Manfaat Bahan - Bahan Alami untuk Mengusir Semut

Diposkan oleh Adi Wijaya , in


Manfaat Bahan-Bahan Alami untuk Mengusir Semut
Serbuan pasukan semut di rumah sering mengacaukan banyak urusan rumah tangga. Jadwal makan bisa terganggu karena masakan dikerubuti semut sehingga tidak bisa dikonsumsi atau harus dipilah-pilah untuk menyingkirkan semut-semut nakal. Bahkan, tanpa sumber yang jelas pun semut-semut sering tampak berjalan membentuk barisan panjang tanpa henti di dinding dan merusak pemandangan. Celah-celah di dinding dan lantai sering menjadi asal atau tujuan gerombolan semut yang memiliki sarang di dalamnya. Anda tentu bisa memakai pestisida untuk membasmi semut di lokasi-lokasi seperti ini, namun untuk mengusir semut di sekitar makanan, pemakaian pestisida harus dihindari. Beberapa bahan alami berikut ini yang bisa menjadi alternatif pencegah semut.

Jeruk lemon atau jeruk nipis
Zat asam di dalam perasan jeruk lemon atau jeruk nipis murni bisa mengacaukan indra semut. Cukup percikkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis tanpa campuran air di sekeliling makanan yang ingin dilindungi atau di sekitar celah pada dinding dan lantai yang menjadi sumber kawanan semut.

Kayu manis
Serbuk atau minyak esensial kayu manis mampu mengusir semut. Anda juga bisa mencampurnya dengan cengkeh. Taburkan serbuk atau semprotkan minyak kayu manis untuk membuat garis penghalang, misalnya di pintu, jendela, celah antara dinding dan atap dapur.

Cuka
Cuka putih menjadi bahan alternatif untuk bersih-bersih rumah. Gunakan larutan air dan cuka untuk mengepel lantai dan mengelap meja dapur. Selain membunuh kuman, cuka juga mampu mengusir semut sehingga tidak ada lagi iring-iringan semut di lantai. Simak metode membersihkan bagian-bagian rumah dan perabotan rumah tangga menggunakan cuka di situs-situs yang dapat dipercaya. Guna mendapatkan solusi yang lebih jitu, temukan sarang semut di celah tembok atau lantai, lalu kucurkan cuka murni langsung ke dalam celah tersebut untuk mengobrak-abrik sarangnya dan mengacaukan indra mereka. Cukup pakai cuka yang murah meriah.


Campuran boraks, air, dan gula
Metode ini memerlukan beberapa hari untuk melenyapkan semut hingga ke sarangnya. Buatlah sirup kental dari campuran boraks, air, dan gula. Oleskan sirup kental ini di atas selembar karton kaku dan letakkan di dekat sumber barisan semut, misalnya di dekat celah dinding. Semut-semut akan memakan campuran ini dan membawa pulang beberapa butir ke sarangnya untuk teman-temannya dan si ratu semut. Secara perlahan campuran ini akan meracuni semut. Cara ini bekerja agak lambat, jadi Anda perlu mengolesi karton kembali setelah kering.
PERHATIAN: campuran ini harus dijauhkan dari makanan dan jangkauan anak-anak serta hewan peliharaan!

Air mendidih dan sabun cuci piring cair
Jika Anda menemukan sarang semut di tanah di luar rumah bisa jadi ini merupakan biang semut di dalam rumah. Campur sabun cuci piring cair dan air mendidih. Siramkan larutan ini secara berhati-hati tepat di sarang semut dan sekelilingnya.

Kapur
Banyak toko menjual kapur khusus pengusir semut. Padahal, kapur tulis biasa bisa dipakai untuk menghalau semut. Buatlah garis penghalang di sekitar makanan, jendela, pintu, celah antara dinding dan atap rumah. Anda bisa juga memakai kapur bangunan (gamping) untuk area yang lebih luas di luar rumah.

Campuran bubuk soda kue dan gula halus
Mirip dengan campuran boraks dan gula, campuran bubuk soda kue dan gula halus bertujuan mengecoh semut. Semut selalu membawa zat asam di dalam tubuhnya sebagai perlindungan. Reaksi antara bubuk soda kue yang bersifat basa dan zat asam di dalam tubuh semut perlahan-lahan mematikan. Metode ini memerlukan beberapa hari hingga koloni semut lenyap.

Ampas bubuk kopi
Asalkan tidak bercampur gula, ampas bubuk kopi bisa mengusir semut. Bahan ini tidak mematikan semut, namun mampu menggusur semut agar berpindah sarang menjauhi rumah Anda.








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

1 komentar:

WQA

H5
mau coba aah..terima kasih

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.