Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

19
Diposkan oleh Adi Wijaya on Selasa, 24 April 2012 , in , , ,

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami -
Bau badan yang selalu diidentikan dengan sesuatu yang jorok dan tidak menjaga kebersihan badan ini, merupakan hal yang sangat ingin dihindari oleh banyak orang. Sebab jika kita mengalami hal tersebut tentu akan sangat mengganggu aktivitas terutama ketika kita sedang berkumpul dengan orang – orang terdekat kita seperti teman, keluarga, rekan kantor dan lain - lain. Hal ini tentu dapat menyebabkan turunnya rasa percaya diri dan hilangnya rasa nyaman saat berkumpul.  Apalagi biasanya orang – orang di sekeliling kita akan sedikit menjauhi kita, disebabkan karena mungkin ia merasakan aroma tak sedap dari tubuh kita... wah.. jika sampai hal tersebut terjadi pada kita, tentu sangat tidak menyengkan bukan ? karena kita seperti halnya sampah yang mengeluarkan aroma tak sedap.. “ LEBAYYY”...

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan bau badan, salah satunya kurangnya menjaga kebersihan badan atau jarang mandi. Akantetapi sebenarnya tidak hanya itu saja faktor yang menyebabkan bau badan berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan bau badan :

Penyebab Timbulnya Bau Badan

  • Asam propionat atau asam propanoat yang berbau seperti cuka dan merupakan hasil penguraian keringat oleh propionibacteria, sejenis bakteri yang hidup di saluran kelenjar sebasea manusia dewasa dan remaja.
  • Asam isovalerik yang dihasilkan oleh bakteri staphylococcus epidermidis, yang menyebarkan bau seperti keju.
Setiap ketidakseimbangan tubuh berikut dapat meningkatkan produksi asam yang menyebabkan bau badan:
  • Ketidakseimbangan diet. Kekurangan magnesium atau zinc dan terlalu banyak mengkonsumsi daging, makanan yang banyak mengandung kolin (telur, hati ikan, dan kacang-kacangan), bawang merah, bawang putih, jengkol, makanan pedas tertentu, kopi dan alkohol, gorengan dan makanan berlemak dapat menyebabkan bau badan.
  • Stres emosional. Kelenjar apokrin biasanya mengeluarkan keringat lebih banyak saat Anda sedang mengalami stres emosional (marah, takut, gembira). Bila tidak segera mandi, bakteri akan mengurai zat tersebut sehingga menyebabkan bau badan.
  • Gejolak hormon. Hormon androgen pada anak-anak yang sedang menjalani masa puber dapat meningkatkan produksi kelenjar apokrin.
  • Kelainan genetik. Orang-orang tertentu secara genetik cenderung memiliki bau tubuh yang kuat. Sebuah kelainan genetik langka trimetilaminuria (trimetil amina di dalam urin ), ditandai dengan bau amis di napas, keringat dan urin. Sindrom ini disebabkan oleh cacat pada enzim yang memecah trimetil-amina, produk sampingan dari pencernaan protein yang dikeluarkan oleh bakteri yang ada dalam usus.
  • Penyakit. Beberapa penyakit dapat menyebabkan bau badan yang buruk. Salah satu penyakit paling umum yang dapat menyebabkan bau badan adalah diabetes. Hal ini terutama terjadi bila gula darah penderitanya kurang terkontrol sehingga mengembangkan kondisi yang disebut ketoasidosis. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan bau badan tetapi juga bau nafas yang khas. Bau badan yang buruk juga bisa menjadi pertanda penyakit liver atau ginjal yang parah di mana tubuh tidak mampu memproses dan mengeluarkan racun tertentu. Kondisi ini dapat dipastikan dengan tes darah yang mengukur fungsi ginjal dan hati. Kadang-kadang, tiroid yang terlalu aktif juga bisa menyebabkan masalah bau badan karena kecenderungan pasien untuk berkeringat berlebihan.
Selain itu banyak orang yang mengait – ngaitakan Bau badan dengan Makanan yang kita makan, adapun makanan yang dapat memicu bau badan antara lain :

Beberapa Makanan yang menyebabkan bau badan :

1. Rempah-rempah
Rempah-rempah dengan aroma kuat ketika dicerna umumnya akan menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah dan dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Hal ini menyebabkan bau mulut dan bau badan. Contoh makanan tersebut adalah bawang putih, bawang merah, dan kari.

2. Daging Merah
Butuh waktu lama untuk mencerna daging merah. Ketika makanan tidak tercerna, racun dan gas berbau busuk dilepaskan yang merupakan penyebab bau keringat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam oleh Chemical menyimpulkan, wanita menilai pria yang tidak mengkonsumsi daging lebih menyenangkan, lebih menarik, dan sedikit mengalami bau badan daripada pria yang makan daging.

3. Alkohol & Kafein
Meskipun mengkonsumsi alkohol dan kafein (kopi, teh, cokelat, soda, dll) telah menjadi kebiasaan, dengan membatasi minuman tersebut, badan anda akan terasa lebih segar dan tidak menimbulkan bau.

4. Makanan Olahan & Junk Food
Konsumsi makanan olahan yang terlalu banyak garam/gula, tepung, minyak terhidrogenasi, dan sebagainya, cenderung akan membusuk di perut, sehingga memproduksi bau napas yang tidak diinginkan dan bau badan.

5. Karbohidrat Rendah
Pemotongan pada karbohidrat menyebabkan asupan makanan kaya protein berlebih. Ini dapat membantu membakar timbunan lemak dalam tubuh. Namun, proses ini melepaskan keton ke dalam aliran darah Anda yang membuat Anda mencium bau keringat yang buruk.

6. Produk Susu
Produk susu juga kaya protein, yang ketika dipecah dalam perut Anda, menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan pemicu bau busuk.

7. Kolin
Makanan yang kaya kolin memberikan bisa membuat keringat Anda seperti bau ikan. Beberapa orang, yang tidak bisa mencerna makanan ini mudah, "berbau amis." Contoh makanan tersebut adalah telur, hati, ikan, dan kacang-kacangan.

8. Gorengan
Lemak dan minyak yang ada dalam makanan yang digoreng dan berlemak menjadi tengik dengan berjalannya waktu, dan bisa mengarah pada pencernaan yang buruk. Hal ini juga menyebabkan bau badan yang buruk.

9. Tembakau
Asap rokok yang bercampur dengan unsur-unsur lain dan keluar melalui kelenjar keringat akan menimbulkan bau tak sedap yang khas. Bahkan setelah berhenti merokok, bau ini akan tetap tinggal di badan Anda dalam waktu berminggu-minggu.

10. Trimetilamina
Beberapa orang memiliki kelainan genetik yang dikenal sebagai trimethylaminuria. Dalam kondisi ini, tubuh tidak mampu untuk memecah asam amino, trimetilamin, yang lagi-lagi menghasilkan bau badan amis. Ada banyak makanan yang mengandung asam amino, seperti seafood, minyak ikan, telur, hati, susu sapi, kacang-kacangan, produk kedelai, brokoli.

Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan bau badan  secara alami ? berikut tips untuk menghilangkan bau badan secara alami.

Tips dan Cara Menghilangkan Bau Badan

  • minumlah rebusan daun sirih 1 gelas dalam 1 harinya
  • makan daun kewangi minimal 7 daun setip hari
  • anda harus mngurangi makanan yang berlemak
  • mengurangi makan pedas
  • tempelkan irisan mentimun di tempat yang yang paling menyebabkan bau badan
  • kurangilah minuman yang mengandung caffein (kopi)
  • memakai diodoran yang berbentuk spray
  • Minum segelas air putih di pagi hari pada waktu perut masih kosong 
  • Gunakan baking soda pada ketiak dan kaki untuk mengurangi keringat 
  • Untuk mengurangi pH kulit dan menghilangkan bau ketiak, gunakan sari cuka apel bukan deodoran. Masukkan ke dalam segelas air dan gunakan untuk membilas ketiak saat mandi. 
  • Mandilah secara teratur, Saat musim panas, setidaknya mandi tiga kali sehari untuk menghilangkan keringat yang cenderung lebih banyak. 
  • Hindari makanan olahan seperti minyak terhidrogenasi dan makanan olahan lainnya. Makan makanan sehat yang mengandung banyak serat seperti biji-bijian, gandum, produk kedelai dan sayuran berdaun hijau.
  • Hindari juga makanan yang memicu keringat berlebih seperti makanan pedas dan panas. 
  • Gunakan pakaian berbahan katun yang dapat lebih banyak menyerap keringat sehingga tidak segera bercampur dengan bakteri yang menyebabkan bau. Sering ganti baju bila sedang banyak berkeringat.

 Jika ada yang ingin di konsultasikan, silahkan berkomentar di bawah ini:








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

19 komentar:

Ayla Rafa

Tahukah anda bahwa pemakaian deodorant setiap hari membuat ketiak anda menjadi hitam, dan noda yg ditinggal kan pada baju tidak dapt dihilangkan. Pemakaian deodorant hanya menyamarkan bau badan namun tidak mengatasinya. Perpaduan deodorant + bau badan +parfum+keringat menjadi aroma yang sangat tidak nyaman.

Saat ini hadir sebuah produk yang mampu mengatasi bau badan secara aman dan efektif, yakni DEOREX (BODY ODORIZER). Kelebihan DEOREX (BODY ODORIZER)
* Merupakan terobosan terbaru yang mampu mengatasi bau badan tanpa mengakibatkan burket
* Tidak menyumbat pori2 sehingga kulit bebas bernafas
* Tidak meninggalkan bekas pada pakaian,
* Tidak membuat kulit ketiak menjadi hitam
* Tidak menimbulkan iritasi pada kulit,
* Tanpa efek samping, serta ekonomis karena dipakai 2-3 kali seminggu, tidak seperti deodorant yang harus dipakai 2X sehari

Untuk info lebih lanjut, info pemesanan dan reseller bisa tanya2 via facebook atau sms di 082139733209 / pin : 2777621F

herbal tumor usus

terimakasih atas informasinya .. !!!
salam kenal ajj ..

Informasi Umum Masyarakat Indonesia Online

makasih informasinya, saya risih saat ke kantor tidak mengunakan parfum,, sehatkah kita setiap hari menggunakan parfum, padahal bahaya parfum pun banyak bukan??

Misbah Hiday

maksih bnyak atas info nya,,
ini sangat bermanfaat untuk saya

http://article-compilation.blogspot.com

Permathic

Thanks buat semua yg sudah berkunjung dan berkomentar di permathic blog.

yulia's blog

makasih ya atas infonya......

angel

DEOREX ( BODY ODORIZER ) ini terdapat dimana saja ? Harga nya pun berapa ?

beauty

terima kasih buat infonya yaa... :)

cream pemutih wajah alami

terima kasih infonya

Anonim

kalo saya tuh yg bau pantatnya mas...jd mesti gimana neh

Bau Badan

Bau badan? G mau dech...

Obat Mata Minus Silinder Plus Katarak

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Anonim

Terima kasih ... artikel ini sangat membantu untuk menambah pengetahuan saya.

Menghilangkan Bau Mulut

nice artikel kalo bau mulut bisa dengan gofress

mustary mandar

thank's..... ini bermanfaat skali buat saya...........

Remaja Indonesia

Ma acih inponya. Bisa jadi rujukan buat saya :D

jam tangan

makasih gan tipsnya
nice share,semogaaa berhasil
sukses selalu y

mola

Yang menjadi punca bau badan ialah penguraian peluh oleh baktiria/mikrob. Peluh sahaja tanpa mikrob tidak akan menerbitkan bau. Ada orang yang mengaitkan bau badan dengan keturunan atau faktor genetik; betul, iaitu mereka dilahirkan oleh keturunan yang mempunyai lapisan belulang kulit yang mati; mereka inilah yang mempunyai badan berbau.
Jadi bau badan adalah disebabkan faktor baktiria/mikrob dan belulang kulit. Lapisan belulang ini adalah habitat mikrob itu, bila berpeluh, penguraiannya menghasilkan sebatian amonia yang menerbitkan punca bau.
Cara mengatasinya ialah hapuskan habitatnya, iaitu dengan mengikisnya; carilah apa cara sekalipun untuk menanggalkannya dari badan kita terutama sekali di ketiak. Namun, cara yang paling mudah, dan sesuai untuk semua golongan, seperti orang yang sering travel dan tinggal di hotel dsbnya, ialah dengan kain sintetik; kain khas yang kita gunakan ketika mandi, setiap kali mandi. SElain untuk tujuan tersebut, kain sintetik akan menyerlahkan keserian kulit kita - lihat perubahan pada lengan tangan setelah seminggu. Kulit yang kusam disebabkan lapisan kulit yang mati, berwarna kusam, apabila digosok dengan kain ini akan tanggal dan menerlahkan serinya.

parfum-ori

Terima kasih banyak atas infonya gan.
Lumayan nambah elmu.

Parfum Original :
Manfaat Parfum bagi badan.

Poskan Komentar

Jika komentar anda ingin muncul dan di setujui oleh Admin, maka berkomentarlah yang sopan. Karena Jika komentar anda di setujui dan muncul di Permathic Blog sama halnya anda mendapat back link dari Permathic Blog.