7 Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan




Dulu admin sempat dibohongi oleh salah satu teman, waktu itu kami sedang main ke sebuah kebun yang tidak jauh dari tempat tinggal kami dan waktu itu kami tidak sengaja bertemu dengan pohon blimbing wuluh yang sedang berbuah lebat. Buah yang sangat lebat pada pohong tersebut, tentu bisa membuat siapapun tergoda. Dan kebetulan juga waktu itu admin belum tahu tentang buah blimbing wuluh ini, sehingga admin belum tahu bagaimana rasanya. Kemudian salah satu teman admin mengatakan untuk mengambil buah tersebut dan memakannya. Karena katanya buah tersebut  sangat enak. Yah.. karena dulu admin masih begitu polos, masih duduk di bangku sekolah dasar jadi admin percaya saja dengan perkataan teman tersebut. Dan tanpa ragu admin memetik beberapa buah dan kemudian menggigitnya. Belum sempat terkunyah dan tertelan, buah tersebut langsung saja admin buang, karena rasanya yang sangat asam dan membuat ngilu. Jadi kena deh admin dikerjain oleh teman yang iseng. Tapi berbicara tentang buah blimbing wuluh ini, biarpun berasa asam bukan berarti tidak ada orang yang memanfaatkannya. Justru rasa asam yang terkandung dalam blimbing wuluh ini kerap kali dimanfaatkan untuk penambah cita rasa pasa masakan. Tapi apakah pemanfaatan blimbing wuluh ini hanya sebatas untuk memasak ? nah berikut ini beberapa informasi terkait pemanfaatan belimbingwuluh.

Belimbing sayur (dikenal pula dengan nama belimbing wuluh, belimbing buluh, belimbing botol, belimbing besi, atau belimbing asam) merupakan sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Tumbuhan ini biasa ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya yang memiliki rasa asam yang sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Belimbing_sayur

Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

  1. Mencegah Penuaan Dini
    Buah belimbing memiliki kandungan vitamin C dan A yang cukup untuk menangkal serangan radikal bebas. Nutrisi-nutrisi inilah yang bekerja sebagai zat antioksidan untuk menghalau serangan tersebut. Selain itu, kandungan mineral dan vitamin yang ada pada buah belimbing wuluh ini mampu menyamarkan kerutan pada wajah. Dimana ini merupakan salah satu tanda terjadinya penuaan dini. Jadi, jika wajah kamu ingin awet muda bisa gunakan buah belimbing wuluh ini.
  2. Membantu Meredakan Batuk
    Belimbing wuluh sangat efektif dalam membantu menyembuhkan batuk. Caranya, campurkan beberapa butir adas, tiga buah blimbing wuluh ukuran sedang, sedikit gula, dan air.
  3. Mengurangi Wajah Berminyak
    Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah satu ini sangat bermanfaat untuk mengurangi wajah berminyak. Vitamin dan nutrisi lainnya mampu mengangkat minyak berlebih pada wajah. Dengan begitu, jika wajah kamu tidak ingin berminyak, manfaatkan buah belimbing wuluh ini.
  4. Mengatasi Wajah Berjerawat
    Untuk mengatasi wajah berjerawat bisa memanfaatkan buah belimbing wuluh.  Buah satu memiliki nutrisi yang mampu mencegah bakteri munculnya jerawat. Selain itu, terkandung juga zat antioksidan yang berfungsi untuk menghilangkan dan menyamarkan bekas jerawat pada wajah.
  5. Mengobati Sakit Gigi
    Jika Anda sering mengalami nyeri pada gigi, Anda harus mengingat cara ini. Untuk membantu mengurangi sakit pada gigi Anda, caranya sangat mudah dan hemat. Hancurkan kasar belimbing wuluh, lalu oleskan ke area gigi yang sakit. Tunggu selama satu jam, kemudian berkumurlah dengan air hangat.
  6. Menghilangkan Komedo
    Belimbing wuluh dapat juga dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo yang membandel pada wajah. Cukup dengan menjadikan buah ini sebagai masker wajah, maka komedo akan terangkat dengan sendirinya. Nutrisi belimbing wuluh yang masuk dan meresap akan menghilangkan komedo membandel dan menjegahnya untuk kembali. Lakukan secara rutin, hingga komedo hitam pada wajah hilang.
  7. Memutihkan dan Menghaluskan Kulit
    Buah satu ini sangat efektif untuk mencerahkan wajah. Kebanyakan orang, menjadikan buah belimbing wuluh ini sebagai masker wajah. Dengan begitu, nutrisi yang ada pada belimbing wuluh akan benar-benar terserap oleh kulit. Sehingga bisa bekerja lebih baik.

Sumber referensi : https://7khasiat.com/11-manfaat-belimbing-wuluh-untuk-kecantikan-bibir-dan-diet/




loading...


0 komentar: