Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut

Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,


Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut -
Sering kali kita mendengar istilah “Mulutmu Harimaumu” namun kali ini istilah yang tepat menjadi Mulutmu bau Nagamu” hahahaha.. ya begitulah sob.. karena memang mulut kita kerap kali mengeluarkan bau tak sedap yang sering diplesetkan menjadi bau naga.. walaupun agak kurang paham juga sih kenapa kok naga ? padahal kan naga mengeluarkan api dari mulutnya bukan bau ya ? ahh entahlah... malah jadi bahas naga..

Tapi saya yakin, bagi anda yang sedang membaca artikel ini kemungkinan anda sedang mengalami masalah dengan bau mulut. Karena memang tidak bisa di pungkiri hampir semua orang pernah mengalami hal ini. Dan ketika sedang mengalami bau mulut pasti akan sangat mengganggu apalagi ketika kita sedang mengobrol dengan orang lain atau bahkan sedang mengobrol dengan seseorang yang spesial. Pasti hal tersebut sangat membuat tidak nyaman. Sebenarnya dengan hanya mengosok gigi itu tidak cukup loh kawan. Karena biasanya juga bau mulut itu disebabkan oleh banyak faktor dan kerap kali dikaitkan dengan masalah pencernaan. Nah untuk lebih jelasnya ayo kita simak beberapa informasi di bawah ini :


Penyebab Bau Mulut


  • Makanan
    Makanan adalah salah satu sumber dari bau busuk yang datang dari mulut. Beberapa makanan, seperti bawang putih, bawang merah, jengkol, petai dan makanan pedas, rempah-rempah eksotis (seperti kari), beberapa keju, ikan, dan minuman asam seperti kopi dapat meninggalkan bau yang dapat bertahan lama di mulut.
  • Tembakau
    Merokok dan mengunyah tembakau selain menyebabkan penyakit gusi atau kanker mulut, dapat menjadi pemicu penyebab bau mulut.
  • Tidak Memelihara Kesehatan Gigi
    Ketika seseorang tidak menyikat gigi secara teratur, sisa makanan yang tersisa di dalam mulut akan membusuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Perawatan gigi yang buruk dapat menyebabkan penumpukan plak di mulut sehingga membuat gigi anda menjadi rusak.
  • Masalah Kesehatan
    Infeksi sinus, pneumonia, radang tenggorokan (faringitis) dan infeksi tenggorokan lainnya, sariawan, bronchitis, diabetes, refluks asam, intoleransi laktosa, masalah perut lainnya, dan beberapa penyakit hati atau ginjal mungkin berhubungan dengan bau mulut.
  • Mulut Kering (Xerostomia)
    Mulut kering juga dapat menyebabkan bau mulut. Air liur membantu melembabkan dan membersihkan mulut, dan ketika tubuh tidak cukup produk air liur, bau mulut bisa terjadi.
  • Mulut kering dapat disebabkan oleh masalah kelenjar ludah, gangguan jaringan ikat, obat-obatan, atau bernapas melalui mulut.
  • Melewatkan sarapan
    Sarapan tidak hanya baik untuk perut Anda, tetapi juga untuk mulut Anda. Sarapan pagi dapat membantu Anda meningkatkan produksi air liur dalam mulut dan membersihkan lidah dari bakteri penyebab bau mulut.
  • Masalah hati
    Masalah hati, seperti sindrom lemak hati atau penyakit kuning, juga bisa membuat bau mulut tidak sedap. Hati bertanggung jawab untuk metabolisme lemak dan ketika hati tidak mampu melakukan tugas itu, jumlah bakteri dalam mulut akan meningkat.
  • Sariawan
    Sariawan sering menyebabkan bau mulut tidak sedap karena pembentukan nanah dan infeksi.
  • Perdarahan gusi
    Gusi berdarah membuat darah kadang-kadang menumpuk di dalam mulut sehingga akhirnya berbau tidak sedap.
  • Gagal ginjal
    Gagal ginjal merupakan salah satu alasan medis yang memicu bau mulut. Akibatnya, bau mulut selalu tercium tidak sedap.
  • Diet
    Makanan yang kaya protein bisa memicu bau mulut. Hal ini dikarenakan asam amino bertindak sebagai tempat berkembang biaknya bakteri mulut.
  • Minum alkohol
    Minum terlalu banyak alkohol dapat mengeringkan kelenjar ludah. Air liur biasanya bertindak sebagai media untuk menghapus bau yang dipicu oleh bakteri di dalam mulut.
  • Apnea tidur
    Orang yang menderita apnea tidur tidak bisa bernapas melalui hidung. Akibatnya, mereka harus bernapas melalui mulut. Itu sebabnya, udara mengeringkan air liur dan memicu bau mulut.
  • Obat
    Beberapa obat dapat mengeringkan mulut. Obat anti-depresan dan penghilang rasa sakit dapat mengeringkan mulut. Dengan tidak adanya air liur, bau mulut akan meningkat.

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut


  • Menjaga Kebersihan Mulut
    Tadi saya sudah menjelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan mulut kita menjadi bau, dan hampir semuanya berkaitan dengan kebersihan mulut. Jadi, agar kita terhindar dari bau mulut, sebaiknya anda harus rajin membersihkan mulut anda, seperti dengan rajin menggosok gigi 2x sehari (bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari), jika perlu anda bisa menggosok gigi setiap kali sehabis anda makan.
  • Kurangi Makan Makanan yang Berbau Tak Sedap
    Jika sebelumnya anda suka sekali dengan makanan yang baunya menyengat seperti jengkol dan petai, mungkin mulai dari sekarang anda harus mulai menguranginya. Terlebih lagi jika anda akan datang ke suatu acara seperti rapat, pesta dsb.
  • Berhenti Merokok
    Seperti yang telah saya sebutkan diatas, bahwa salah satu penyabab bau mulut adalah merokok, jadi jika anda ingin terhindar dari bau mulut, mulai sekarang berhentilah merokok, ganti rokok anda dengan yang lain, misalnya perment karet, cokat ataupun yang lainnya. Dengan begitu, selain terhindar dari bau mulut, anda juga akan terhindar dari penyakit ganas lainnya yang disebabkan oleh rokok.
  • Perbanyak Konsumsi Buah-buahan
    Jika bau pada mulut anda disebabkan oleh sariawan, maka langkah tepat yang dapat kita lakukan adalah memperbanyak makan buah-buahan. Seperti yang telah kita ketahui, salah satu penyebab terjadinya sariawan adalah karena kekurangan vitamin C, dan vitamin C bisa kita dapatkan dari buah-buahan.
  • Jangan Lupa Sarapan Pagi
    Selain dapat menjegah masuk angin, sarapan pagi juga dapat mencegah timbulnya bau mulut, karena dengan sarapan pagi, bakteri penyebab bau mulut yang ada dimulut kita akan mati karena produksi air liur dalam mulut meningkat.
  • Jaga Kesehatan Gigi
    Jika bau pada mulut anda disebabkan oleh gigi berlubang, anda bisa mengunjungi dokter gigi, anda bisa menambal gigi tersebut atau bahkan mencabut gigi berlubang tersebut.
  • Makan Beras
    Orang-orang dulu percaya bahwa bau mulut dapat dihilangkan dengan memakan beras mentah (bukan nasi). Makannya orang dulu, jika selesai makan jengkol ataupun petai, biasanya langsung makan beras.
  • Kopi Hitam
    Kopi hitam yang baru ditumbuk, dipercaya dapat mengatasi bau mulut. Caranya, ambil satu kepalan kopi hitam yang baru ditumbuk, kemudian makan. Walaupun rasanya pahit, tapi kopi hitam ampuh untuk mengusir bau mulut.
  • Berkumur
    Saat mulut anda mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat, anda bisa berkumur. Anda bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih, moutwash (antiseptik), atau bisa juga dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam.
  • Mengunyah Permen Karet
    Lho kok ngunyah perment karet? Emang apa hubungannya mas bro? begini lho, kan tadi sudah dijelaskan, dalam mulut kita ada yang namanya bakteri penyebab bau mulut yang akan mati oleh air liur yang dihasilkan oleh mulut. Jadi tujuan mengunyah perment karet adalah untuk merangsang produksi air liur pada mulut. Faham? hehe
  • Susu Kental Manis
    Hmm, siapa sih yang gak tahu susu, selain enak susu juga menjadi sumber kalsium. Ternyata selain tinggi kalsium susu juga ampuh untuk mengatasi bau mulut. Caranya campurkan susu kental manis tdi dengan satu gelas air hangat, kemudian diminum.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

zaki dinul

fyi, guys untuk menghilangkan bau mulut alangkah lebih baik mengetahui apa penyebabnya. bisa jadi krn asam lambung tinggi, makanan ataupun gusi. inffonya ada di udoctor.co.id