9 Manfaat dan Khasiat Cabe Jawa Bagi Kesehatan



Apakah sobat mengetahui atau pernah melihat secara langsung jenis cabe seperti gambar disamping ? jujur sih admin sendiri belum pernah lihat tapi admin pernah mendengar tentang cabe tersebut. Selama ini kita hanya mengetui cabai yang sering di jadikan bumbu masak atau bahan untuk membuat sambal yaitu cabai rawit. Tapi tak banyak orang yang tahu dengan cabe jawa yang satu ini. Cabe jawa seperti halnya dengan cabai pada umumnya memiliki rasa pedas. Hal ini memang dikarenakan cabe jawa masih kerabat dengan lada. Sehingga memiliki rasa pedas. Cabe jawa juga seperti halnya cabai pada umumnya selain sebagai bumbu masak juga memilki banyak manfaat. Berikut ini beberapa info terkait cabe jawa :

Cabai jawa (Piper retrofractum Vahl) adalah jenis rempah yang masih berkerabat dengan lada dan kemukus, termasuk dalam suku sirih-sirihan atau Piperaceae. Nama lainnya adalah cabai jamu, cabe jawa atau cabai saja, meskipun penyebutan terakhir ini akan rancu dengan cabai yang sekarang lebih populer, Capsicum annuum. Nama daerah lain adalah cabai solak (Madura) dan cabia (Sulawesi).

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Cabai_jawa_(tanaman)


Manfaat dan Khasiat Cabe Jawa Bagi Kesehatan

  1. Obat Neurastenia
    Siapkan cabe jawa sebanyak 6 butir, rimpang alang-alang 3 batang, rimpang lempuyang 3/4 jari, daun sambiloto segar 1 genggam, gula aren 3 jari, bahan-bahan tersebut dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Kemudian rebus dengan 4 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah itu dinginkan dan disaring lalu diminum. Dosisnya sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.
  2. Masuk Angin
    Siapkan cabe jawa sebanyak 3 butir, daun poko (Mentha arvensis L) dan daun kesumba keling (Bixa orellana L) masing-masing 3/4 genggam, gula aren 3 jari. Bahan-bahan tersebut dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa kurang lebih 2 1/4 gelas. Setelah air dingin kemudian disaring, lalu minum 3 kali sehari per 3/4 gelas.
  3. Mengobati Demam
    Siapkan buah cabe jawa kering sebanyak 3 g digiling halus, lalu diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Kemudian minumlah bersama ampasnya selagi hangat.
  4. Obat Anemia
    Penyakit ini disebakan karena kekurangan zat besi sehingga menurunkan jumlah hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen di dalam sel darah merah. Gejala yang umum terjadi jika tubuh terserang anemia adalah rasa pusing dan mual. Cabe jawa memiliki senyawa yang dapat mengatasi penyakit anemia ini. Jadi anda dapat mengonsumsi cabe jawa untuk mencegah dan mengatasi penyakit anemia.
  5. Mengatasi Sakit Kepala
    Jika anda sakit kepala maka anda dapat menggunakan rebusan dari cabe jawa untuk di minum agar meredakan sakit kepala anda. Cabe jawa dapat mengobati sakit kepala keseluruhan dan juga sakit kepala sebelah. Sampai saat ini sakit kepala disebabkan lebih berkaitan dengan keadaan dari fisik seseorang seperti tekanan pekerjaan, stres dan kurang tidur.
  6. Obat Flu
    Manfaat dari cabe jawa berikutnya adalah untuk mengobati flu. Flu terjadi beriringan dengan panas badan yang tinggi kadang disertai dengan sakit kepala. Flu umumnya menyerang selama dua sampai dengan tujuh hari. Minum rebusan cabe jawa untuk mencegah dan mengobati sakit flu.
  7. Mengatasi Mual
    Untuk mengobati rasa mual pada perut yang kosong anda juga dapat mencoba rebusan dari cabe jawa ini untuk mengobati rasa mual karena senyawa yang terkandung di dalam cabe jawa tersebut.
  8. Obat Diare
    Penanganan penyakit diare harus di lakukan secara cepat dan tepat karena kehilangan cairan tubuh dalam jumlah yang banyak dapat menganggu kesehatan tubuh. Pemberian larutan oralit dapat membantu menghentikan diare. Selain dari larutan oralit pemberian rebusan untuk cabe jawa juga turut membatu mengobatinya.
  9. Mengatasi Rematik
    Rematik disebabkan akibat persendian yang mengalami peradangan hingga terjadi pembengkakkan. Rematik menyebabkan sakit yang luar biasa ini umumnya di alami oleh orang dengan usia diatas tiga pulu tahun. Untuk pengobatan dengan bahan alami anda dapat mencoba menggunakan rebusan dari cabe jawa.





loading...


0 komentar: