Waspadai Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi

5
Diposkan oleh Adi Wijaya , in


Waspadai Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi -
Jika sedang begadang di temani secangkir kopi hangat dan beberapa camilan pasti sangat menyenangkan dan sangat pas sekali sebagai teman untuk menghabiskan malam bersama - sama teman nongkrong. Karena dengan minum kopi bisa membuat kita terjaga semalaman alias tidak mengantuk dan tahan melek sepanjang malam. Walaupun tidak hanya sebagai teman begadang saja, kopi juga kerap kali di sajikan di pagi hari untuk kaum adam sebelum bekerja, umumnya sih yang sudah bapak – bapak. Namun tidak menutup kemungkinan anak kecil pun suka mengkonsumsi kopi setiap hari. Karena saat ini banyak sekali produk kopi sachet yang siap saji dengan hanya menambahkan air panas saja. Minum kopi selain dapat menghangatkan tubuh ketika begadang, ternyata bisa menimbulkan candu seperti halnya merokok. Bahkan ada salah satu teman saya, yang tidak bisa tidak minum kopi sehari saja. Katanya kalau belum minum kopi, kepalanya terasa berat dan pusing. Kok bisa begitu ya ? enak karna sugesti saja atau memang kopi memiliki efek samping ya ? di dalam agama sendiri kita kan dilarang untuk berlebihan dalam segala sesuatu, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Dan mungkin termasuk juga dalam mengkonsumsi kopi. Nah kira – kira apa sajakah efek samping dari kopi ? berikut pembahasannya..

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini. ( sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kopi )

Efek Samping / Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi

  • Mempengaruhi Kerja Jantung
    Menyebabkan detak jantung lebih cepat dari biasanya. Untuk itulah, bagi anda yang mengalami gejala serangan jantung sebaiknya menghindari dari minuman kopi tersebut atau tidak meminum kopi dalam jumlah yang berlebihan.
  • Mengganggu Kesehatan Lambung
    Bagi anda yang tidak ingin mengalami gejala atau sakit maag, sebaiknya menghindari minuman kopi tersebut. Ini dikarenakan minuman kopi dapat meningkatkan asam lambung dalam jangka waktu yang lama yang mana dapat menimbulkan penyakit maag.
  • Serangan Jantung dan Stroke
    Minum kopi secara berlebihan dapat menimbulkan serangan jantung dan stroke. Ini dikarenakan, mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat meningkatkan kada trigliserida, kolesterol jahat pada tubuh serta darah anda akan lebih pekat. Hal inilah yang menimbulkan endapan lemak, penyempitan pada pembuluh darah yang mana dapat menimbulkan serangan jantung dan stroke.
  • Menyebabkan Insomnia
    Salah satu alasan seseorang minum kopi yaitu agar tetap selalu terjaga dan tidak mudah mengantuk. Tapi itu juga yang menjadikan kopi sangat tidak baik untuk kesehatan anda. Ini dikarenakan, mengkonsumsi kopi dapat menimbulkan masalah gejala insomnia atau susah tidur yang mana sangat tidak baik bagi kesehatan anda.
  • Mengganggu Kehamilan
    Bagi ibu hamil sangat tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi kopi. Dalam hal ini mengkonsumsi 100 mg kafein per hari dapat menimbulkan keguguran. Ini dikarenakan, kafein pada kopi  dapat meningkatkan denyut jantung dan akan mempengaruhi janin yang mana dapat menyerang plasenta serta masuk ke dalam sirkulasi darah janin tersebut.
  • Melemahnya Daya Tahan Tubuh
    Mengkonsumsi kopi dapat melemahkan daya tahan tubuh anda. Ini dikarenakan, kafein dalam kopi dapat menyerap mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Minuman kopi juga membuat anda cepat kehilangan cairan dalam tubuh. Usahakan meminum dua gelas air putih setelah mengkonsumsi segelas kopi.
  • Menyebabkan Iritasi Perut
    Banyaknya senyawa seperti kafein dan kandungan asam yang ada di dalam biji kopi mampu mengiritasi perut dan lapisan usus kecil Anda. Selain itu, efek samping dari kopi pada kesehatan pencernaan adalah kram, sembelit, dan diare.
  • Menyebabkan Panas Dalam
    Panas dalam disebabkan karena kopi mengganggu kesehatan esofagus di bagian bawah. Dan kemudian muncullah asam klorida yang mampu membuat Anda terkena panas dalam.
  • Mengganggu Penyerapan Makanan
    Mengonsumsi kopi mampu mengganggu proses penyerapan makanan yang ada sebab minum kopi mampu merangsang peristaltik yang membuat makan dengan cepat masuk ke dalam usus kecil sehingga tidak terserap dengan baik.
  • Meningkatnya  Asam Lambung
    Mengonsumsi kopi di pagi hari saat perut kosong bukanlah hal yang baik untuk kesehatan Anda. Sebab kopi dapat meningkatkan produksi asam klorida atau asam lambung Anda.
  • Menyebabkan Stres
    Senyawa yang ada di dalam kopi akan meningkatkan produksi hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Hormon ini akan membuat Anda selalu merasa awas sepanjang waktu. Oleh karena itu mengonsumsi kopi secara berlebihan tidak akan memberikan tubuh Anda waktu untuk beristirahat sejenak sehingga dapat membuat tubuh Anda stres.
  • Mengurangi Kepadatan Tulang
    Karena mengonsumsi kopi dapat membuat tubuh Anda kekurangan mineral, maka hal ini juga akan berdampak buruk untuk kesehatan tulang Anda. Kepadatan mineral yang ada di dalam tulang akan menurun dan membuat tulang rapuh.

Sebenarnya dari beberapa penelitian kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun kopi juga dapat berdampak buruk terhadap kesehatan jika di konsumsi secara berlebihan. Untuk itu kita harus lebih bijak lagi dalam mengkonsumsi kopi agar lebih banyak manfaat yang kita terima ketimbang efek negatifnya..








Coba Juga Baca Artikel Menarik Di Bawah Ini :

Share This Post

5 komentar:

fiu

yg sedang2 saja brrt kn gan ,,,, krn minum kopi juga ada manfaatnya ,,,, :)

Mujtaba

waduah ngeri juga sob, padahal aku suka banget sama kopi, kalau aku setidaknya 2 gelas kopi tiap hari. masih normalkah?

Anonymous

kalo udah kecanduan gimana niihh gan?

Selimut

sesuatu yg berlebihan memang tdk baik, termsk minum kopi..

Jual Mesin Pembuat Kopi

permisi gan, mau nanya gimana ya cara minum kopi yang benar dan sehat? share ke kita thanks :)