Manfaat dan Khasiat Sarang Walet Untuk Kesehatan

Diposkan oleh Adi Wijaya , in , ,


Hewan satu ini merupakan salah satu hewan yang banyak memberikan manfaat kepada kita manusia, karena hewan satu ini dapat menghasilkan sesuatu yang dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Yups apalagi kalau bukan sarang walet, sungguh menakjubkan sekali ya tuhan menciptakan hewan satu ini.. Dari apa yang burungwalet buat yaitu sarangnya saja bisa memberikan manfaat kepada kita manusia. Jadi sepatutnya kita manusia yang dibekali akal harusnya bisa dapat lebih menghasilkan manfaat ketimbang hewan / binatang. . hehehe..  Tapi tahukan anda bahwa sebenarnya sarang yang dibuat oleh burung walet itu terbuat dari air liur burung walet itu sendiri .. walaupun terdengar agak jijik sih.. tapi toh nyatanya banyak orang berbondong-bondong mengincar sarang burung walet itu. Selain harganya yang mahal sarang burung walet ini kaya akan manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Walaupun agak kasiahan juga kalau sarangnya diambil oleh manusia terus menerus.. sebabkan sarang itu seperti halnya rumah untuk tempat tinggal sih burung tersebut.. sehingga harus tetap bijak juga dalam pemanfaatan dan pengambilan si sarang walet ini.

Burung walet adalah burung dari keluarga Apodidae. Burung ini mirip dengan burung layang-layang, namun sebenarnya sama sekali tidak memiliki hubungan kekerabatannya dengan spesies burung pengicau. Burung walet lebih masuk dalam ordo Apodiformes, satu ordo dengan burung kolibri.

Walet sarang-putih (bahasa Latin = Collocalia fuciphaga) adalah spesies burung dari keluarga Apodidae, dari genus Collocalia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil yang memiliki habitat di umum terdapat di semua tempat, tersebar sampai ketinggian 2.800 m dpl. Walet sarang-putih memiliki tubuh berukuran agak kecil (12 cm). Tubuh bagian atas coklat kehitaman. Tunggir coklat atau abu-abu pucat (Jawa), atau coklat tua (Sumatera, Kalimantan, ras vestita). Ekor sedikit menggarpu. Tubuh bagian bawah coklat. Iris coklat tua, paruh dan kaki hitam. Hampir sulit dibedakan dengan W. sarang-hitam, W. sarang-lumut, dan W. gunung, kecuali dalam sarang. Sarang berupa air liur pada celah batu karang atau gua. Telur berwarna putih, jumlah 2 butir.

Walet sarang-hitam (Collocalia maxima) adalah sejenis burung anggota suku Apodidae. Walet ini didapati menyebar di Brunei, Burma, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Habitat alaminya adalah di hutan-hutan hujan dan hutan pegunungan tropika. Bersama dengan walet sarang-putih (C. fuciphaga), walet sarang-hitam merupakan penghasil penting sarang burung walet yang berharga mahal. Meskipun demikian, sarang yang dihasilkan C. maxima masih lebih rendah harganya dibandingkan C. fuciphaga, karena masih perlu dibersihkan dari bulu-bulu hitam dan kotoran lainnya. Tubuh berukuran agak kecil (13 cm), tubuh bagian atas coklat kehitaman, tunggir bergradasi, dari abu-abu menjadi coklat kehitaman, tubuh bagian bawah gelap, kaki berbulu lebat. Hampir sulit dibedakan dengan walet sarang-putih, tubuh agak gemuk, ekor terpotong agak lurus. Sarang berupa mangkuk setengah lingkaran, terbuat dari air liur dan bulu, telur berwarna putih, jumlah 1 butir. 

( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Burung_walet , http://id.wikipedia.org/wiki/Walet_sarang-putih , http://id.wikipedia.org/wiki/Walet_sarang-hitam )

Kandungan Gizi / Nutrisi Sarang Walet

Dalam 100 gram sarang burung walet, terkandung:

  • 49.9 gr protein (termasuk nitrogen amido, nitrogen monoamina, non-amino nitrogen, argini, humin, histidin, lisin, dan sitein)
  • 30.6 gr karbohidrat (glikoprotein dan musin)
  • 4.9 gr besi
  • 2.5 gr garam anorganik (termasuk kalium, kalsium, natrium, magnesium, belerang, fosfor, silika, dan garam mineral lainnya)
  • 1.4 gr serat
Manfaat dan Khasiat Sarang Walet Untuk Kesehatan

  • Meyembuhkan Batuk
    Selain itu, sarang walet juga ternyata berkhasiat menyembuhkan penyakit batuk.dan mengurangi dahak. Sarang walet juga merupakan nutrisi bagi paru-paru yang bermanfaat menguatkan saluran pernapasan.
  • Melancarkan Saluran Pencernaan
    Sarang burung walet memiliki zat kolagen yang berguna memperlancar pembuluh darah, meningkatkan nafsu makan dan juga memperbaiki saluran pencernaan.
  • Mengurangi Rasa Sakit Wanita Hamil
    Sarang walet juga bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit punggung wanita hamil serta menguatkan paru-paru bayi yang ada di kandungan.
  • Selalu Bugar dan Awet Muda
    Mengkonsumsi sarang burung walet bisa meningkatkan metabolismu, menghambat penuaan dini, menguatkan urat dan tulang, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  • Mengurangi Efek Negatif Nikotin
    Sarang burung walet juga merupakan makanan sehat untuk para perokok. Bahan ini dapat mengurangi efek negatif yang ditimbulkan dari nikotin dalam rokok yang menimbulkan seseorang kecanduan merokok.
Beberapa manfaat sarang walet lainnya :

  • Menjaga daya tahan tubuh sebagai sumber kekuatan
  • Menjaga kehalusan kulit (tetap cantik)
  • Sebagai obat ku4t
  • Memelihara kecantikan
  • Menghambat kanker
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Meningkatkan v!talitas
  • Memperlambat proses penuaan
  • Melancarkan system aliran darah.
  • Melegakan pernafasan
  • Membetulkan system urat saraf








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

Moh. Rahardi

salam sejahtera dan silaturahmi. . .senang bisa berkunjungan dihalaman anda untuk mencari informasi guna menambah wawasan dan hal tersebut kini saya dapatkan di halaman ini . . .tetap semangat dalam menghasilkan tulisan yang bermanfaat dan sukse selalu.
cara penyembuhan jantung