Kandungan Gizi, Manfaat dan Khasiat Yogurt Untuk Kesehatan

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Makanan satu ini memang bukan makanan asli indonesia, dan mungkin tidak banyak juga masyarakat indonesia yang mengetahui dan mengkonsumsinya. Mungkin sebagian besar yang mengkonsumsinya ialah masyarakat yang tinggal di perkotaan. Sebab yoghurt hanya tersedia di tempat – tempat tertentu saja. Padahal  sebenarnya yogurt ini sangat baik jika dikonsumsi untuk kesehatan kita. Tapi tahukah anda, bahwa sebenarnya di salah satu wilayah indonesia yaitu daerah minang Sumatera Barat terdapat satu jenis makanan yang mirip dengan yogurt yaitu dadiah yang berbahan baku susu kerbau, berbeda dengan yogurt yang berasal dari susu sapi. Dadiah / Dadih merupakan makanan yang berasal dari susu kerbau yang di fermentasi  di dalam sebuah bambu. Wah.. indonesia memang kaya akan kuliner ya sobat.. admin jadi kepengen nih nyobain dadiah khas sumatera barat tersebut.

Kembali lagi ke pembahasan yogurt, kenapa ya kok yogurt baik untuk kesehatan ? mungkin karena memang berasal dari bahan baku yang sehat pula yaitu susu. Selain itu juga mungkin karena proses fermentasinya yang menghasilkan zat gizi yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh. Lalu kira-kira apa saja kandungan gizi atau nutrisi didalam yogurt ? sebelum admin uraikan mari kita perdalam lagi pengetahuan kita mengenai si yogurt ini.

Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer. Bukti-bukti menunjukkan bahwa produk susu budidaya telah diproduksi sebagai makanan sedikitnya sejak 4.500 tahun lalu, sejak abad ke-3 SM. Yoghurt awalnya kemungkinan terfermentasi secara spontan oleh bakteri liar yang hidup pada tas kulit kambing yang dibawa oleh bangsa Bulgar, orang nomadik yang mulai bermigrasi ke Eropa pada abad ke-2 M dan akhirnya menetap di Balkan pada akhir abad ke-7. Sekarang, banyak negara memiliki yoghurt-nya sendiri. Meskipun demikian, sampai sekarang belum ada bukti yang jelas mengenai siapa yang menemukan yoghurt. ( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Yoghurt )

Kandungan Gizi Yoghurt

Nama Bahan Makanan : Yoghurt
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Yoghurt yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Yoghurt yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Yoghurt = 52 kkal
Jumlah Kandungan Protein Yoghurt = 3,3 gr
Jumlah Kandungan Lemak Yoghurt = 2,5 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Yoghurt = 4 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Yoghurt = 120 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Yoghurt = 90 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Yoghurt = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Yoghurt = 73 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Yoghurt = 0,04 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Yoghurt = 0 mg
Khasiat / Manfaat Yoghurt : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : Y
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat dan Khasiat Yogurt untuk Kesehatan

  • Menjaga Tulang Tetap Sehat
    Semangkuk yoghurt dapat memberi Anda banyak kalsium dan vitamin D. Kedua komponen ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium yang ada di dalam yoghurt juga membantu menjaga kepadatan dan memperkuat tulang sepanjang hidup Anda. Dengan demikian, konsumsi yoghurt membantu untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.
  • Mengandung Bakteri Baik
    Yoghurt memiliki kultur aktif dan hidup. Ini berarti ia memiliki probiotik, yang hidup di saluran pencernaan Anda. Probiotik ini menghilangkan semua mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus atau organ sistem pencernaan lain. Probiotik juga membantu fungsi kerja sistem pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Baik Untuk Kesehatan Kulit
    Yoghurt membantu Anda untuk memiliki kulit bersih dan mulus. Asam laktat dalam yoghurt bertindak sebagai exfoliator, yang membantu menyingkirkan sel-sel mati. Selain dikonsumsi, Anda juga dapat menggunakan yoghurt sebagai masker agar kulit wajah lebih sehat.
  • Mudah Dicerna
    Orang yang mengalami intoleransi laktosa karena beberapa alergi, dapat dengan aman menikmati dan mendapatkan manfaat dari yoghurt. Sebab, yoghurt lebih mudah dicerna dibandingkan susu. Kultur aktif yang hidup di dalam yoghurt menciptakan laktase, yang akan membantu meningkatkan penyerapan laktosa pada orang yang intoleran.
  • Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
    Tak hanya kalsium, yoghurt juga mengandung banyak kalium. Kandungan kalium dalam yoghurt membantu menurunkan tekanan darah.
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Mengonsumsi yoghurt setiap hari dapat membantu menghasilkan kekebalan tubuh lebih tinggi. Probiotik yang ada juga membantu merangsang sel darah putih melawan infeksi dalam aliran darah.
  • Mengandung Berbagai Jenis Vitamin
    Satu porsi yoghurt dapat memberikan berbagai nutrisi seperti kalium, fosfor, vitamin B5, seng, yodium dan riboflavin. Yoghurt juga kaya akan vitamin B12, yang diperlukan untuk menjaga sel-sel darah merah dan menjaga fungsi kerja sistem saraf. 
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
    Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh International Journal of Obesity pada tahun 2005, asupan kalsium melalui yoghurt membantu tubuh menggunakan lemak yang tersimpan. Dengan demikian, hal ini membantu Anda memiliki tubuh yang lebih ramping.
  • Meningkatkan Kesehatan Usus
    Kultur aktif yoghurt membantu meringankan kondisi pencernaan tertentu seperti intoleransi laktosa, konstipasi, diare, kanker usus besar dan penyakit usus.
  • Mengurangi Resiko Infeksi Jamur
    Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi yoghurt dapat mengurangi dan kejadian infeksi akibat jamur dalam v4gin4.
  
Nah itulah tadi pembahasan kita mengenai manfaat yogurt, baca juga informasi mengenai manfaat susu di sini Manfaat Susu Bagi Kesehatan.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

0 komentar: