9 Manfaat dan Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh


Hayo.. ada yang tahu ? buah buah apa yang namanya sesuai dengan rasanya ? yup.. 100 buat anda..  buah tersebut tidak lain dan tidak bukan yaitu buah asam. Buah yang satu ini banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk bahan pelengkap masakan, bahan baku minuman atau bahan baku pembuatan permen asam. Dan tentu masih banyak lagi pemanfaatan dari buah yang rasanya sangat asam ini. Kalau admin perhatikan sih.. daging buah asam ini tekstur dan warnanya mirip dengan buah kurma. Tapi untuk urusan rasa tentu sangat jauh berbeda. Seperti langit dan bumi. Hehehe.. 

Asam jawa dihasilkan oleh pohon dengan nama ilmiah Tamarindus indica, yang termasuk suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Nama lain asam jawa adalah asam (Mly.), asem (Jw., Sd.), acem (Md.), asang jawa, asang jawi (berbagai bahasa di Sulawesi) dan lain-lain. Juga sampalok, kalamagi (Tagalog), magyee (Burma), ma-kham (Thai), khaam (Laos), khoua me (Kamboja), me, trai me (Vietnam), dan tamarind (Ingg.). Buah yang telah tua, sangat masak dan dikeringkan biasa disebut asem kawak.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_jawa

Memang sejak dari dulu buah asam kerap dijadikan bahan campuran untuk membuat jamu tradisional. Karena memang banyak yang percaya bahwa buah asem memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah kira-kira manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh si buah asam ini bagi kesehatan ? berikut ini informasi terkait manfaat buah asam bagi kesehatan :

1. Menyembuhkan Pegal Linu

Pegal dan linu yang berkepanjangan dan timbul tenggelam biasanya berhubungan dengan penyakit rematik yang banyak menyerang para lanjut usia. Namun tidak menutup kemungkinan dapat menyerang usia produktif diatas 20 tahun yang muncul berkaitan dengan gaya hidup dan pola makan yang buruk, Misalnya malas berolahraga, Makan makanan jenis junkfood dan sebagainya. Jangan pernah remehkan khasiat asam jawa jika memang anda tidak menyukai rasa asmanya . Tetapi anda akan segera menikmati kelezatannya ketika ditambahkan madu atau bahan herbal lain.

Caranya: Ambilah 3 buah asam jawa, 1 genggam daun asam jawa, 2 Biji asam jawa dihaluskan lalu balurkan pada bagian yang merasa pegal dan linu linu . Waktu palimng ideal adalah pagi dan satu jam sebelum berangkat tidur malam.

2. Mengobati Disentri

Disentri merupakan penyakit yang menyerang usus. Gejala penyakit ini ditandai dengan perut terasa mulas, BAB di sertai darah dan lender. Penyakit ini disebabkan oleh perkembangan baktri dan amoeba. Dengan ramuan tradisional asam jawa penyakit ini bisa di sembuhkan.

Caranya:  Tumbuklah asam jawa sebanyak 5 gram, 10 gram kunyit dan temulawak sebanyak 10 gram. Selanjutnya serbuk halus tersebut campurkan dengan air panas dan saring airnya. Cukup tambahkan madu satu sendok dan ramuan tersebut siap diminum.

3. Mengatasi Anemia

Hipotensa adalah istilah medis yang menyatakan kondisi seseorang dalam kondisi tekanan darah menurun atau sangat rendah. Kondisi ini jika terus dibiarkan tanpa adanya tindakan pengobatan maka dapat memicu munculnya penyakit anemia.

Caranya : Ambillah 5 gr asam jawa, 250 gr daun bawang, 10gr gula aren, 50 gr bayam merah, 1o gr cabai rawit dan garam secukupnya. Bayam merah direbus atau dikukus saja untuk dijadikan lalpan. Sedangkan bahan yang lain dibuat menjadi sambal.

4. Mengobati Wasir

Penyakit wasir atau ambeien merupakan penyakit yang berhubungan dengan pembengkakan atau perdanhan yang terjadi pada pembuluh vena diarea anus dan sepanjang rectum bagian bawah yang dapat menimbulkan rasa nyeri ketika sedang duduk ataupun berjalan.

Caranya: 3 gr asam jawa, 3 gr daun keji beling, 3b gr temulawak 5 gr meniran. Semua bahan direbus menjadi satu debngan takaran air satu liter air, Tunggulah hingga mendidih dan menyisakan air menjadi setengahnya. Minumlah rebusan tersebut 2 kali sehari.

5. Mengobati Bisul

Bisul sangat menyiksa apalagi letaknya di pantat. Untuk mengatasinya, siapkan 5 gram asam jawa, 10 gram daun kangkung, 10 gram daun bayam duri, dan garam secukupnya. Semua bahan di tumbuk hingga halus. Tempelkan ramuan tersebut di bisul sampai merata. Saat mongering ganti dengan ramuan baru, begitu seterusnya sampai bisul hilang.

6. Menyembuhkan Sariawan

Sariawan adalah penyakit radang yangb awalnya berupa luka luka kecil berwarna kemerahan yang menyerang jaringan kulit yang ada pada dinding rongga mulut dan sekitarnya yang menyebabkan rasa perih dan Kehilangan nafsu makan .

Caranya: 5 asam jawa dihaluskan , Segenggam daun asam jawa muda, 2 rimpang kunyit diris kecil kecil lalu direbus hingga mendidih dengan takaran 4 gelas air tunggulah hingga menyisakan 2 gelas

7. Mengatasi Kolesterol Tinggi

Kolesterol yang meningkat dan sulit untuk diturunkan cenderung disebabkan oleh kebiasaan dan gaya hidup yang buruk misalnya sering makan makanan jenis junkfood, Jarang olahraga atau makan makanan yang mengandung lemka jenuh dan garam. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan sel sel tubuh, Gangguan saraf yang nantinya menimbulkan penyakit stroke.

Caranya: Ambilah 100 gr asam jawa, 100 daun asam jawa kemudian haluskan kedua bahan lalu tmbahkan air mataang secukupnya untuk kemuadia peraslah airnya dengan menggunakan kain tipis. Minumlah sari buah dan daun asam ini 3 kali sehari secara rutin.

8. Mengobati Demam

Jika sebelumnya diulas ramuan asam jawa pada bayi dan anak, ternyata ramuan asam jawa juga membantu menurunkan demam pada orang dewasa. Caranya, ambil 1 genggam daun asam jawa dan adas pulawaras seperlunya saka. Rebus dengan 1 liter air, kemudian di saring airnya. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari secara rutin.

9. Menjernihkan Suara

Khasiat Asam jawa diperkuat dengan beberapa senyawa kuat yang dapat memperbaiki pita suara dan membersihkan tenggorokan dari serangan bakteri penyebab peradangan pada tenggorokan. Suara parau atau serak dapat dihilangkan dengan rajin minum air asam jawa, Dimana bisa memnbantu menjernihkan suara menjadi lebih lantang . Hal ini baik bagi oerang orang yang berkecimpung didunia tarik suara, Penyiar , Reporter, Bagian humas dan sebagainya.

Caranya: Ambilah 3 asam jawa dan 2 rimpang kencur yang sudah ditumbuh halud dan sedikit garam. Tambahkan dengan setengah gelas air matang. Seduhlah lalu disaring airnya untuk kemudian minumlah 2 kali sehari.

*Dirangkum dari berbagai sumber





loading...


0 komentar: