ciplukan bisa digunakan untuk menyembuhkan gusi berdarah, caranya, makanlah 30 buah ciplukan segar setiap hari .
  • Mengatasi Sakit Paru-Paru, Batuk Rejan (Pertusis), Bronchitis (Radang Saluran Napas), dan Gondongan (Paroritis)
    Ambillah pohon ciplukan lengkap dari pohon, buah, daun, batang dan akarnya, cuci bersih, rebus dengan 3 – 5 gelas air hingga mendidih, saring, minum 3 x sehari 1 gelas setiap kali minum.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

2 komentar:

liseum

Yang butuh bibit aneka Herbal Berkhasiat bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 . Juga menerima konsultasi herbal GRATIS. Trims Prabowo JOgja

cara lusi

baru tahu kalo ciplukan banyak manfaatnya. waktu kecil juga suka banget sama buah ciplukan...